by

Dua Pentolan PPWI Pengalaman di Pelatihan Jurnalistik TNI dan Polri Ini, Berbagi Ilmu di Semarang

KOPI, Semarang – Dua pentolan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) yang punya pengalaman sebagai Instruktur dalam beberapa event Pelatihan Jurnalistik di lingungan Mabes TNI dan Mabes Polri ini, selalu bersedia berbagi ilmu dan pengalamannya untuk masyarakat.

Mereka hadir dalam Pelatihan Jurnalistik Warga (PJW) yang digelar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPWI Sragen, Sabtu, 20 Februari 2021 lalu di gedung Mas Gandok CS, Perumnas Pucang Gading, Semarang, Jawa Tengah. Pelatihan berlangsung sehari, dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dengan 3 (tiga) sesi materi.

Dua pentolan PPWI itu tak lain adalah, Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A (Pemred pewartaindonesia.com), yang sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi. Sedangkan narasumber kedua adalah Ketua II DPN PPWI, Danny PH Siagian, SE., MBA., MM (Wakil Pemred. wartamerdeka.info).

Wilson Lalengke yang juga Pendiri PPWI tahun 2010, dan Danny Siagian yang bergabung di tahun yang sama itu, sebelumnya sudah akrab dengan Pelatihan-pelatihan Jurnalistik di jajaran Mabes TNI, Mabes Polri hingga korporasi. Duet ini bersama rekan lainnya sudah beberapa kali turut memberi pelatihan jurnalistik dengan berbagai skema paket jam pelatihan, baik internal maupun eksternal organisasi.

Sejak tahun 2012 tercatat beberapa kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan DPN PPWI bekerjasama dengan beberapa institusi dan korporasi antara lain: Mabes TNI Cilangkap (2 angkatan/ 2012); Mako Kopassus (3 angkatan, 2012-2013); Paspampres Group D (1 angkatan/ 2013); Mabes Polri untuk Polda2 seperti: Polda Kalsel; Kaltim; Kalteng; Jambi; Dll (2013-2014); Astra Group Div. Security (2013); dan beberapa perusahaan; Sekolah maupun Organisasi.

Selain itu, ada juga beberapa Sertifikat dalam Penjurian Lomba Jurnalistik PPWI bekerjasama dengan Institusi Polri maupun Universitas. Ada juga Piagam Penghargaan atas Lomba Cerpen-Esay (Juara Harapan II-Danny Siagian) yang diselenggarakan PPWI bekerjasama dengan Peneliti Denny J.A.

Bahkan Ketua Umum Wilson Lalengke sering diundang dalam berbagai pertemuan penting institusi maupun instansi Pemerintah dalam memberikan pandangan-pandangannya dari sudut jurnalisme warga (citizen journalism). Dan hadir di Pelatihan Jurnalistik Warga di Semarang juga atas kesepakatan dalam waktu 1 (satu) minggu, bersama DPC Sragen yang dipimpin Warsito.

Kendati terhalang suasana Covid-19, namun pelatihan jg tetap bisa berjalan, dengan batas maksimal 30 org, dan tetap memenuhi prokes.

“Kita siap berbagi ilmu dan pengalaman, sebagai bagian dari misi keberpihakan kita terhadap warga masyarakat. Pandangan kami, siapa yg menguasai media, akan menguasai dunia,” ungkap Wilson kepada rekan-rekan media di Semarang.

Foto: Kedua narasumber diwawancarai PewartaTV, sebelum pelatihan dimulai

Sementara itu, dalam sambutan acara pembukaan Pelatihan Jurnalistik Warga di Semarang, Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A mengatakan, adapun pelatihan Jurnalistik Warga selama ini sudah menjadi standar bagi PPWI sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan sharing pengalaman.

“Sebagaimana yang sudah biasa kita lakukan Pelatihan Jurnalistik Warga di banyak momen, yang bekerjasama dengan institusi, instansi maupun korporasi, seperti di Mabes TNI, Mako Kopassus, Mabes Polri, Paspampres, Group Astra Internasional, dan lain-lain, bagi PPWI pelatihan semacam ini, sudah menjadi standar kebutuhan. Khususnya bagi daerah-daerah. Karena ini juga sebagai ajang bagi kita untuk saling sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman,” ungkapnya di lantai-2, gedung Mas Gandok CS, Semarang (Sabtu, 20/02/2021), sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi. 

Sebelum acara dimulai, kedua narasumber (Wilson Lalengke dan Danny Siagian) diwawancara oleh PewartaTV dengan siaran langsung. Sedangkan dalam sesi paparan, kedua narasumber membawakan materi: Komunikasi Massa dan Dasar-dasar Jurnalistik (narasumber-1) dan pada sesi ke-II dari siang hingga sore, materi Teknik Menulis dan Menyunting Berita dan Cara Praktis Menulis Artikel Opini, oleh narasumber-2.

Foto: Sebagian PiagamPenghargaan selama Pelatihan Jurnalistik PPWI bekerjasama dengan Mabes TNI dan Mabes Polri, serta korporasi

Sesungguhnya, bukan hanya dua petinggi PPWI itu saja yang selalu menjadi narasumber PPWI. Ada sejumlah nama yang bergabung dalam Tim Narasumber tetap PPWI sejak tahun 2012 yaitu:

  1. Dr. Cecep Effendi, Director General of Centre on Integrated Rural Development For Asia and the Pacific (CIRDAP) berpusat di Banglades;
  2. Danny PH Siagian, SE., MBA., MM, Wapemum HU Swara Nasional Pos (2007-2012), Wapimred wartamerdeka.info (2010-now), Penulis Buku, Dosen sebuah universitas di Jakarta;
  3. Efri Syamsul Bahri, penulis buku dengan beragam tema/topik, staf ahli DPR RI;
  4. Hermawan Hariadi, video maker partikelir, desain grafis, wiraswata;
  5. Imam Suwandi, Produser Metro Siang di stasiun televisi swastanasional MetroTV, penulis buku “Citizen Jounalism”;
  6. Narliswandi (Iwan) Piliang, private investigator, penulis buku, dan kolumnis media-media jurnalisme warga;
  7. Mung Pujanarko, Dosen Komunikasi dan Jurnalistik di Universitas Djuanda dan Universitas Jayabaya, kolumnis di Koran Online Pewarta Indonesia;
  8. Supadiyanto, Dosen Komunikasi di beberapa universitas di Jogyakarta, kolumnis di berbagai surat kabar nasional dan lokal, penulis buku;
  9. Prof. Dr. J. Philip, PhD, pakar pendidikan Amerika Serikat, pemerhati HAM dan demokrasi di Asia Timur dan Asia Tenggara, pelukis;
  10. Prof. Katsujiro Ueno, Trainer pemuda/i magang Indonesia di Jepang, pakar pendidikan Jepang, kontributor berbagai media massa Indonesia untuk wilayah Jepang;
  11. Wilson Lalengke, aktivis jurnalisme warga, staf Sekretariat Jenderal DPD RI, pimpinan redaksi Koran Online Pewarta Indonesia;
  12. Muhammad Subhan, penulis , editor, motivator Kepenulisan Nasional, kolumnis, Pegiat Literasi Sumatera Barat;
  13. Freddy A. Tewu, Fotografer profesional, desain grafis, video maker, wiraswasta;
  14. Eddy Hernoerjanto, Fotografer profesional (wedding, seminar, dan event di alam terbuka), event organizer;
  15. Ronny A. Buol, fotografer profesional, penulis/kontributor media online kompas.com;
  16. Fachrul Razi, Politisi muda Aceh, staf ahli Gubernur Aceh, mantan jubir Partai Aceh;
  17. Dodi Mawardi, Dosen komunikasi di Universitas Indonesia, penulis puluhan buku dari berbagai topik;
  18. Mahar Prastowo, blogger, issuemaker, aktivis Senkom Mitra Polri, pengelola media online generasiindonesia.com;
  19. Yosef Ferdyana, fotografer profesional, kontributor berbagai media online, desain grafis.

Sementara dalam kesempatan di Semarang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak, Sri Fahrudin Bisri Slamet, SE hadir dan memberikan sambutannya. Slamet sangat mengapresiasi inisiatif pelatihan jurnalistik warga seperti ini dari PPWI, karena menganggap sangat pelatihan semacam itu sangat penting. DANS

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA