by

Pahami AC Tidak Dingin Dikarenakan Outdor AC Mati

KOPI, Jakarta – Tahukan anda penyebab-penyebab kenapa mesin outdoor / compressor yang tentu saja membuat AC berasa panas dan tidak ada temperatur dingin sama sekalipun. mDalam artikel kesempatan ini mau mencoba saya jelaskan sedikit kenapa mesin outdoor pada AC tidak nyala berdasar dari penggalaman saya individu.

Kemungkinan ini pernah terjadi pada AC pada tempat anda, Unit indoor nyala tetapi kok tidak ada udara dingin benar-benar ? tentu saja ini akan membuat anda kecewa, dan mungkin itu dikarenakan sebab mesin compressornya tidak berperan / tidak nyala.

Oke langsung kita baca bareng-bareng rangkuman dari situs Alifia Service AC untuk pemicu outdoor AC mati tidak berperan atau mungkin tidak nyala untuk menjawab rasa ingin tahu anda.

1. Kapasitor starting lemah atau mungkin tidak kuat untuk start mesin

Dalam sebuah compressor di bawah 3 phase atau dalam ukuran 1/2 – 2 PK ada alat yang bernama kapasitor yang berperan untuk start mesin. Umumnya ini ditandai dengan kipas outdoor nyala, tetapi compressor tidak nyala atau hanya berdesing saja.

Untuk pemahaman dan peranan kapasitor silakahkan baca Pemahaman dan Peranan Kapasitor Pada AC.

2. Thermise otomatis tidak berfungsi

Thermise ini berada dalam unit indoor AC yang berperan untuk mengendalikan kerja compressor sesuai temperatur temoperatur yang ada di display remote / sensor ac.

Jika thermise ini tidak berperan karena itu unit indoor tidak dapat kirim arus listrik ke compressor yang tentu saja akan membuat AC pun tidak dingin. Dan umumnya di tandai dengan kipas dan outdoor tidak nyala berbarengan dengan compressor mati. Simak juga Peranan Thermistor Pada AC Split.

3. Overload kompresor putus atau rusak

Sebuah mesin compressor umumnya di melengkapi dengan alat yang bernama overload, overload ini berperan untuk memutus arus yang masuk di compressor jika compressor alami benar-benar panas sebab ampare tinggi. Tetapi ini jarang ada.

4. Kompresor terkena tegangan tinggi atau rendah

Compressor umumnya mempunyai voltase yakni 220, jika terjadi terjadi tegangan tinggi / rendah karena itu compressor tidak dapat bekerja maksimal dan pasti membuat AC tidak dingin, saya anjurannya untuk menggunakan stabilizer untuk permasalahan ini.

5. Ada kabel kiriman dari indoor yang putus

Janganlah lupa untuk memeriksa kabel kiriman dari indoor mungkin ada kabel yang putus, atau ada ikatan kabel yang kurang kuat.

6. Ampere kompresor tinggi melebihi batasan maksimal

Sebuah compressor mempunyai batasan kemampuan (ampere), jika ampere ini melewati batasan normal sebuah compressor karena itu mesin akan mati. Untuk langkah menanganinya kemungkinan anda kini saatnya untuk tukar AC / compressor yang baru. Heehe

Ringkasan:

Jadi, semua pemicu kerusakan AC di atas adalah permasalahan yang umum di jumpai pada unit AC. Anjuran saya servis AC Anda secara periodik supaya performanya masih maksimal, mengapa ? baca artikel saya lainnya argumen kenapa AC harus di servis.

Oke begitu sedikit share berkenaan pemicu outdoor mati AC tidak berperan yang berdasar dari penggalaman saya, kemungkinan dari rekan – rekan memiliki penggalaman lainnya dan punyai trick sendiri untuk langkah menanganinya, dapat rekan-rekan tambah pada kotak kometar di bawah.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA