by

Aplikasi Reksa Dana Bagi Pemula untuk Menghasilkan Cuan yang Maksimal

KOPI, Jakarta – Ingin ikut beli saham, tetapi tetap takut dengan resiko yang bisa terjadi? Pertimbangan ini tentu ada di kepalamu, kan? Resiko yang tampil ini disebabkan karena harga pasar yang turun naik dan tidak ada yang dapat memprediksinya.

Jika kamu ingin mengawali investasi, tetapi dengan resiko dan modal yang minimum, kamu dapat mengawalinya dengan menabung reksa dana. Ditambah lagi, sekarang ini banyak aplikasi reksa dana yang dapat membantumu beli dan jual reksa dana yang dapat diunduh dengan gratis. Berikut sejumlah program untuk lakukan investasi reksa dana untuk pemula.

Pengertian Reksa Dana

Saat sebelum melakukan investasi, kita ketahui dahulu apakah itu reksa dana. Mengutip dari IDX.co.id, reksa dana adalah salah satu alternative investasi untuk masyarakat pemodal, terutamanya pemodal kecil dan pemodal yang tidak mempunyai beberapa waktu dan ketrampilan untuk hitung resiko atas investasi mereka.

Reksa dana direncanakan sebagai fasilitas untuk mengumpulkan dana dari warga yang mempunyai modal, memiliki kemauan untuk lakukan investasi, tetapi cuman mempunyai waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Sederhananya, aktivitas reksadana yaitu kumpulkan uang dari beberapa pemodal untuk diteruskan ke investasi atau usaha yang diatur oleh manajer investasi.

Aplikasi Investasi Reksa Dana

Untuk mengawali investasi reksa dana, kita memang harus buka akun reksa dana lebih dahulu. Maksudnya supaya transaksi bisnis jual beli reksa dana yang kita kerjakan bisa berjalan secara lancar. Tetapi, sekarang banyak, kok, aplikasi reksa dana yang dapat kita unduh di PlayStore atau AppStore dengan gratis dan mudah.

Apa aplikasi untuk reksadana itu? Tenang saja aplikasi yang kami rekomendasikan ini telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut ini daftarnya.

1. Bibit

Aplikasi Bibit memang diutamakan untuk investasi reksa dana. Penampilan yang bersih dan benar-benar gampang dioperasionalkan, membuat Bibit disukai investor pemula.

Semua registrasi di aplikasi ini dilaksanakan lewat cara online. Kamu tak perlu mengirimi arsip dan cuman dalam beberapa saat, akunmu akan terkonfirmasi dan kamu langsung bisa mengawali investasi kamu.

Bila kamu bingung ingin beli tipe reksa dana yang mana, Bibit akan memberi referensi reksadana yang sesuai profil resiko kamu melalui feature Robo. Nikmatnya kembali, investasi di program ini dapat diawali bermodalkan Rp100 ribu.

2. Tanam Duit

Sama halnya dengan Bibit, Tanam Duit pas dipakai untuk pemula. Keunggulan pada Tanam Duit ialah bukan hanya jadi marketplace untuk produk reksadana saja, Tanam Duit sediakan produk keuangan dan investasi yang lain, seperti surat berharga negara (SBN), asuransi dan emas.

Baca : Keuntungan Berinvestasi Reksadana

3. Bareksa

Dibandingkan Bibit dan Tanam Duit, Bareksa sudah ada terlebih dahulu, persisnya di tahun 2015. Ada 190 produk reksadana dan 40 manager investasi yang dapat kamu tentukan untuk melakukan investasi. Tidak cuma menyediakan produk reksa dana, Bareksa jadi tempat distribusi sah SBN yang dipercayai oleh Kementerian Keuangan.

4. Ajaib

Beberapa orang kemungkinan dekat dengan Ajaib sebagai basis jual beli saham. Rupanya, aplikasi yang sekarang mengambil Kim Seon Ho sebagai merek ambassador-nya ini sediakan feature jual beli reksa dana.

Tidak perlu pusing pilih reksa dana apa yang akan kamu membeli, Ajaib akan pilihkannya buat kamu sesuai profile resikomu. Triknya? Kamu cukup jawab pertanyaan yang berada di quesioner yang ada.

5. Invisee

Terakhir ada Invisee. Di Invisee kamu mulai bisa melakukan investasi reksa dana atau SBN dimulai dari Rp10 ribu saja. Dengan harga minuman modern, kan? Kamu dapat menyisihkan Rp10 ribu setiap hari untuk mulai beli reksa dana. Bila dikalikan tiga puluh hari satu bulan, dapat cuan banget.

Itulah tadi daftar aplikasi reksa dana yang dapat membantumu melakukan investasi. Ingat, ya, uangmu ialah tanggung jawabmu. Saat sebelum mengawali investasi, pikir kembali resiko yang akan kamu terima agar tidak menyesal di masa datang.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA