by

Cara Cek Ongkir ke Luar Negeri yang Belum Banyak Diketahui

KOPI, Jakarta – Kemajuan zaman telah menawarkan beragam kemudahan kepada kita, tak terkecuali di bidang ekspedisi. Kini berkirim barang ke luar negeri bukan lagi hal yang sulit dan memakan waktu yang lama. Namun sebelum Anda mengirim barang, Anda perlu memperkirakan ongkirnya terlebih dahulu. Pertanyaannya, bagaimana cara cek ongkir ke luar negeri?

Bagi sebagian orang awam, istilah ongkir mungkin masih asing. Berbeda dengan mereka yang sudah familiar dengan kegiatan jual beli online. Untuk Anda yang belum terlalu paham dengan apa itu ongkir dan juga cara cek ongkir, semoga ulasan ini dapat menjawab pertanyaan Anda, ya!

Apa itu ongkir? Sebelum itu, mungkin Anda pernah berbelanja senilai 200 ribu, tetapi ketika melakukan transaksi pembayaran biaya yang harus Anda bayar adalah 250 ribu. Biaya apa 50 ribu tadi? Mengapa harga menjadi lebih mahal? Inilah yang dinamakan dengan biaya pengiriman.

Jika Anda pengguna marketplace online, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ongkir. Apa sebenarnya ongkir ini? Singkatnya, ongkir adalah biaya yang akan dibebankan kepada Anda ketika melakukan pengiriman barang melalui ekspedisi.

Besaran biaya ongkir ini akan ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti jarak pengiriman dan juga berat barang yang akan di kirim. Penting bagi Anda untuk mengetahui biaya ongkir sebelum berbelanja atau mengirimkan barang supaya tidak terkejut dengan total tagihannya.

Begini Cara Cek Ongkir ke Luar Negeri, Mudah dan Praktis!

Bagaimana cara cek ongkir ke luar negeri? Apakah Anda seorang pedagang online? Masih bingung dengan urusan pengiriman barang ke luar negeri? Jika benar, Anda harus menuntaskan ulasan berikut ini!

Saat ini, perkembangan teknologi semakin menggila. Teknologi yang semakin berkembang dapat membawa dampak buruk apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Salah satu bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi adalah jual beli online.

Ada apa dengan jual beli online? Coba Anda ingat kembali, 10 tahun ke belakang, apakah memungkinkan bagi Anda mendapatkan barang atau pakaian dari luar negeri tanpa harus berkunjung kesana? Meskipun bisa, tentu ada perantara pihak ketiga. Anda akan sangat sulit mendapatkan secara langsung.

Beda cerita dengan kondisi saat ini. Ada banyak marketplace online sebagai bentuk pemanfaatan teknologi internet. Hadirnya marketplace online ini tidak hanya memudahkan dalam berbelanja, tetapi menjadi peluang menjanjikan bagi Anda yang ingin berjualan.

Melalui marketplace online, transaksi tidak terbatas, konsumen Anda bukan hanya dari Indonesia, tetapi juga ada yang dari luar negeri. Coba bandingkan dengan berjualan di toko offline, konsumsi pasarnya lebih menjanjikan bukan?

Kegiatan jual beli online sangat erat kaitannya dengan ekspedisi. Apa peranan pihak ekspedisi disini? Mereka yang nantinya akan memastikan dagangan Anda sampai di tangan konsumen dengan aman. Berbicara tentang ekspedisi, Anda harus kenal dengan yang namanya ongkir atau biaya pengiriman barang.

Mengapa Penting Mengetahui Biaya Pengiriman?

Baik penjual maupun pembeli, mengetahui cara cek ongkir ke luar negeri maupun dalam negeri adalah hal penting sebelum menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri. Bahasa kasarnya, ketika Anda akan memakai jasa orang lain, sudah sewajarnya bila Anda memberikan imbalan, bukan?

Ongkir adalah imbalan yang Anda berikan kepada pihak ekspedisi karena sudah mengantarkan dan memastikan paket atau barang Anda sampai di tangan konsumen dengan aman. Selain itu, cek ongkir juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih ekspedisi.

Seiring dengan maraknya marketplace online di tanah air, layanan ekspedisi juga demikian. Saat ini, ada banyak sekali layanan ekspedisi yang dapat Anda gunakan untuk mengirim barang, dan masing-masing memiliki biaya operasional yang berbeda.

Dengan mengetahui bagaimana cara cek ongkir akan mempermudah Anda menentukan ekspedisi yang tepat. Anda dapat membandingkan ongkir ekspedisi A dan ekspedisi B. Tetapi perlu Anda ingat, jangan hanya terpaku dengan ongkir yang paling murah. Pastikan ekspedisi yang akan Anda gunakan aman dan juga terpercaya. Dalam memilih ekspedisi Anda harus obyektif.

Cek Ongkir Lewat Website

Selain menggunakan aplikasi, cara cek ongkir ke luar negeri dapat Anda lakukan menggunakan website. Setiap ekspedisi sudah memiliki website masing-masing untuk membantu Anda dalam mengetahui informasi paket, entah itu resi ataupun ongkir.

Untuk melacak paket, Anda hanya membutuhkan nomor resi. Silahkan kunjungi laman website resmi ekspedisi yang Anda gunakan. Setelah itu, inputkan nomor resi di kolom yang tersedia. Tekan enter, dan Anda sudah bisa memantau keberadaan paket. Sangat mudah bukan?

Cek Ongkir Lewat Aplikasi

Ada cara mudah untuk cek ongkir ke luar negeri dan berlaku untuk semua ekspedisi, yakni menggunakan aplikasi. Aplikasi cek ongkir ini dapat dengan mudah Anda temukan dan unduh melalui Google Play Store. Ada beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan, antara lain :

  • Cek Resi Cek Ongkir

Pertama, adalah aplikasi Cek Resi Cek Ongkir besutan Tim Lazday Indonesia. Aplikasi ini dapat Anda temukan di Google Play Store secara gratis. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengecek ongkir dengan mudah.

  • Raja Ongkir

Selanjutnya ada aplikasi Raja Ongkir. Serupa dengan beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui biaya pengiriman kemanapun dan kapanpun. Selain cek ongkos kirim, aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk mengecek resi barang, lho!

  • Cek Paket dan Ongkos Kirim – Cangkir

Aplikasi kedua yang dapat Anda gunakan adalah Cangkir atau Cek Paket dan Ongkos Kirim. Cara cek ongkir ke luar negeri akan sangat mudah melalui aplikasi ini. Aplikasi ini dapat Anda pakai untuk mengecek paket dan juga ongkos kirim berbagai ekspedisi.

Itulah tadi beberapa cara cek ongkir ke luar negeri dengan mudah dan praktis. Semoga ulasan ini membantu, ya!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA