by

Ponpes Ar Rosyid Rusak Parah, DrW Skincare Kirim Bantuan

KOPI – Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rosyid Dusun Krajan B, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami kerusakan parah setelah diterjang luapan air sungai yang tak jauh dari lokasi. Sungai meluap hingga menyebabkan  banjir lantaran hujan turun cukup deras pada Selasa (12/1/21).

Air yang bercampur lumpur itu membuat salah satu bangunan pondok rubuh, sehingga luapan air masuk ke sebagian ruangan tak terkecuali kamar-kamar santri. Banjir bandang juga mengakibatkan kerusakan pada bengkel motor milik warga dan merendam banyak rumah.

Menurut data sementara yang dihimpun BPBD Jember melalui tahap asesment, lebih dari 83 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. Sehingga, ratusan warga terpaksa mengungsi di tempat yang lebih aman.

“Dari asesment awal yang kami lakukan, ada kurang lebih 83 KK yang terdampak dari banjir bandang ini, ada 4 titik di wilayah Dusun Krajan, untuk di Ponpes Ar Rosyid ada 100 santri yang terdampak, juga menghanyutkan dokumen-dokumen penting,” kata salah seorang Relawan BPBD Jember, Muji, saat dikonfirmasi di lokasi bencana, Selasa (12/1/2021) malam.

Upaya pembersihan terus dilakukan oleh warga dan santri. Petugas dari relawan BPBD Jember dibantu oleh sejumlah anggota polisi dan TNI setempat juga turut serta melakukan pembersihan.

“Alhamdulillah air sungai sudah mulai surut semoga tidak ada banjir susulan. Kami pun membantu upaya pembersihan dengan melakukan penyemprotan bekas-bekas lumpur,” lanjutnya.

Muji menambahkan, banjir bandang di Kecamatan Jember tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Bangsalsari saja. Melainkan Kecamatan Tunggul juga terdampak.

“Bencana lainnya juga terjadi di Kecamatan Tanggul, tapi tim kami (BPBD Jember) masih melakukan pengecekan ke lokasi,” katanya.

Sejumlah relawan sudah hadir ke lokasi memberikan bantuan berupa akomodasi, sembako dan tenaga mereka. DrW Skincare Peduli Sesama turut mengirim perwakilan beauty consultant ke lokasi.

“Beberapa beauty consultant DrW Skincare telah mendatangi Ponpes Ar Rosyid untuk melakukan kegiatan bakti sosial. Mereka tiba pukul 09.00 WIB. Diterima oleh pengasuh Kh Aminullah dan bapak pengurus Imam Muqoid,” ujar Dr Wahyu Triasmara.

Adapun perwakilan beauty consultant dari DrW Skincare yang mendangi ponpes antara lain: Intan Drwskincare Jember, Emmy Musaemi, Ani Jasmin, Pungki, Elis, Shofa, Ufike, Anis, Steny, Leni, Uus dan Heni. Selain ponpes Ar Rosyid, DrW Skincare Peduli Sesama juga menyasar desa Curahnongko Rt 05 RW 03, Kecamatan Tempurejo, Jember untuk dibagikan donasi kepada sebanyak 200 KK (Kepala Keluarga)

“Semoga bantuan kami DrW Skincare bisa berguna untuk para korban banjir bandang Jember. Saya doakan Ponpes Ar Rosyid segera bisa ditempati lagi dan aman bagi santri-santri,” lanjut Dr Wahyu Triasmara.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA