by

5 Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

KOPI, Jakarta – Selain mengurus keluarga, ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis online sebagai sampingan untuk mendapatkan penghasilan. Bisnis online menjadi solusi terbaik untuk melakukan usaha rumahan secara praktis dan tidak membutuhkan modal besar.

Tentunya, Anda sebagai ibu rumah tangga memiliki waktu senggang dan tidak terus terusan bekerja, baik beres-beres rumah, ngurus anak, dan lain sebagainya. Nah, untuk itulah ada baiknya Anda memulai bisnis untuk menambah pemasukan keluarga.

Ide Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Meskipun bisnis online menggunakan modal yang cukup minim, tidak menutup kemungkinan Anda untuk mendapatkan omzet yang lumayan besar. Terlebih saat pandemi Covid-19 sekarang, tentu tidak banyak orang keluar rumah untuk membeli kebutuhannya.

Oleh karena itu, berikut ide bisnis online untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda coba dan jalankan sekarang.

1. Bisnis Makanan Online

Seorang ibu rumah tangga tentu bisa memasak, bahkan sudah mampu membuat berbagai makanan, seperti kue, mengolah sayur, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan kemampuan memasak ini dengan membuka bisnis jual makanan.

Berjualan makanan secara online memang terbilang cukup efektif saat ini. Mengingat kondisi pandemi saat ini, membuat banyak orang malas keluar membeli makanan dan memilih memesan secara online.

2. Pakaian Online

Bisnis yang bisa dijalankan ibu rumah tangga selanjutnya yaitu berjualan pakaian online. Selain memasak, seorang wanita tentu memiliki minat tinggi dalam bidang fashion. Untuk itu, bisnis ini mungkin cocok dijalankan dirumah.

Jangan khawatir jika kehilangan pembeli, karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Jika belum memiliki modal yang cukup untuk stok barang, Anda bisa menjadi dropshipper yang saat ini sudah banyak tersedia di toko online atau e-commerce.

3. Tanaman Hias

Semasa pandemi, bisnis tanaman hias menjadi tren yang dilakukan sebagian besar orang. Jika Anda terlalu banyak waktu senggang, daripada berdiam diri mending Anda mencoba untuk berbisnis tanaman hias.

Anda bisa menjual tanaman hias secara online melalui berbagai media sosial terpopuler, seperti facebook, instagram, atau whatsapp.

Menjual tanaman hias secara online memerlukan pengemasan yang rapi dan bagus. Hal ini bertujuan agar bunga yang akan dikirimkan tidak rusak, dan memiliki tampilan yang cantik.

4. Perlengkapan Bayi

Ide bisnis ini cukup efektif, yaitu menjual perlengkapan bayi. Pastinya, ibu rumah tangga sangat membutuhkan barang tersebut, terlebih saat sedang hamil, ataupun baru saja melahirkan.

Anda bisa menjual pakaian, celana, selimut, handuk, gendongan, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan oleh bayi. Jika belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller ataupun dropshipper yang tentunya tidak membutuhkan modal besar.

Jangan lupa, ketika promosi Anda harus paham target audiens atau calon pelanggan Anda. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan perlengkapan bayi yang Anda jual.

5. Les Online

Terakhir ada ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang membutuhkan modal minim sekali bahkan bisa dikatakan tidak sama sekali, yaitu membuka jasa les online. Les online tentunya lebih efisien dibandingkan langsung dirumah pelajar atau secara privat, selain itu les online juga tidak membutuhkan modal besar.

Mengingat saat ini juga pandemi, tentu ide bisnis ini cocok untuk Anda jalani, karena kita tidak mungkin untuk bertatapan mata secara langsung dengan orang lain. Untuk itu, membuka jasa les online merupakan pilihan terbaik dan sangat tepat dilakukan. Anda hanya memerlukan modal laptop dan internet saja, serta ilmu sesuai murid yang Anda ajarkan.

Dengan melakukan pembelajaran secara online, Anda tidak hanya mendapatkan murid yang ada di sekitar daerah Anda saja, melainkan seluruh Indonesia pun bisa.

Nah, beberapa ide bisnis online untuk ibu rumah tangga diatas bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan keluarga, dan tentunya mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA