by

Yuk, Ketahui Cara Memilih Rangkaian Nama Bayi Laki-Laki

KOPIJakarta – Nama ialah identitas seorang yang tetap akan diketahui dan diingat, baik saat orang itu masih hidup atau telah wafat. Itu penyebabnya waktu seorang bayi baru lahir, orangtua akan repot mengumpulkan serangkaian nama bayi laki-laki yang akan dipilih satu yang terbaik darinya.

Pemberian nama ke anak dari orangtua jangan asal-asalan dan sembarangan. Pemberian nama pada anak harus menimbang banyak hal. Lalu apa saja pertimbangan-pertimbangan itu? Silakan baca lanjutan artikel mengenai panduan memilih nama yang terbaik dari serangkaian nama bayi laki laki berikut ini untuk memperoleh jawabannya.

  1. Pilih nama bayi yang gampang diingat dan diucapkan

Orangtua tentu saja inginkan untuk memberikan nama si buah kesayangan bernama yang gampang dikenang dan tidak pasaran. Nama dengan ejaan yang susah disampaikan malah akan membuat anak kesusahan dalam menyampaikan namanya sendiri saat mulai belajar bicara dan menjawab pertanyaan dari pihak lain. Seringkali orangtua tersebut keliru dalam menyebutkan nama si buah kesayangan karena nama yang begitu susah disampaikan, bahkan diplesetkan menuju nama yang baru.

  1. Memerhatikan kandungan arti nama tersebut

Nama si buah kesayangan tentu saja bukan hanya mempunyai makna yang cantik tetapi mempunyai doa dan keinginan tertentu untuk orangtua pada si buah kesayangan yang akan datang. Arti satu nama penting diingat mengingat banyaknya orangtua yang menganggap tidak penting hal itu.

  1. Menuliskan nama keluarga

Umumnya nama seorang anak diikutkan nama bapaknya atau kakeknya. Ini penting juga untuk alasan untuk jaga nasab atau turunan. Ditambah lagi jika anak itu turunan darah biru. Kecuali nama keluarga, umumnya tercantum juga nama suku, marga atau gelar turunan.

Sesudah menimbang banyak hal di atas, karena itu berikut ini saya akan bagikan serangkaian nama bayi laki-laki berikut makna dari nama tersebut.

  • Safwan. Nama safwan berawal dari bahasa Arab yang mempunyai kandungan arti yakni “bersih” atau “ikhlas”.
  • Zhafran. Nama Zhafran berawal dari bahasa Arab yang bermakna “yang menang” atau “beruntung”.
  • Arka. Nama ini berawal dari bahasa Jawa yang bermakna “penerang”. Nama ini bisa juga divariasikan jadi arkha.
  • Adzriel. Nama Adzriel mempunyai kandungan arti yang berarti “sempurna” , “baik dan pemberi maaf/ampun”.
  • Jaya. Nama ini berawal dari bahasa Sansekerta yang berarti “sifat pengasih” atau “pengasih”.
  • Nugrah. Nama ini berawal dari bahasa Indonesia tersebut yang maknanya berkonotasi pada kata anugerah (pemberian).
  • Budianto. Nama ini diambil dari bahasa Jawa yang bermakna “berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung”.
  • Hidayat. Nama ini diambil dari Bahasa arab yang bermakna “pemberian yang baik” (wujud lain dari kata hidayah).
  • Lewin. Nama ini berawal dari bahasa Inggris-Amerika yang bermakna “teman yang baik” atau “tercinta”.
  • Ahmad. Nama ini diambil dari rasul paling akhir dalam islam yang namanya “Muhammad”. Nama ini berawal dari Bahasa arab yang mempunyai kandungan arti yakni “sifat terpuji”.

Kecuali beberapa nama di atas, sudah pasti ada banyak kembali rangkaian nama bayi laki-laki yang dapat jadi ide dalam menamai ke seorang anak yang baru lahir. Sesudah memperoleh beberapa nama yang cocok pada anak, karena itu sebaiknya orangtua tetap konsultasi dan minta saran dari keluarga-keluarga paling dekat. Hal ini diinginkan supaya tentu saja nama yang diberi ialah nama yang terbaik untuk sang anak sesudah dipertimbangkan matang-matang. 

Demikian artikel Cara Memilih Rangkaian Nama Bayi Laki-Laki, semoga bermanfaat. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA