by

Cara Mengatasi IDM Berhenti Download di 99%

-Berita-3,620 views

Kalian tentu jengkel kala mengunduh file, dikala sudah menggapai 99%, proses unduh tiba-tiba tidak jalan atau bahkan muncul peringatan error. Dikala mau di- resume kembali, tetap saja terhenti di 99%.

Namun, sesungguhnya terdapat jalan keluar buat permasalahan pelik nan menyebalkan ini. Perihal awal yang perlu kalian ketahui ialah, pemicu permasalahan ini umumnya karna koneksi internet yang tidak stabil.

Nah, bila kalian mengunduh memakai Internet Download Manager (download IDM terbaru) hingga yang perlu dicamkan ialah disaat mengunduh IDM membagi satu file dalam beberapa bagian. Ini rahasia IDM dapat mengunduh lebih cepat.

Dikala IDM berhenti mengunduh umumnya salah satu bagian yang tengah disedot mengalami permasalahan karna koneksi internet yang tersendat.

Sudah mengerti? Selanjutnya, ini merupakan langkah-langkah buat meneruskan unduh bagian yang tersisa menurut saya:

  1. Buka IDM kalian serta klik Downloads
    Options. Di dalamnya klik tab Save to.
  2. Di situ terdapat kolom yang berisi alamat dari Temporary Directory. Bukalah folder temporary tersebut memakai Windows Explorer.
  3. Carilah folder dari file download- an kalian yang bermasalah. Umumnya di dalam folder tersebut hendak terdapat 2 sampai 15 part( tergantung ukuran filenya). Apabila file part tersebut terlampau banyak, coba kalian buka IDM serta resume kembali download- an tersebut. Nanti hendak terdapat part yang bersatu sehingga jumlah part di folder Temporary jadi menurun.
  4. Sehabis itu, pakai aplikasi HJ- Split serta rusak satu part jadi masing- masing 500 KB.( Apabila satupart tersebut berukuran 20 MB, maka kalian perlu buat memecahnya jadi 40 bagian sehingga masing- masing pecahan berukuran 500 KB). Jangan lupa delete file originalnya.
  5. Saat ini telah terdapat 40 bagian yang mempunyai akhiran. 001,. 002, serta seterusnya sampai. 040. Kalian tinggal mendelete pecahan yang ke. 40 sehingga total pecahan jadi 39 buah. Campurkan kembali ke 39 pecahan tersebut memakai HJ- Split sehingga jadi satu file kembali.
  6. Lakukan proses ini ke part- part yang yang lain. Apabila sudah, kalian tinggal me- resume downloadnya lewat IDM deh.

(Catatan: metode ini cuma bisa dicoba kepada file lewat server yang menerima “resume download”. Tidak hanya itu, gagalnya proses unduh bisa diakibatkan oleh banyak aspek sehingga apabila metode ini gagal, maka kalian dapat mencoba metode lain.)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA