by

Contoh Usaha yang Menguntungkan di Desa

KOPI, Kediri – Pedesaan merupakan salah satu tempat yang sangat memungkinkan untuk membuka usaha yang menguntungkan. Anda bisa membuka usaha rumahan yang cukup menjanjikan jika dilakoni secar sungguh-sungguh.

Banyak sekali komoditas pedesaan yang bisa Anda kelola semaksimal mungkin hanya dengan modal kecil dan tidak akan ditemukan di perkotaan. Saat ini sudah banyak orang sukses yang hanya memulai bisnis dari desa atau kampung.

Jika Anda ingin memulai usaha di desa, alangkah baiknya untuk melihat beberapa ide bisnis yang dilansir dari Gagegomedia.com untuk Anda terapkan di Desa, sebagai berikut ini.

Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

1. Membuka Usaha Toko Sembako

usaha menguntungkan di desa

Mengingat daya beli orang pedesaan cukup tinggi terhadap bahan pokok, usaha toko sembako merupakan ide bisnis cemerlang yang bisa Anda lakukan di desa. Tidak perlu membuka toko besar, hal terpenting yaitu menyediakan kebutuhan yang lengkap.

Meskipun bukan toko yang harus mendisplay barang agar tampak dari depan, Anda tetap perlu menjaga kebersihannya. Selain itu, Anda juga harus menata barang-barang yang dijual secara rapi agar mendapatkan nilai positif dari pembeli.

Perhitungan kisaran modal yang dibutuhkan untuk membuka toko sembako yaitu:

  • Rp 1 juta untuk membeli barang penunjang seperti timbangan, kalkulator, kotak uang, dan lain-lain.
  • Rp 1 juta untuk membeli beberapa etalase toko.
  • Rp 5 juta untuk membeli barang sembako yang siap dijual ulang.

Dengan estimasi biaya modal Rp 7 juta, Anda sudah bisa membuka usaha toko sembako rumahan di desa.

2. Konter Pulsa

usaha menguntungkan di desa

Jika di perkotaan, mungkin bisnis ini terbilang sangat susah diterapkan karena sebagian besar memilih untuk melakukan transaksi online melalui dompet digital seperti OVO, Gopay, dan sebagainya. Namun, hal itu tidak berlaku di desa.

Banyak sekali orang yang belum mengenal hal tersebut, dan pastinya Anda bisa memanfaatkan ini untuk membuka konter pulsa sendiri di kampung halaman.

Memulai usaha konter pulsa di desa tidak terlalu susah, Anda bisa menerapkannya di rumah, dan yang terpenting rumah Anda harus sering dilewati orang, agar banyak yang melirik.

Perhitungan kisaran modal yang dibutuhkan untuk membuka konter pulsa yaitu:

  • Rp 400 ribu untuk membeli etalase kecil.
  • Rp 300 ribu untuk membeli stok kartu perdana.
  • Rp 800 ribu untuk modal deposit pulsa.

Dengan estimasi biaya modal Rp 1.5 juta, Anda sudah bisa membuka usaha konter pulsa di desa.

3. Membuka Warung Kopi Free Wifi

usaha menguntungkan di desa

Jaman serba teknologi kini sangat jarang kali ditemukan sebuah warung kopi yang tidak ber-wifi. Karena saat ini smartphone sudah menjarah berbagai kalangan, baik muda, dewasa, ataupun orang tua.

Warung kopi yang tidak ada wifinya cenderung lebih sepi JIKA tempat tersebut belum punya nama atau masih baru, kasus ini didapatkan menurut pengamatan pribadi.

Perhitungan kisaran modal yang dibutuhkan untuk membuka warung kopi free yaitu:

  • Rp 1 juta untuk membeli kopi sachet, susu, mie instant, telur, dan lain sebagainya.
  • Rp 5 juta untuk membeli meja, kursi, gelas, sendok, piring, dan sebagainya.
  • Rp 500 ribu untuk membeli kompor, LPG, dan termos.
  • Rp 500 ribu untuk memasang Wifi.

Dengan estimasi biaya modal Rp 7 juta, Anda sudah bisa membuka usaha warung kopi wifi di desa.

Nah, beberapa ide bisnis diatas bisa Anda lakukan untuk membuka usaha menguntungkan di desa. Hanya dengan modal kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih jika telaten dan sungguh sungguh dalam menjalaninya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA