by

Jenis Pasir Berkualitas dan Ciri-cirinya

KOPI, Jenis Pasir Berkualitas – Pasir yang dikenali selaku bahan konstruksi yang gampang dijumpai rupanya mempunyai ciri-ciri spesial yang membandingkan mutunya yang dapat diterapkan dalam konstruksi.

Pasir ialah bahan bangunan yang bermanfaat pada bermacam jenis proses konstruksi. Salah satunya peranannya yang penting ialah dalam pembetonan.

Pasir ini jadi material yang dari bahan alamiah yang dibuat di beberapa daerah di Indonesia. Keberadananya gampang sekali dijumpai hingga memungkinkannya untuk pemakaian secara kontinu pada banyak project baik kecil atau besar.

Mengenal Pasir

Pasir ialah material dalam pengerjaan beton yang memiliki bentuk berbentuk butiran. Ukuran lebih kecil dibanding kerikil atau agregat kasar. Karena itu, pasir kerap juga dikatakan sebagai agregat lembut yang diperlukan selaku campuran bersama semen untuk pembuatan beton.

Beton readymix sendiri dibuat di tempat khusus yang disebut dengan batching plant, Anda dapat bertandang tempat itu untuk order dan tahu harga readymix Bogor yang Anda inginkan dengan campuran pasir terbaik.

Fungsinya yang lebih luas kembali adalah untuk spesi perekat pada pasangan bata atau keramik. Pasir diperlukan selaku penempatan lantai. Bahkan juga tipe agregat lembut ini digunakan selaku bahan uruk. Dalam proses pengecoran pasir terhitung jadi bahan khusus yang dibutuhkan kecuali semen.

Jenis Pasir Berkualitas

Perlu Anda ingat jika jenis pasir ini relatif banyak. Ini bergantung pada wilayah asal di mana pasir diketemukan. Sebab tidak seluruh pasir digunakan untuk betonisasi, ada juga pasir yang mempunyai peranan lain.

Untuk yang memerlukan pasir untuk konstruksi, ketahui dahulu beberapa jenisnya. Baru, Anda dapat pesan pasir sesuai keperluan jumlahnya. Di bawah ini ialah tipe pasir yang biasa dijumpai dalam konstruksi :

Pasir Beton

Jenis pasir ini gampang dijumpai walau harga tidak murah. Ciri-ciri uniknya ialah berwarna yang hitam dan butirannya yang lembut. Untuk pastikan kualitas pasir ini, karena itu Anda harus coba mengepalnya dengan tangan.

Jika pasir beton mutunya bagus karena itu pasir tidak akan menggumpal dan akan puyar kembali walau dipegang kuat. Seperti untuk pengerjaan beton precast.

Pemakaian tipe pasir ini sangat luas. Beberapa salah satunya untuk pengecoran, plesteran dinding dan fondasi. Jenis pasir ini dipakai dalam penempatan bata atau batu.

Pasir Sungai

Jenis pasir ini mempunyai keunikan yang lain dengan pasir beton. Pasir sungai sendiri didapat hasil dari gigisan bebatuan keras dan tajam. Agregat lembut dari sungai ini mempunyai ukuran sampai 5 mm.

Peranan dan manfaatnya sebagai pekerjaan pasangan. Pasir ini bisa juga jadi bahan kombinasi saja ingat personalitasnya berlainan dengan pasir beton.

Ciri-ciri Pasir Berkualitas

Dalam beli pasir, baik pasir beton atau pasir sungai, sebaiknya memerhatikan ciri-cirinya. Ini karena tidak seluruh produk jamin mutunya.

Bila kualitas pasir baik, karena itu konstruksi akan mempunyai kualitas yang bagus juga. Di bawah ini ialah beberapa ciri pasir yang mutunya baik dan dapat diterapkan dalam konstruksi :

Tidak Mengandung Kotoran

Bermacam bahan organik terhitung daun kering, ranting lapuk atau lumut dapat membuat kualitas pasir jadi kurang optimal. Karena itu, yakinkan jika pasir yang digunakan dalam konstruksi telah bersih.

Tidak Melekat Waktu Digengam

Cara termudah menyaksikan kaulitas pasir dengan mengenggamnya. Pasir yang bagus mempunyai butiran keras dan tajam. Dan jika material ini dipegang, maka gampang tergerai dan puyar.

Waktu mengenggam pasir, karena itu lihatlah juga apa pasir tersbeut masih sisa pada tangan sesudah Anda menepukkannya. Bila pasir yang ada melekat dan mengotori tangan, karena itu mutunya buruk. Ini mengisyaratkan jika pasir memiliki kandungan lumpur atau kotoran yang lain.

Banyak hal di atas penting diterapkan. Apa lagi untuk yang menginginkan ada hasil konstruksi yang kuat, karena itu kualitas jadi priorotas pertama.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA