by

7 Aplikasi Cek Plagiat untuk Menghindari Penjiplakan Konten

KOPI, Aplikasi Cek Plagiat – Pekerjaan yang mengikutsertakan tulis-menulis harus bebas menyontek. Karena itu, beberapa penulis harus tahu program check plagiat untuk pastikan keorisinalan hasil kreasi.

Tidak boleh cemas, ada beberapa program gratis yang dapat dipakai untuk lakukan pengecekan karya tulis. Yok, kenali apa program yang dapat kamu pakai untuk check plagiat dari omnichannel berikut ini!

1. Turnitin

Turnitin adalah program check plagiat yang terpopuler, terutamanya di dunia akademis. Program ini mengecek hasil tulisanmu dengan pastikan dia tidak mempunyai kecocokan dengan dokumen yang lain berada di internet, website, buku, artikel, dan sebagainya. Tetapi, Turnitin tidak dapat dipakai secara gratis dan bebas.

Umumnya, harga yang dijajakan Turnitin bergantung pada lembaga yang bekerja serupa dengannya. Jadi, bila pengin memeriksa pekerjaan sebagai pelajar dengan Turnitin, kamu dapat menanyakannya kepada pihak sekolah atau universitas.

2. DupliChecker

Salah satu aplikasi cek plagiat yang gratis ialah DupliChecker. Penampilannya simpel, tetapi ketepatan pengujiannya lumayan tinggi. Walau gratis, kamu harus membuat account untuk memperoleh 50 pengujian plagiat gratis setiap hari.

Bila tidak, DupliChecker cuman membolehkan pengujian satu dokumen saja. Sekarang ini, tidak ada versus berbayar yang tawarkan pengujian tanpa batasan.

3. Grammarly

Meski populer sebagai aplikasi pemeriksa grammar bahasa Inggris, rupanya Grammarly mempunyai feature check plagiasi, lho. Feature ini dijajakan dalam dua versus, yakni gratis dan berbayar.

Untuk memeriksa plagiasi dengan Grammarly, kamu perlu masukkan text yang pengin dicheck dan Grammarly akan memrosesnya dengan database yang dia punyai.

Menurut Codeless, Grammarly mempunyai 16 miliar database yang disebut salah satunya paling banyak di dunia. Karena itu, ketepatannya tidak dapat disangsikan kembali walau dapat dipakai dengan gratis.

4. PaperRater

Aplikasi cek plagiat yang gratis yang lain ialah PaperRater. Untuk memakai program ini, kamu harus tentukan tipe dokumen, tingkat jenjang, dan faktor-faktor yang lain lebih dulu. PaperRater dipakai lebih dari 140 negara dan sanggup memeriksa grammar, dan memberikan anjuran kosakata di hasil tulisan.

Prosesnya juga cepat dan pengembangannya dilaksanakan oleh beberapa ahli. Sayang, menurut Become a Writer Today, program ini tidak seakurat Grammarly yang sama gratis.

5. ProWritingAid

ProWritingAid ialah program check plagiat yang pas untuk semua tipe tulisan. Program ini tawarkan versus gratis untuk eksperimen lebih dulu, dan pembayaran bisa dilaksanakan bila pengin abonemen selanjutnya.

Bukan hanya mengecek plagiarisme, ProWritingAid bisa juga memeriksa kalimat yang kerap terulang lagi dan elemen yang lain supaya tulisanmu dapat lebih bagus kembali.

6. PlagScan

PlagScan ialah program check plagiat yang berbayar, tetapi ada pula versus trial gratis untuk cobanya. Untuk memakai program ini, kamu harus sign up dan membuat account.

Tenang, proses ini cepat dan tidak memerlukan kartu credit.Tanpa pembayaran, kamu akan memperoleh 20 kali peluang untuk memeriksa plagiasi. PlagScan adalah program check plagiat yang paling peka dan tepat.

7. Plagiarisma

Aplikasi ini bisa dipakai siapa saja, dimulai dari pelajar, guru, penulis, dan ada banyak kembali. Yang unik dari aplikasi ini ialah tersedianya bahasa yang banyak. Ada lebih kurang 190 bahasa yang bisa dilihat oleh program ini.

Selain itu, kamu dapat memeriksa dokumen cukup dengan URL atau meng-upload file-nya secara manual. Teksmu bisa selekasnya dilihat bila kamu meng-install add-on atau socketin di browser internet, seperti Chrome atau Firefox.

Itu dia tujuh aplikasi cek plagiat yang omnichannel rekomendasikan. Kurang lebih, yang mana menjadi pilihanmu? Janganlah lupa pakai satu dari program ini untuk pastikan hasil kerjamu original dan berlainan dari lainnya supaya bebas dari masalah hak cipta, ya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA