by

8 Tips Mencari Ide Usaha yang Sesuai dengan Keadaan

KOPI, Kediri – Pandemi Covid-19 telah meruntuhkan banyak sektor kehidupan. Yang terlihat jelas di depan mata adalah sektor kesehatan dan ekonomi. Sepanjang tahun 2020, bahkan diprediksi tetap akan berlangsung hingga 2021, persebaran Covid-19 masih tinggi. Selain menghajar habis-habisan sektor kesehatan, pandemi ini juga meruntuhkan perekonomian negeri kita.

Kebijakan bekerja di rumah, belajar di rumah, belanja online dan apapun harus di rumah demi menekan angka penyebaran Covid-19 membuat berbagai bisnis gulung tikar. Bisnis-bisnis yang selama ini mengandalkan mobilitas orang, kesulitan bertahan tanpa adanya pendapatan. Pada akhirnya, efisiensi dilakukan dengan memecat beberapa bahkan banyak sekali karyawannya. Yang mana hal tersebut terjadi secara meluas di seluruh negeri bahkan dunia. Jutaan orang kehilangan pendapatan mereka mendadak padahal hidup harus terus berjalan.

Oleh karenanya, kita harus terus bergerak dan menemukan terobosan-terobosan baru untuk bertahan di masa pandemi ini. Ada banyak ide bisnis yang dapat kita coba untuk mendapatkan sumber pemasukan baru di tengah situasi ini. Selayaknya lagu baru ciptaan Tulus, berjudul ‘Adaptasi’, kita pun dituntut untuk cepat beradaptasi guna bertahan hidup.

Keadaan pandemi di sepanjang 2020 telah menuntun kita ke dalam model kehidupan baru yang belum pernah kita jalani sebelumnya. Gaya hidup yang sebagian besarnya dilakukan di dalam rumah, dengan tingkat kebersihan dan kesehatan yang tinggi, menjauhkan diri dari kerumunan yang seakan berhasil mengubah seratus delapan puluh derajat kehidupan kita. Tapi disinilah menariknya. Ide-ide bisnis baru yang segar akhirnya tercipta demi menjawab kebutuhan atas keadaan baru yang dialami masyarakat. Apa saja ide bisnis tersebut?

Katering Menu Sehat

Bisnis katering terdengar bukan ide baru. Itu karena bisnis makanan ini sudah menjamur sejak dahulu. Yang baru adalah jenis menu yang ditawarkan adalah menu-menu sehat yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun dan kesehatan kita di masa pandemi ini.

Jika dahulu bisnis katering identiknya dengan pesta-pesta yang besar dan mewah sehingga membutuhkan biaya yang mahal, maka dengan keadaan saat ini, kita bisa mengubah citra katering itu sesuai keadaan masyarakat.

Bagaimana itu? kita bisa membuat bisnis katering yang melayani by request dalam jumlah kecil. Bisa setiap rumah, bahkan setiap porsi. Menu-menu akan dibuat berbeda sesuai pesanan. Untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan, kita juga bisa tambahkan layanan antar, bisa gratis ataupun berbiaya murah.

Bisnis katering ini dapat menjawab kebutuhan calon pelanggan yang ingin makan sehat tapi malas memasak sendiri selama beraktivitas di rumah maupun di kantor. Apalagi dengan kondisi pandemi, tingkat kebutuhan orang akan makanan sehat semakin tinggi.

Dropshipper

Ide bisnis ini cocok untuk Anda yang ingin berbisnis tanpa modal besar. Dilansir dari Maxmanroe.com, dropshipper adalah bisnis yang memasarkan barang dagangan orang lain, tanpa kita perlu membeli darinya. Jadi semua proses mulai dari pengemasan hingga pengiriman akan dilakukan oleh pusat. Kita tinggal menerima hasil jadi dan keuntungannya.

Berbisnis sebagai dropshipper membutuhkan keterampilan pemasaran yang bagus agar penjualan kita meningkat. Semakin banyak barang yang berhasil dijual, keuntungan yang mengalir ke rekening kita semakin banyak pula. Jadi, meskipun mungkin keuntungan dropshipper tidak terlalu besar, namun jika dikalikan dengan kuantitas yang banyak, kita pun akan dapat laba yang tinggi.

Frozen Food

Berjualan frozen food menjadi alternatif yang bagus di tengah pandemi seperti ini. Itu karena frozen food berdaya tahan lama, bisa disimpan di kulkas dan praktis memasaknya.

Ketika pembatasan berskala besar diberlakukan, banyak toko dan restoran terpaksa buka setengah hari bahkan juga tutup. Orang-orang juga terbatasi mobilitasnya untuk sekadar belanja bahan makanan segar setiap pagi atau juga membeli makanan cepat saji di luar. Maka solusinya adalah frozen food. Seseorang bisa membeli dalam jumlah banyak, lalu menyimpannya untuk bisa dimakan sewaktu-waktu dengan praktis.

Dari segi penjual pun, bisnis ini tergolong simpel dan mudah. Kita cukup memiliki freezer untuk menyimpan barang dagangan dan mengirimkannya kapanpun ke pelanggan kita. Tidak butuh operasional yang sulit.

Jasa Penulis Konten

Tahun 2020 memberi kita banyak pelajaran untuk cepat beradaptasi. Beralih dari offline menuju online dalam hampir semua sektor. Pemasaran pun giat sekali dilakukan dengan online. Hal ini membuka peluang usaha jasa penulisan konten dan copywriting untuk konten-konten pemasaran para pebisnis online. Terlebih bagi kita yang menyukai dunia tulis-menulis dan sastra. Ini menjadi ide bisnis yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Masker Kain

Ketika terjadi kelangkaan masker medis yang menyebabkan harganya meroket begitu tinggi, masker kain menjadi solusi yang ditawarkan untuk tetap melindungi diri di tengah pandemi. Berbagai media memberitakan pula bahwa masker kain adalah solusi paling baik untuk menggantikan masker medis. Selain harganya yang lebih murah, masker kain yang bisa dipakai berulang kali, juga membantu mengurangi sampah bekas masker medis.

Berbagai standar kemudian dibuat, berapa lapis kain minimalnya, kain jenis apa yang ideal hingga bagaimana cara penggunaan dan perawatan masker kain. Tingkat kebutuhan masker kain di masyarakat sangat tinggi di tengah kelangkaan masker yang ada. Ini adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Kursus Online

Kini sekolah pun beralih dengan metode daring di rumah agar pembelajaran tetap bisa dilakukan. Begitu pun dengan berbagai jasa LBB dan kursus, kita juga merambah dunia online dengan mengandalkan sistem daring. Tidak hanya itu, seminar-seminar pelatihan yang dulunya dilakukan offline besar-besaran, kini dihelat dalam pertemuan online.

Oleh karena itu, bisnis kursus online memberikan peluang yang sangat besar untuk kita coba. Terutama bagi Anda yang memiliki keahlian expert dan suka komunikasi publik.

Jasa Pembuatan Website

Dengan merebaknya pemasaran online alias digital marketing, peran serta website sebagai media pemasaran tak bisa diabaikan. Namun, sayangnya tak semua pemilik bisnis online itu paham dan bisa membuat hingga mengoperasionalkan sebuah website. Inilah peluang bagi Anda yang mahir dalam digital marketing dan pembuatan web untuk menawarkan jasa pembuatan web kepada mereka.

Makanan Camilan

Bisnis makanan camilan tak akan ada habisnya, baik sebelum maupun saat pandemi ini. Jika dulu ketika orang ingin camilan, mereka bisa pergi langsung membeli ke tempatnya, sekarang tidak bisa. Orang-orang mengandalkan layanan pesan antar dari gofood ataupun grabfood untuk memenuhi kebutuhan camilan mereka. Anda bisa mencoba ide bisnis ini dengan membuat makanan cemilan yang unik, murah dan enak untuk memenuhi keinginan menyemil masyarakat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA