by

Akibat Cuaca Ekstrim, Tiga Rumah Warga di Ekasapta Rusak Parah

KOPI, Flores Timur – Cuaca ekstrim, hujan deras, dan angin kencang yang menimpa wilayah Kabupaten Flores Timur dini hari tadi menghancurkan sekitar 3 (tiga) unit bangunan rumah milik warga kelurahan Ekasapta, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Minggu 31 Januari 2021. Peristiwa angin kencang dan hujan deras ini terjadi sekitar pukul 05:00 Wita atau setelah waktu subuh.

Akibat adanya cuaca ekstrim angin kencang dan hujan deras ini, dua unit bangunan rumah milik warga rusak parah, dan satu lainnya rusak ringan. 1 (satu) unit atap rumah terangkat dan terlempar hingga ke atap rumah lainnya akibat dihantam angin kencang, dan 1(satu) unit bangunan kios furniture juga rata dengan tanah sedangkan 1 unit rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Warga sekitar yang mengetahui adanya kejadian ini, sontak langsung bergegas untuk membantu dan bergotong royong mengevakuasi barang-barang yang ada di dalamnya. Pemilik rumah yang mengalami rusak parah ini yaitu Almarhum Abdi Patiraja, pemilik kios furniture, Siti Tobi, sedangkan yang mengalami rusak ringan, Syahruji Hasbullah.

Kevin Ratuloly, Warga setempat, mengatakan ketika dirinya keluar dari rumahnya, atap rumah tersebut sudah terbang terbawa angin, sehingga dirinya tidak melihat secara langsung kejadian tersebut. Dirinya serta warga sekitar kaget disaat mendengar adanya bunyi hempasan atap rumah yang terlempar ke atap rumah lainnya.

Kevin juga menambahkan, sekitar 2 (dua) unit rumah yang mengalami rusak parah dan 1 unit lainnya mengalami rusak ringan dalam kejadian ini. Untuk diketahui, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini.

Hingga saat ini situasi angin kencang dan hujan deras masih menyelimuti wilayah Flores Timur dan dihimbau agar tetap waspada. Pemeritah Kelurahan Ekasapta beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur melalui BPBD Flores Timur, sudah turun ke tempat kejadian untuk melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak musibah.

Akibat kejadian ini, kerugian belum bisa di tafsirkan secara baik, namun di perkirakan mencapai puluhan juta rupiah. *(Adam Bethan)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA