by

Ukuran Lanyard yang Pantas Digunakan

KOPI, Jakarta – Lanyard merupakan salah satu jenis tali dengan bahan dasar nylon atau polyester berwarna serta memiliki berbagai macam ukuran mulai dari 1 cm sampai 3 cm. Lanyard biasanya dipakai dengan menggabungkannya di leher, pergelangan tangan dan bahu. Untuk ukuran lanyard memang beragam dibarengi dengan kegunaan masing-masing.

Beberapa Ukuran Lanyard Berdasarkan Jenis

Setiap jenis lanyard bisa diaplikasikan dengan ukuran yang berbeda-beda. Tidak ada aturan pasti dalam menentukan ukuran ketika menggunakan jenis lanyard tertentu. Namun terlepas dari ada kekurang dan kelebihannya masing-masing. Berikut ukuran lanyard berdasarkan jenisnya:

1. Lanyard Printing

Lanyard printing merupakan lanyard yang dicetak menggunakan printing digital. Kelebihan dari jenis ini dalam proses pembuatannya bisa mengaplikasikan berbagai macam warna serta disesuaikan dengan ukuran berapapun.

Pemilihan ukuran tidak menjadi begitu masalah dalam jenis lanyard ini, mulai dari 1 cm hingga 3 cm dengan panjang 90 cm bisa di cetak melalui mesinnya. Lanyard printing juga memiliki tekstur yang lebih halus juga memiliki beragam pilihan warna.

2. Lanyard Sablon

Berbeda dengan lanyard printing yang menggunakan mesin digital, jenis ini di proses secara manual pada pembuatannya. Jika mengenai harga, lanyard sablon lebih terjangkau namun ada banyak keterbatasan dalam memilih warna dan ukuran.

Karena sifatnya diproses secara manual, kurangnya fleksibilitas dalam memilih antara warna, jenis dan ukuran menjadi kendala. Oleh sebab itu, ketika menentu ukuran harus disesuaikan dengan hal lainnya. Tapi pada umumnya, lanyard sablon memakai ukuran 2 cm dan panjang 90 cm.

3. Lanyard Finishing

Untuk Lanyard finishing tali bisa berukuran 1,5 cm hingga 3 cm dengan panjang 90 cm untuk penggunaan bahan tisu yang lembut. Kelebihan dari ini dapat menghasilkan warna lebih tajam serta detail pada gambarnya, dan juga tidak menggunakan stopper.

Jika lanyard finishing menggunakan bahan polyster maka ukuran lebar tali yaitu 2 cm serta panjang secara keseluruhan 33 cm lalu dilipat menjadi dua. Jenis ini memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dan juga tanpa memakai stopper

Ukuran Lanyard Berdasarkan Pemakaian

Saat lanyard difungsikan untuk kebutuhan sesuatu, maka ukurannya pun disesuaikan dengan kegunaannya. Seperti yang diketahui, lanyard memiliki banyak kegunaan, oleh sebab itu pemilihan ukuran pun penting ketika ingin membeli atau custom. Berikut ukuran lanyard berdasarkan pemakaian:

1. Id Card

Lanyard untuk Id Card biasanya digunakan oleh perusahaan dan sejenisnya untuk kepentingan identitas para karyawan atau timnya yang. Namun dibalik itu, ukuran lanyard untuk Id Card pada umumnya tidak dipilih secara sembarang.

Lanyard untuk id card biasanya menggunakan ukuran 2 cm dengan panjang 90 cm. Pemilihan size tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena sifatnya yang ringan sehingga tidak begitu ada beban serta menjaga secara visual ketika dipakai oleh penggunanya.

2. Media Promosi

Lanyard merupakan salah satu alat dalam media promosi yang tak banyak orang ketahui. Cara ini sering digunakan oleh beberapa perusahaan ataupun event organizer untuk memperkenalkan barangnya melalui id yang digunakan oleh timnya.

Untuk ukuran lanyard yang digunakan dalam kebutuhan promosi sangatlah beragam, tergantung pada besar ukuran id card dan fungsinya. Namun pada umumnya, ukuran yang dipakai untuk hal ini hampir sama dengan id card identitas yaitu 2 cm dengan panjang 90 cm.

3. Aksesoris

Tak hanya berguna untuk id card atau sejenisnya, lanyard juga sering dipakai untuk kebutuhan aksesoris serta gantungan suatu barang. Mulai dari handphone, kunci hingga dompet lanyard dipakai dengan berbagai macam tujuan.

Saat Anda ingin menjadikan lanyard sebagai aksesoris atau gantungan suatu barang, sangat disarankan untuk memakai lanyard berukuran besar yaitu biasanya 3 cm dan panjang 90cm. Hal itu dikarenakan beban berat dari barang tersebut.

Harga Lanyard Berdasarkan Ukuran

Pada dasarnya semakin besar ukuran suatu barang, maka harganya pun menjadi lebih mahal. Begitu pula dengan lanyard, namun ukuran bukan patokan satu-satunya untuk menentukan harga. Melainkan bergantung pada desain serta jenisnya. Berikut ukuran lanyard berdasarkan harga dari percetakan tali lanyard di wilayah Jawa.

1. Polyester 1,5 cm dengan stopper

  • Menggunakan kaitan standar
  • 100-500 pcs harga Rp.11.500/pcs
  • 500-1000 pcs harga Rp. 11.000/pcs
  • 1000-5000 pcs harga Rp. 10.500/pcs
  • 5000 pcs lebih harga Rp. 10.000/pcs

2. Polyester nylon 2 cm dengan stopper hitam

  • Menggunakan kaitan standar
    • 100-500 pcs harga Rp.12.500/pcs
    • 500-1000 pcs harga Rp. 12.000/pcs
    • 1000-5000 pcs harga Rp. 11.500/pcs
    • 5000 pcs lebih harga Rp. 11.000/pcs

3. Polyester 3 cm dengan stopper hitam

  • Menggunakan kait standar
    • 100-500 pcs harga Rp.13.500/pcs
    • 500-1000 pcs harga Rp. 13.000/pcs
    • 1000-5000 pcs harga Rp. 12.500/pcs
    • 5000 pcs lebih harga Rp. 12..000/pcs

Prinsip Ukuran Layout Lanyard

Pada desain lanyard, ukuran layout merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan agar lebih nyaman saat digunakan dan dilihat. Karena jika diabaikan akan berpengaruh pada visual dan memperburuk tampilan saat di aplikasikan pada tali ID. Berikut prinsip ukuran layout lanyard:

1. Ukuran Tali

Pada saat mendesain lanyard ukuran layout lanyard harus sangat diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan akan berpengaruh secara langsung ketika lanyard di cetak. Jika ada kesalahan dalam ukuran maka hasilnya pun menjadi tidak sesuai serta buruk secara visual ketika digunakan.

Pada umumnya, ukuran tali lanyard sekitar 1,5 Cm hingga 2 Cm dengan memiliki panjang kurang lebih 90 cm. Hal ini menjadi sangat penting dan harus diperhatikan, karena bisa dijadikan sebuah acuan saat sedang mendesain, terlebih pada bagian resolusi desain perlu sangat diperhatikan.

2. Konsep atau Desain

Untuk keperluan menata layout, tidak hanya ukuran saja yang harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh, melainkan pada konsep ataupun desain lanyard itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan, agar tetap pada jalur atau sesuai dengan keinginan.

Selain itu, konsep juga bisa menjadi sebuah acuan saat menentukan ukuran layout, seperti apa desainnya hingga pemilihan pada warnanya. Namun hal itu bukan berarti bebas dalam menentukan konsep ataupun desain, harus tetap sesuai di jalur dan ketentuannya.

3. Keseimbangan

Prinsip selanjutnya dalam pembuatan lanyard adalah keseimbangan. Istilah ini jika dalam dunia desain merupakan satu usaha dalam membuat semua elemennya menjadi selaras. Mulai dari pemilihan warna, gambar, bentuk hingga ukuran demi mencapai hasil yang bagus.

Hal ini bertujuan agar tidak lanyard tidak terlihat berantakan secara visual seperti warna yang bertabrakan, gambar mengganggu hingga ukuran tidak sesuai. Ketika menentukan ukuran 1,5 cm atau 2 cm dengan lebar 90 cm mesti diselaraskan pada bentuk serta pemilihan warna lanyard.

Itulah tadi pembahasan mengenai ukuran lanyard, mulai dari berdasarkan jenis, harga, pemakaian hingga layout desain. Pada umumnya tidak ada aturan tertentu dalam penggunaan ukuran lanyard, hanya saja hal tersebut demi kenyamanan penggunanya. Namun jika ingin lebih terlihat keren, silahkan memesan lanyard dengan desain suka-suka.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA