by

Mahasiswa UMM Ajak Warga Hidup Sehat

KOPI, Malang – Penyebaran virus corona masih sangat masif di indonesia, dikutip dari (covid19.go.id) kenaikan angka kasus tiap harinya mencapai 1000 lebih. sejumlah himbauan dari pemerintah terus disampaikan guna memutus mata rantai penyebaran. Berbagai lingkup elemen masyarakat juga membantu untuk antisipasi penyebaran virus. Penyebaran virus ini bisa diminilaisir tentunya dengan kemauan masyarakat untuk hidup disiplin dengan mematuhi protokol yang dihimbau oleh pemerintah. Tentunya juga diperlukan edukasi serta keterlibatan masyarakat akan pentingnya hidup sehat guna memutus mata rantai virus covid 19.

Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid 19, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melalui Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) 08 yang dilakukan di Kelurahan Gadingkasri Kota Malang mempunyai dua program unggulan yang dirasa perlu disampaikan kepada masyarakat sekitar sebagai ajakan untuk selalu hidup sehat.

Program pertama yang dilakukan yakni pengadaan tempat cuci tangan, program ini dilaksanakan pada hari Senin, 11 Januari 2021. Pengadaan dilakukan di beberapa titik yang dianggap sebagai titik mobilitas warga, salah satu anggota PMM 08 Gadingaksri Muhammad Dzulfiqar menerangkan:“Pengadaan tempat cuci tangan dirasa perlu, sebab salah satu hal yang bisa memutus mata rantai penyebaran covid 19 yaitu dengan sering sering mencuci tangan, terutama dengan air yang mengalir. Pengadaan tempat cuci tangan juga sebagai salah satu respon kami terhadap program pemerintah untuk saling bersinergi dalam menangani pandemi ini.“

Setelah melakukan pengadaan tempat cuci tangan diharapkan warga mampu menggunakan sebaik baiknya untuk mencuci tangan guna melaksanakan protokol yang dianjurkan.

Program kedua yang dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus yakni penempelan poster ajakan kesehatan dan kebersihan di wilayah Kelurahan Gadingkasri, program ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Januari 2021. Tim PMM UMM 08 Gadingkasri sangat antusias dalam menempelkan poster, diharapkan seluruh masyarakat memperoleh edukasi yang sama terkait langkah pencegahan covid 19 melalui pesan yang disampaikan dalam poster serta selalu menaati protokol kesehatan. Hal ini juga mendapatkan respon positif dari masyarakat untuk selalu mengikuti himbauan hidup sehat.

Program ini tentunya sebagai dukungan kepada pemerintah yang sangat serius dalam menangani pandemi yang berlangsung hampir setaun ini. Harapannya melalui pengadaan tempat cuci tangan dan penempelan poster, masyarakat mampu mendukung serta melakukan perilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, sehingga mampu meminimalisi penyebaran virus apapun khususnya Covid-19.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA