by

Begini Cara Mudah Menghilangkan Watermark PDF

KOPI, Kediri – Seperti yang kita ketahui, banyak file di internet yang memakai watermark lantaran memiliki fungsi untuk menginformasikan kepada penerima jika file itu asli.

Watermark bisa berbentuk text ataupun gambar, hal ini juga bisa dipakai untuk mencegah file diakui pihak lain, dan bisa mencegah akan terjadinya duplikat oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Salah satunya file yang sering ditemui terdapat watermark didalamnya ialah file.pdf. Pada file PDF watermark bisa mengganggu pembaca-nya karena kadang ada watermark yang menghalangi text atau tulisan pada file PDF itu sendiri.

Apabila di rasa demikian, untuk itu terdapat satu cara agar file tersebut dapat dibaca dengan baik yaitu menghapus dan menghilangkan, seperti yang dilakukan pada watermark photo, atau di word.

Apakah kita bisa menghilangkan watermark pada file PDF?

Sudah pasti bisa. Adobe acrobat pro sendiri mempunyai fitur yang bisa menghilangkan watermark pada PDF. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka file PDF melalui Adobe Acrobat Pro.
  • Lalu lihat sisi kanan, klik tulisan tools.
  • Kelak akan tampil situs tools. Lihat sisi Ubah Page Desain, di sana ada tulisan Watermark, klik tulisan itu nanti ada Remove.

Tetapi ada langkah lain yang bisa menghilangkan, bila tidak mempunyai adobe acrobat Pro.

Bagiamana caranya?

Dilansir dari Arthy.id, untuk menghapus dan menghilangkan watermark PDF dapat memakai convert file pdf ke file word. Jadi mekanismenya file PDF akan diganti jadi file.doc (word), sesudah file diganti nantinya watermark bisa dihapus dengan gampang.

Setelah terhapus, file tersimpan dan diganti kembali jadi PDF. Langkah ini cukup susah tetapi benar-benar bekerja secara baik.

Beberapa hal yang harus ada di langkah ini ialah: Aplikasi pengolah kata (Microsoft Word), dan aplikasi untuk mengganti file pdf jadi word atau kebalikannya (Primo PDF).

Bila tidak mau repot berkenaan konvert pdf ke word atau kebalikannya karena itu dapat dilakukan dengan online, maka jangan kawatir untuk permasalahan itu.

Lalu bagaimanakah cara-nya?

Cara Menghapus Watermark PDF dengan Mudah

  1. Buka situs: convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx.
  2. Unggah dan ganti file pdf ke word di situs itu.
  3. Kemudian simpan dan buka dokumennya.
  4. Klik enable editing.
  5. Nanti watermark akan berubah menjadi tulisan biasa.
  6. Hapus tulisan watermark itu lalu simpan kembali.
  7. Selanjutnya buka: convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx.
  8. Unggah file word yang barusan ke situs itu.
  9. Simpan file pdf-nya.

Itu informasi mengenai cara menghapus dan menghilangkan watermark pada file pdf yang gampang. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA