by

5 Tips Tetap Produktif Belajar di Rumah Selama Pandemi

KOPI, Tips Tetap Produktif Belajar – Sekarang ini, Indonesia digemparkan dengan virus Corona yang semakin menebar dengan cepat di sejumlah daerah. Sampai sekarang ini, keseluruhan pasien yang terkena COVID-19 masih makin bertambah. Oleh karenanya, pemerintahan lakukan peraturan untuk tutup sekolah sepanjang beberapa minggu depan.

Penutupan ini dikerjakan untuk menahan penebaran virus Corona. Walau demikian, kita disarankan untuk tidak boleh cemas dan masih waspada. Proses belajar mengajarkan juga dikerjakan lewat sistem jarak jauh (berbasiskan online). Berarti, kalian akan belajar dalam rumah sepanjang beberapa minggu di depan.

Tips Tetap Produktif Belajar

Nah, umumnya, belajar dalam rumah akan membuat kalian kurang produktif dalam meresap materi. Pemicunya, dapat dari bermacam jenis factor.

Misalkan, lingkungan rumah yang kurang aman atau semangat belajar yang menjadi menyusut sebab keasikan leyeh-leyeh di kamar. Tetapi tenang, kalian dapat melakukan beberapa tips tetap produktif belajar di bawah ini selama di rumah saat pandemi.

1. Buat Jadwal Kegiatan Harian

Hal pertama yang dapat kalian kerjakan ialah mulai membuat agenda aktivitas harian. Aturlah aktivitas yang pengin kalian kerjakan di keesokan hari, dimulai dari bangun tidur, belajar, bermain, sampai tidur kembali.

Tetapkan lama waktu kalian jalankan aktivitas itu. Misalkan, waktu bermain 30 menit, diteruskan dengan belajar 60 menit. Maksudnya, supaya waktu kalian dapat terdiri secara efisien. Kalian jadi tidak keasikan main HP, lagi bukanlah belajar, malahan ketiduran.

Yakinkan , kalian dapat mengakhiri seluruh agenda yang kalian buat. Sesudah seluruh aktivitas pada agenda telah teratasi secara baik, janganlah lupa untuk bikin agenda aktivitas yang baru. Nah, dengan membuat agenda aktivitas harian, kalian bertambah produktif dan disiplin.

2. Buat Catatan Materi yang Dipelajari

Kalian tahu tidak, materi yang kalian dalami makin lebih gampang teresap oleh otak bila kalian menulisnya, dibanding bila cuman membaca atau mendengarkannya saja. Seperti soal matematika SD yang kalian catat bersama dengan rumus penyelesaiannya.

Kalian bisa juga mewarnai atau highlight untuk sisi yang perlu dari catatanmu itu. Apa lagi jika kalian kembali belajar pelajaran yang banyak rumus hitungannya. Mengingat rumusnya saja tidak akan cukup membuat kalian pahami dan berhasil di ujian tanpa ada banyak latihan masalah.

3. Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

Selanjutnya, kalian dapat mencari atau buat lingkungan belajar yang nyaman. Umumnya, beberapa tempat yang jauh dari suara berisik atau hal yang bisa mengusik fokus belajar kalian.

Tetapi, tidak boleh belajar dalam kasur juga. Kelak bukanlah belajar, malahan berbaring, lagi ketiduran. Status belajar kalian harus juga jadi perhatian. Sekurang-kurangnya, tentukan tempat dengan penerangan yang baik supaya menolong kalian lebih konsentrasi.

4. Berhenti dari Aktivitas Sosmed Selama Belajar

Belajar online mewajibkan kalian belajar melalui HP atau netbook. Nah, janganlah sampai kalian jadi salah konsentrasi, ya. Bukanlah serius belajar, malahan dikit-dikit check whatsapp, instagram, dan bermacam pemberitahuan yang ada di monitor HP kalian. Pada akhirnya, malahan tidak jadi belajar.

Upayakan stop sesaat dari rutinitas sosial media yang kalian punyai sepanjang waktu belajar, supaya kalian bertambah produktif. Jika waktu belajar telah usai, baru dech kalian bebas main HP kembali. Tetapi, harus ada batasnya juga.

5. Istirahat

Nah, point yang paling akhir ini penting untuk tingkatkan keproduktifan dalam belajar. Waktu kalian mulai jemu membaca buku beberapa halaman, atau pusing tidak nemu jawaban dari masalah latihan, kalian dapat istirahat sesaat.

Misalkan, keluar dari rumah untuk mengisap angin segar, membuat teh atau susu, bahkan juga kalian dapat stretching sesaat. Istirahat sesaat dari buku atau netbook penting juga untuk kesehatan mata kalian.

Itulah tadi 5 tips tetap produktif belajar yang dapat kalian terapkan di rumah. Tetapi, tidak boleh hanya mentok di tujuannya saja, ya. Tanpa ada tindakan, kalian tidak bisa mengubah diri. Apa lagi, akses untuk belajar makin gampang kita peroleh di zaman yang serba hebat ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA