by

4 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

KOPI, Jakarta – Sebagai pegawai baru di lingkungan kerja yang baru tentu saja kita harus belajar untuk menyesuaikan secara baik pada tempat kerja kita saat ini. Menyesuaikan kerja di lingkungan kerja baru tidak segampang yang kita pikirkan. Tentu saja, ada banyak hal yang biasa kita kerjakan dan tidak bisa diaplikasikan di kantor baru.

Sama seperti saat kita berpindah rumah ke komplek perumahan baru, tentunya ada etika-etika dan ketentuan baru yang berjalan di komplek itu. Misalkan, jangan bising dari jam 22.00 ke atas, jangan menghidupkan petasan, dan lain-lain.

Dari nilai-nilai dan ketentuan baru itu, kita akan usaha untuk menyesuaikan dan memikir secara jauh “apa yang perlu saya kerjakan ya?” atau “apa yang tidak dapat saya aplikasikan?”. 

1. Memberikan Kesan yang Baik

Hal pertama kali yang bisa kita kerjakan ialah memikir dan memberikan ketentuan di pada diri jika “lingkungan kerja dan pekerjaan baru saya ini berbeda dengan tempat kerja saya awalnya”. Itu kenapa kita perlu meredam semua kemauan untuk “lakukan suatu hal”.

Sering kita ingin selekasnya memperlihatkan ke kawan-kawan kerja baru jika kita ialah pegawai yang luar biasa dan pandai hal ini sesuai dengan penuturan pemilik blog https://www.bulanbintang7.com/search/label/Karir.

Bakal ada pergolakan emosi di pada diri untuk menunjukkan diri kita supaya bisa diterima secara baik di lingkungan kerja kita yang baru. Kita condong ingin memperlihatkan jika beberapa ide dan opsi kita ialah yang terbaik.

2. Menawarkan Bantuan Pada Atasan atau Rekan Kerja

Hal ke-2 yang bisa dilaksanakan ialah tawarkan dana atau bantuan spesial untuk bos. Wow! Kemungkinan ini kedengar cukup unik ya, karena tidak seluruhnya orang senang lakukan pekerjaan yang lebih. Kami ketahui dan benar-benar pahami jika kawan-kawan bulanbintang7.com tentunya telah mempunyai deskripsi pekerjaan yang perlu dilaksanakan sehari-harinya.

Jika pekerjaan kerja yang rekanan pembaca punyai pada awal pekerjaan baru tidak banyak dan rekanan pembaca telah menuntaskan semua, karena itu kami merekomendasikan Anda untuk lakukan ini.

Kami percaya jika sebagian besar bos atau atasan yang dikasih pertanyaan semacam ini dari pegawainya akan berasa terpana. Sejauh ini kemungkinan mereka cuman mendapati pegawai yang “lari” dari pekerjaan dan tanggung jawabannya, tetapi kesempatan ini berlainan.

Oh iya, bukan hanya bos atau atasan saja loh yang dapat kita pasarkan kontribusi. Jika rekanan pembaca masih berasa malu untuk bertanya hal di atas ke atasan, kami merekomendasikan rekanan pembaca untuk bertanya pertanyaan ini ke beberapa orang paling dekat Anda di kantor yakni, kawan-kawan kerja dalam satu departemen.

Dengan menolong memudahkan pekerjaan rekanan kerja baru kita, karena itu kita dapat makin menyesuaikan dan banyak belajar pada pekerjaan baru kita itu.

3. Dekati Rekan-rekan Kerja yang Memiliki Potensi Tinggi

Saat kita memilih untuk berpindah kantor atau memperoleh pekerjaan baru, ini mengisyaratkan jika kita akan bekerja bersama dengan kawan-kawan kerja yang baru. Hal yang penting kita kerjakan di kantor baru ialah meningkatkan diri untuk jadi lebih baik kembali. Dan, itu semua cuman dapat dilaksanakan bila kita ingin melingkari kita dengan beberapa orang yang positif dan mempunyai potensi tinggi.

4. Mengubah Pola Rutinitas Sehari-hari

Kegiatan rutin atau rutinitas yang dahulunya selalu kita aplikasikan pada tempat kerja kemungkinan harus alami pengubahan pada bagian-bagian. Pekerjaan baru, lingkungan kerja baru dan kawan-kawan kerja yang baru semestinya membuat mimpi dan keinginan yang baru untuk diri sendiri.

Jika di kantor awalnya skema kegiatan rutin setiap hari kita masih dikuasai dengan rutinitas yang buruk, karena itu kita perlu mengganti itu semua dari sekarang. Tidak boleh menyia-nyiakan peluang yang kita punyai di lingkungan kerja baru untuk meningkatkan diri jadi pribadi yang lebih bagus dari mulanya.

Bila dahulu kita selalu bekerja ogah-ogahan dan kerap bermain hp. Saat ini waktunya agar semakin konsentrasi dalam bekerja, jadi lebih aktif dan pro aktif dalam kerjakan beberapa tugas kerja yang diamanatkan ke kita. Maka tidak boleh takut dan sangsi untuk beralih menjadi kita yang baru ya!

4 hal di atas benar-benar kami referensikan untuk kawan-kawan. Baik yang baru memperoleh pekerjaan baru (alumnus baru) atau yang beralih kerja dari kantor lama ke kantor baru. Ke-4 hal di atas tidak cuma bagus untuk diaplikasikan, tetapi dapat menolong kita untuk meningkatkan diri jadi individu yang lebih bagus, untuk hari esok yang lebih ceria. Selamat mempraktikkan ya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA