by

Vaksin Sinovac Tiba di Palembang, 961 Tenaga Medis di Pagaralam Segera Diimunisasi

KOPI, Pagaralam – 961 tenaga medis diKota Pagaralam sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 segera mendapatkan imunisasi Virus Covid-19.  Kepastian ini didapat setelah 30.000 dosis Vaksin Sinovac senin (1/1/21) tiba di Palembang yang dikirim oleh Biofarma dari gudang penyimpanan di Bandung, Jawa Barat dan siap didistribusikan kesejumlah kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Desy Elviani seusai mengikuti vidio confren (vidcon) dengan Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kesehatan RI dan Kepala BPBD Nasional di Kantor Walikota Pagaralam, Selasa (5/1/21).

“961 tenaga medis se-Kota Pagaralam akan segera mendapatkan imunisasi, ini dipastikan setelah 30.000 dosis Vaksin Sinovac sudah tiba diPalembang kemarin dan segera didistribusikan keseluruh kabupaten kota diSumatera Selatan, hanya saja masih menunggu pelebelan olah Biofarma,” jelas Kadinkes.

Masih menurutnya, dari hasil vidcon diperoleh kepastian bahwa imunisasi di Sumatera Selatan akan dilakukan secara simbolis pada tanggal 13 Januari 2021 dengan masing-masing menyertakan sepuluh pejabat pemerintah kabupaten kota.  Itu artinya di Kota Pagaralam akan dilakukan imunisasi terhadap walikota, wakil walikota, sekretaris daerah dan tujuh pejabat lainnya, barulah setelah itu akan dilakukan terhadap 961 tenaga medis se-Kota Pagaralam secara bertahap.

“Imunisasi secara simbolis di Kota Pagaralam akan dilakukan pada tanggal 13 Januari 2021 dengan menyertakan sepuluh pejabat pemkot,” sambungnya.

Dikonfirmasi  terkait kesiapan dan jadwal Dinkes Pagaralam dalam melakukan imunisasi terhadap 961 tenaga medis, Desy Elviani menambahkan berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menjadwalkan untuk tahap awal mendistribusikan Vaksin Sinovac ke tujuh kabupaten kota terlebih dahulu yakni, Kabupaten OKI, Kabupaten OI, Kabupaten Muba, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kabupaten Pali dan Kabupaten Banyuasin,  itupun Setelah dilakukan pelabelan oleh BP POM dan Bio Farma.

Untuk kesiapan Dinkes Pagaralam sendiri, pihaknya telah menyediakan lemari pendingin di gudang farmasi sebagai tempat penyimpanan Vaksin Sinovac dan segera memberi pelatihan kepada tenaga medis untuk melakukan imunisasi. “Kita masih menunggu jadwal dari Provinsi,  tahap pertama akan didustribusikan terlebih dahulu keKabupaten OKI, OI, Muba, Pali, Banyu Asin, Kota Palembang dan Prabumulih. Namun demikian Dinkes sudah menyiapkan lemari pendingin sebagai tempat penyimpanan Vaksin Sinovac dan segera melatih tenaga medis untuk melakukan imunisasi,” terang Kadinkes.

Dengan segera dimulainya imunisasi terhadap Virus Covid-19 ini diharapkan masyarakat tetap waspada dengan tetap mematuhi Prokes Covid-19. Pemerintah juga akan kembali mengaktifkan posko-posko Satuan Tugas Covid-19 hingga disetiap kelurahan untuk mengantisifasi agar masyarakat tidak lengah, karena wabah Covid-19 belum berakhir. (JF)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA