by

Tips Rahasia Google Playstore yang Perlu Anda Ketahui

KOPIJakarta – Google Play Store adalah marketplace aplikasi Android terbesar dari Google, dimana berkumpulnya milyaran aplikasi dan games yang telah dikembangkan oleh seluruh developer Android di dunia. Oleh karena itu kehadiran Google Play Store di Android adalah ibarat organ jantung yang tanpa organ itu maka tidak akan ada kehidupan.

Google Play Store mendapatkan peringkat pertama mengalahkan pesaingnya yakni Windows Phone dan iOS karena Android punya komunitas developer yang solid dan besar dibandingkan pesaingnya.

Pada artikel kali ini kami mencoba memberitahu anda bahwa ada 5 tips rahasia di dalam Google Play Store yang mungkin belum ada ketahui, mari kita simak tips rahasia tersebut yang saya lansir dari junesia.com.

1. Refund Aplikasi atau Games yang Sudah Dibeli dari Google Play Store

Mungkin masih banyak pengguna Android belum familiar atau terbiasa dengan fitur ini, fitur ini adalah bahwa kita yang sudah terlanjur membeli aplikasi atau game berbayar di Google Play Store bisa me-refund uang kita bila program atau games yang sudah kita beli tidak sesuai dengan harapan yang kita inginkan, dan Google akan mengembalikan seluruh uang kamu bila kamu me-refund di sebelum 2 jam pembelian.

Google beralasan akan mengembalikan penuh seluruh uang kita bila refund sebelum 2 jam dari waktu awal pembelian karena waktu 2 jam sudah cukup menilai dan mencoba apakah aplikasi yang sudah kita beli sesuai dengan ekspektasi kita.

Cara refund adalah sebagai berikut, setelah anda meng-install aplikasi tersebut, maka buka aplikasi Google Play Store lalu buka My Apps and Games lalu buka nama Aplikasi atau Games yang sudah kamu download. disitu kamu melihat 3 pilihan yaitu : Uninstall, Open, dan Refund, untuk melakukan refund cukup tekan pilihan Refund.

Fitur ini sangat berguna bila ada aplikasi atau games yang tidak sengaja terbeli.

2. Install Aplikasi atau Games yang Tidak Tersedia untuk Negara kamu

Bila kamu mencari aplikasi atau games tetapi tidak tersedia untuk negara kamu atau dalam hal ini Indonesia, kamu dapat merubah negara di Google Play Store. dengan cara sebagai berikut.

  • Install aplikasi Psiphon untuk Android
  • Jalankan aplikasi Psiphon tersebut dan bila muncul pop-up , pilih oke dan centang.
  • Pilih menu option dan pilih negara yang akan kamu pakai
  • Jika ada pesan sudah berhasil terhubung keluar dari Psiphon lalu buka Pengaturan->Aplikasi lalu buka Google Playstore dan hapus cache dan stop sementara aplikasi Google Playstore.
  • Setelah itu jalankan kembali Playstore dengan Psiphon tetap aktif untuk negara yang sudah kamu setting tadi.

3. Tambahkan Parental Lock di Google Playstore

Kamu bisa menambahkan Parental Lock agar anak yang masih dibawah umur tidak dapat mendownload aplikasi atau game khusus dewasa.

Cara menambahkan Parental Lock Google Playstore

  1. Buka Google Playstore -> Buka Setting -> Pilih Parental Control lalu di set ke on.
  2. Google akan menanyakan password untuk Parental Lock Pin.
  3. Selanjutnya pilih kategori aplikasi yang akan dipasang Parental Lock.

Bila ada anak atau orang lain yang ingin mengunduh aplikasi atau games yang sudah kamu restrict maka smartphone Android akan menanyakan password/PIN yang kamu set di awal.

4. Cara Mudah Mengatur dan mengorganisir aplikasi dan games di Android

Mengatur dan mengorganisir aplikasi atau games di Android sangatlah mudah, kamu hanya tinggal menggunakan My Apps & Games fitur.

Bila kamu membuka fitur My Apps & Games maka akan ditampilkan daftar semua games dan aplikasi yang terinstall di Android mu, dan akan memberikan informasi apakah aplikasi itu butuh diupdate atau tidak.

Sekian tips dari Google Playstore yang belum kamu ketahui, semoga bermanfaat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA