by

Apakah Homeschooling Tepat untuk Saya dan Anak Saya?

KOPI, Surabaya – Homeschooling, yang mana sudah dilegalkan di Indonesia, adalah masalah yang dihadapi banyak orang tua. Diperlukan banyak pemikiran, penelitian, dan diskusi untuk membuat keputusan yang bijak. Bagaimana cara mengetahui apakah homeschooling adalah pilihan yang tepat untuk keluarga Anda? Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri ketika mempertimbangkan homeschooling sebagai pilihan bagi keluarga Anda.

Apakah saya akan merasa nyaman menghabiskan begitu banyak waktu saya dengan anak-anak saya?

Salah satu alasan utama orang tua memilih homeschool adalah karena mereka ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak-anak. Mereka juga benar-benar mencintai anak-anak mereka dan menginginkan yang terbaik untuk mereka. Namun, jika anak-anak Anda mudah membuat Anda frustrasi, mungkin homeschooling tidak cocok untuk Anda.

Apakah rentetan pertanyaan terus-menerus mengganggu saya?

Anak-anak homeschool bisa mengajukan banyak pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan itu bisa tentang topik homeschool, atau tentang sosialisasi dengan anak-anak lain, dll. Jika Anda memilih homeschool, ada baiknya jika Anda tidak keberatan menjawab pertanyaan yang sama lebih dari sekali.

Di mana saya bisa mengetahui tentang homeschooling?

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk orang tua. Perpustakaan lokal Anda kemungkinan besar memiliki banyak pilihan buku yang akan memberi tahu Anda segala sesuatu yang perlu Anda ketahui. Pustakawan mungkin bahkan dapat memberi tahu Anda jika ada homeschooler di daerah tersebut, karena kebanyakan homeschooler sangat bergantung pada perpustakaan sebagai bahan sumber.

Bagaimana dengan sistem pendukung?

Setelah Anda melakukan sedikit riset dasar, temukan komunitas homeschooling lokal, atau jika anda tinggal di Surabaya, lakukan penelusuran online untuk “komunitas homeschooling Surabaya”. Sekarang ini homeschooling tidak lagi asing di telinga kita, yang berarti pasti cukup banyak komunitas yang ada di daerah anda yang akan memberikan kesempatan bagi keluarga homeschooling untuk berkumpul dan bersenang-senang.

Bagaimana dengan semua pertanyaan lain yang pasti saya miliki?

Setelah Anda menemukan beberapa keluarga yang juga homeschool, Anda bisa bertanya kepada mereka tentang pengalaman mereka, dan tentang pro dan kontra dari homeschooling. Sebagian besar keluarga akan jujur ​​tentang alasan mereka melakukan homeschooling, dan akan dengan senang hati membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Cari tahu berbagai kesulitan yang harus mereka hadapi saat memulai. Haruskah Anda peduli tentang sosialisasi untuk anak Anda? Bagaimana dengan kurikulum? Apakah mereka memiliki saran tentang kurikulum apa yang harus digunakan?

Kurikulum apa yang sebaiknya saya pilih?

Pilihan kurikulum bervariasi, baik dalam ketersediaannya maupun dalam hal harga. Meskipun dimungkinkan untuk “bersekolah di rumah” dengan menggunakan buku-buku yang yang ditawarkan di sekolah umum, namun juga sangat memungkinkan bila anda memilih merancang dan menggunakan kurikulum buatan anda sendiri. Buku perpustakaan yang Anda periksa sebelumnya seharusnya menjelaskan tentang berbagai metode berbeda yang bisa anda gunakan, dan seharusnya memberi Anda gambaran tentang apa yang harus dipelajari anak Anda di setiap kelas. Dan tentu saja, internet bisa menjadi sumber yang bagus untuk kurikulum yang gratis atau paling tidak cukup terjangkau.

Bila anda kesulitan untuk menerapkan homeschooling ini secara mandiri, ada baiknya anda menggunakan jasa dari lembaga homeschooling yang sudah diakui pemerintah. Salah satu lembaga homeschooling terbaik di Surabaya adalah Homeschooling SHINE. Mungkin ini bisa membantu anda para orang tua yang masih menginginkan fleksibilitas maupun berbagai keunggulan homeschooling, namun terkendala kesulitan-kesulitan lain seperti kurikulum, merasa tidak pede mengajar sendiri, dsb. Pada intinya semua keputusan di tangan anda. Pertimbangkan matang-matang semua pertanyaan tadi.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA