by

Bersyukur Adalah Sebuah Keharusan

KOPI, Purbalingga – Kita mengerti, bersyukur adalah suatu perbuatan yang bertujuan untuk memberikan ucapan rasa terima kasih kepada sang pencipta atas segala limpahan rahmat yang diberikan. Menurut Ahmad Ibnu Faris, dalam bukunya berjudul Maqayis al-Lughah, dia mengutarakan, bersyukur adalah bentuk pujian karena adanya kebaikan yang diperoleh seseorang.

Benar saja, banyak orang menilai bahwa tolak ukur mencapai sebuah kesenangan terhadap apa yang ingin didapatkan berasal dari sudut pencapaian cita-cita kehidupan. Konon, mengimplementasikan segenap rasa syukur dalam konteks kehidupan sehari-hari  sudah pasti dihadapkan dengan tantangan.

Tantangan semacam itu antara lain mulai dari tuntutan hawa nafsu, sifat kurang puas diri dari apa yang diperoleh, dan lingkup hal lain yang sifatnya lebih dari sekedar mencapai keingian. Karena secara kodrati, manusia adalah sosok penuh keinginan dan punya banyak ambisi. Ia (manusia, red) punya segala inisiaatif dalam pikiran untuk mewujudkan setiap keinginan menjadi kenyataan nyata.

Rintangan tersebut bahkan semakin nyata, terlebih bagi kaum milenial yang modern ini selalu dihadapkan dengan liku tantangan kehidupan yang semakin kompleks dan punya banyak sekali jebakan jurang curam apabila salah melangkah. Hal tersebut menuntut kita melaksanakan kewajiban menjunjung rasa syukur agar menjadi pengiring kita dalam menyikapi maupun menjalani berbagai rintangan kehidupan.

Apalagi pada zaman serba tuntutan ini, selain usaha keras dibarengi doa, segala bentuk ungkapan syukur atas apa yang telah dilakukan sangat dibutuhkan guna menjalin keseimbangan dalam menopang jembatan menuju tujuan yang diinginkan. Pentingnya menjadikan rasa syukur sebagai topangan menjalani segala aktifitas adalah keharusan nyata, sehingga mewujudkan keberimbangan ‘sehat’ dalam menjalani liku kehidupan. Karena Sehat buakan soal fisik saja, namun batin pun perlu perawatan sama besarnya pula.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA