by

Tips Meningkatkan Skill Public Speaking

KOPI, Jakarta – Public Speaking adalah salah satu soft skill dinilai penting dan dihargai oleh masyarakat dari berbagai kebudayaan dan waktu, hal ini dikarenakan kemampuan public speaking ini yang tidak dimiliki oleh semua orang.

Di era sekarang ini dimana persaingan antar manusia sangatlah ketat, memiliki skill public speaking dianggap merupakan nilai plus yang besar dibanding dengan memiliki skill lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki nilai plus dibanding orang lain entah itu untuk memudahkan dalam melamar pekerjaan, menempati posisi tertentu atau hanya sekedar untuk meningkatkan skill bermasyarakat maka memiliki kemampuan public speaking merupakan pilihan yang bagus.

Tapi saya pendiam/introvert/pemalu apakah bisa?

Bisa…

Skill public speaking ini tidaklah ekslusif dimilki oleh orang-orang tertentu saja, semua orang sebenarnya bisa menguasai kemampuan ini asalkan memiliki tekad yang kuat untuk mempelajarinya.

Alasan mengapa skill public speaking ini dimiliki oleh sedikit orang adalah karena sedikit orang yang mau berjuang mempelajari, berlatih dan terus meningkatkan skill ini.

Nah ngomong-ngomong soal meningkatkan skill public speaking, pas sekali kali ini saya akan membagikan beberapa tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill public speaking Anda.

1. Selalu Kuasai Materi

Salah satu tips yang sangat penting sebelum melakukan public speaking adalah menguasai materi yang akan disampaikan, jika tidak bisa 100% menguasai maka setidaknya Anda harus paham. Hal ini penting sebab bila Anda tidak menguasai materi maka bukan tidak mungkin Anda akan berakhir planga plongo dan dianggap bodoh dalam artian yang sebenarnya oleh audiens.

2. Siapkan Penampilan

Tips kedua adalah siapkan penampilan Anda sebelum muncul di depan audiens, selalu sesuaikan penampilan Anda dengan materi yang akan sampaikan. Kenapa harus? Karena mayoritas orang-orang akan melihat penampilan Anda terlebih dahulu, sebaik apapun skill Anda tapi jika penampilannya tidak sesuai pasti akan ada yang mencibirnya.

3. Siapkan Mental

Tips ketiga adalah siapkan mental Anda sebelum mulai melakukan public speaking, hal ini penting agar pikiran Anda terfokus pada materi yang akan disampaikan dan agar Anda tidak gugup.

Tapi jika awalnya sudah siap tapi tiba-tiba gugup apa yang harus dilakukan?

Gugup merupakan hal yang wajar bahkan bagi orang yang sudah sering dan biasa berbicara di depan umum, yang perlu Anda lakukan ketika gugup adalah tenangkan pikiran dan jangan tergesa-gesa.

4. Teruslah Berlatih dan Belajar

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill public speaking Anda adalah dengan terus berlatih dan belajar, baik belajar dari diri sendiri maupun belajar dari orang lain.

Jadikan kesalahan Anda dimasa lalu sebagai catatan apa yang harus Anda lakukan atau tidak lakukan dan apa yang harus Anda tingkatkan dari public speaking Anda, lalu jadikan juga public speaking orang lain sebagai perbandingan apa yang masih kurang dari public speaking Anda.

Penutup

Demikian beberapa tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill berbicara di depan umum atau yang biasa disebut public speaking, semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan terimakasih atas waktunya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA