by

5 Kelebihan Belajar di Rumah

KOPI, Jakarta – Saat kegiatan belajar-mengajar secara online berlangsung, anak harus terbiasa untuk belajar di rumah secara mandiri. Hampir seluruh aktivitas pembelajaran dilaksanakan secara virtual, mulai dari penyampaian materi, penugasan, bahkan sampai ulangan. Kondisi ini mengharuskan anak untuk pandai dalam mengatur waktu dan metode belajarnya sendiri.

Sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab penuh atas pembelajaran anak di rumah, sudah sepatutnya untuk turut membantu mengatur waktu dan cara belajar anak agar bisa belajar dengan lebih nyaman dan efektif. Apalagi jika dalam waktu dekat anak harus dihadapkan dengan ulangan dan ujian.

Salah satu metode belajar yang efektif dilakukan di rumah, terutama saat anak akan mengikuti ulangan/ujian, adalah dengan banyak latihan soal. Latihan soal dianggap lebih optimal karena anak bisa langsung praktik mengerjakan soal. Anak juga bisa lebih paham konsep dan cara menyelesaikan setiap soal dengan berbagai trik dan teknik.

Salah satu platform yang menyediakan latihan soal dan bank soal adalah https://kejarcita.id/. Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk simulasi dan latihan anak di rumah secara lebih praktis.

Terdapat puluhan ribu bank soal yang bisa langsung digunakan. Anda juga bisa memilih materi, kelas, tingkat kesulitan soal, dan waktu pelaksanaan kuis. Setelah anak selesai mengerjakan kuis, hasil kuis akan keluar secara otomatis dan disertai dengan skor. Terdapat juga pembahasan disetiap soal.

Dengan semakin sering berlatih soal, akan memudahkan anak ketika mengerjakan ulangan dan ujian nanti. Selain itu, banyak manfaat lain dari kebiasaan latihan soal. Berikut 5 kelebihan dan manfaat belajar dari rumah dengan mengerjakan latihan soal yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengetahui Pola Pertanyaan dan Penguasaan Materi

Latihan soal di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan mencari soal dan kisi-kisi soal yang ada di internet atau dari rangkuman yang diberikan guru. Anda juga bisa menggunakan platform seperti kejarcita.id untuk mencari berbagai bank soal untuk simulasi dan latihan soal. Dengan banyak berlatih akan membuat anak makin paham mengenai pola pertanyaan dan trik dalam mengerjakan soal. Selain itu dengan sering berlatih soal anak juga akan semakin dalam memahami konsep dan materi. Sehingga nantinya akan lebih siap dalam menghadapi ulangan/ujian.

2. Membiasakan Diri Berpikir Kritis dan Konseptual

Soal-soal yang ada saat ini sebagaian besar membutuhkan daya analitis dan kritis dalam mengerjakan. Sehingga dengan sering berlatih, anak akan lebih terbiasa dengan jenis soal seperti itu. Anak juga semakin terbiasa dengan cara berpikir konstruktif dan konseptual. Yakin deh, anak bisa lebih matang dalam menghadapi ulangan nanti.

3. Lebih Fleksibel dan Banyak Pilihan Sumber Belajar

Belajar di rumah membuat Anda sebagai orangtua bisa mengatur waktu belajar anak dengan lebih fleksibel. Anda juga bisa mengkondisikan suasana dan tempat belajar sesuai dengan kenyamanan anak. Misalnya anak lebih mudah dikondisikan untuk belajar saat malam hari, maka jadwalkan untuk belajar dan latihan soal bersama anak juga di malam hari. Terpenting waktunya tidak terlalu malam (larut). Anda juga bisa mencari berbagai sumber belajar, seperti bank soal, ringkasan materi dan lainnya dengan lebih mudah karena saat ini banyak tersedia di internet.

Terdapat berbagai referensi contoh soal, kisi-kisi soal ujian, hingga kumpulan soal ujian sekolah SD sampai dengan SMA. Anda bisa mencoba berbagai platform pembelajaran yang sudah disediakan oleh Kemendikbud, seperti rumah belajar, pusmenjar, dan sebagainya. Terdapat banyak kumpulan bank soal yang memiliki kesamaan dengan soal ujian/ulangan. Selain itu terdapat beberapa platform Edutech yang juga menyediakan kumpulan bank soal yang bisa diakses secara mudah dan gratis. Contohnya seperti kejarcita.id, tryout pendidikan, tryout online, dan sebagainya.

4. Bisa Fokus Pada Materi yang Belum Dipahami

Ketika belajar di sekolah, anak harus bisa menyesuaikan dengan teman-teman lainnya. Ketika sebagaian besar murid sudah paham pada satu konsep atau materi, maka guru akan melanjutkan pembahasan pada materi berikutnya. Padahal setiap anak memiliki kecepatan pemahaman yang berbeda-beda. Ada anak yang bisa cepat memahami materi dan adapula yang perlu berulang-ulang untuk bisa memahami konsep suatu materi pelajaran. Sehingga belajar dan berlatih soal di rumah merupakan alternatif yang paling tepat dan ideal untuk bisa mehami materi dengan lebih baik dan optimal. Anda bisa mengatur pembelajaran anak untuk berlatih soal kapanpun dan berulang sampai anak benar-benar paham. Anda bisa mencoba beberapa platform daring untuk memberikan simulasi dan latihan soal kepada anak sesuai topik/materi yang ingin diperdalam.

5. Melatih Manajemen Waktu dan Kepercayaan Diri

Ketika belajar di rumah, anak akan banyak berlatih dengan manajemen waktu. Sebab tidak ada lagi rutinitas waktu yang ditentukan seperti di sekolah. Ketika di rumah Anda dan anaklah yang menentukan dan mengatur waktu belajar. Sehingga itu membutuhkan kedisipilinan dan komitmen yang lebih besar ketika belajar di rumah. Dengan memulai dari disiplin mengatur waktu kapan harus bermain, kapan harus membaca, dan kapan harus berlatih soal. Maka akan membangkitkan semangat dan motivasi dalam diri anak, sehingga lambat laun akan membuat anak menjadi lebih percaya diri.

Itu dia beberapa kelebihan dan manfaat positif belajar di rumah dengan latihan soal yang akan diperoleh anak. Berlatih soal merupakan salah satu cara yang bisa dicoba agar anak bisa lebih mudah memahami suatu konsep atau materi. Lebih dari itu berlatih soal secara konsisten ternyata juga bisa membuat anak menjadi lebih kritis, disiplin, bahkan bisa lebih termotivasi dan percaya diri. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA