by

3 Tips Ampuh Agar Anak Patuh kepada Orang Tua

KOPI, Jakarta – Anak merupakan pemberian Tuhan yang paling berharap, karenanya sudah sepatutnya kita sebagai orang tua memberikan yang terbaik kepada anak khususnya pendidikan baik pendidikan formal dan informal.

Salah satu pendidikan informal yang penting dalam pembentukan karakter dan moral anak adalah pendidikan yang diberikan oleh keluarga khususnya orang tua.

Namun, apa jadinya jika anak tidak patuh terhadap apa yang orang tua perintahkan? Tentunya peran keluarga dalam pendidikan anak khususnya peran orang tua menjadi semakin berat bukan, apabila terhadap perintah orang tua saja tidak patuh apalagi mengikuti dan menerapkan pendidikan yang diberikan oleh orang tua entah itu soal moral, etika atau pelajaran sekolah.

Sedihnya banyak anak kecil di masa ini yang suka tidak patuh terhadap orang tuanya. Banyak orang yang hanya menyalahkan anak ketika mereka tidak patuh, tapi tentunya kita semua menyadari bahwa ketidakpatuhan tersebut tentunya tidak 100% disebabkan oleh anak itu sendiri melainkan sebagian besar disebabkan oleh kesalahan orang tua dalam memperlakukan anak.

Oleh karena itu apabila Anda mau agar anak Anda patuh tentunya yang perlu Anda lakukan adalah memperbaiki cara Anda dalam memperlakukan anak.

Lalu, bagaimana cara memperlakukan anak dengan benar agar mereka mau mendengarkan dan menuruti perintah orang tuanya?

Caranya sendiri ada banyak, tapi untuk mempersingkatnya berikut ini beberapa tips ampuh versi saya yang bisa para orang tua lakukan agar anak patuh kepada orang tua.

1. Biasakan lembut dan hangat namun tegas terhadap anak

Memperlakukan anak seharusnya tidak dilakukan dengan kasar dan penuh dengan teriakan, yang perlu Anda lakukan adalah menarik empati dan mencegah emosi negatif anak dengan cara memperlakukan mereka dengan lembut dan hangat, tapi sikap lembut dan hangat ini bisa menjadi celah yang malah bisa membuat anak menjadi manja dan egois, oleh karena itu meski memperlakukan anak dengan lembut dan hangat Anda harus tetap tegas, ingat tegas bukan berarti kasar ya.

2. Dengar keluhan anak

Ketika perintah Anda tidak dipatuhi maka Anda tidak boleh langsung marah-marah, yang harus Anda lakukan adalah tetap bersikap lembut dan hangat lalu tanyakan apa alasan anak Anda menolak perintah yang Anda berikan, jadilah pendengar yang baik dan peka terhadap keluhan yang anak Anda berikan. Jika alasan anak Anda merupakan alasan yang solid seperti sedang sakit atau punya mood yang sangat buruk maka biarkan saja, tapi jika alasannya sama sekali tidak mendukung seperti malas, sedikit pusing, agak tidak mood, atau alasan klasik sejenisnya maka berikan bantahan dan juga solusi terhadap alasan tersebut secara lembut dan juga hangat.

3. Introspeksi diri

Meniru induknya merupakan sifat alami sebagian besar mahluk hidup dan manusia merupakan salah satunya. Anak seringkali menirukan perilaku dan pola pikir orang tuanya, oleh karena itu jika Anda memberikan suatu perintah dan tidak dipatuhi oleh anak, maka Anda patut mempertanyakan apakah perintah tersebut berlawanan dengan perilaku dan pola pikir Anda atau tidak, jika iya maka cara paling efektif agar anak mematuhi perintah tersebut adalah dengan introspeksi diri Anda sendiri terlebih dahulu sebelum menyuruh anak mematuhi perintah tersebut.

Penutup

Demikian beberapa tips agar anak patuh terhadap orang tua yang bisa Anda coba praktekan agar anak Anda yang mungkin semulanya bandel bisa menjadi sedikit patuh terhadap apa yang Anda perintahkan.

Apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan, sekian dan semoga tips-tips di atas bisa membantu.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA