by

Tips Membuat Program Android dengan Sederhana

KOPI, Jakarta – Industri program dapat disebutkan mulai terkenal saat iPhone mulai dikenalkan ke warga. Melalui app store, beberapa orang mulai mengenali software sebagai sisi penting dari handphone itu.

Bisa dibuktikan tidak perlu lama sampai hadirnya WhatsApp, yang dalam kurun waktu sesaat langsung jadi perusahaan besar. Trend ini semakin jadi saat timbulnya Android dan Google Play Store ke pasaran.

Tidak salah bila saat ini beberapa orang mulai memerhatikan industri program dan pengin membuat untuk mengantongi keuntungan. Tetapi itu tidak segampang yang dipikirkan.

Ada proses yang penting dilewati untuk membuat program, ditambah program yang dapat meledak di pasar dan dipakai oleh beberapa orang, seperti Go-jek, Line dan yang lain.

Untuk bikin program Android sendiri. Dan berikut sejumlah cara atau langkah membuat program Android menurut Adipati.net sendiri dengan gampang dan sederhana untuk dikerjakan. Tips Membuat Program Android dengan Sederhana

1. Buat lebih dulu idenya

Pada langkah awal saat sebelum proses pembuatan, kamu harus pikirkan dulu program apa yang ingin kamu bikin dan maksudnya. Kurang lebih dipakai untuk apa programmu ini? Apa andilnya ke warga?

Persoalan apakah yang usai dari terbentuknya programmu? Bagaimana triknya memasarkannya. Inspirasi itu perlu kamu gambar untuk memberi presentasi yang lebih kompak, masak dan luas.

2. Kerap lakukan penelitian

Untuk memberikan keyakinan idemu itu, kamu harus lakukan penelitian. Penelitian di sini bermanfaat untuk menunjukkan inspirasi yang sekalian bisa menjadi fondasi programmu. Membaca penilaian orang pada program pesaing, lakukan survey, dan beberapa hal yang lain kira-kira bisa memberikanmu info lebih.

3. Membuat program

Artinya ialah wireframe atau bikin biru dari programmu. Diolah ini, kamu tuangkan konsep-konsepmu ke dalam design, untuk memperoleh kisah yang lebih terang serta lebih bermanfaat. Hati-hatilah di step ini, sebab bila masih kurang bermutu, bukan mustahil program jadimu akan dilihat mata sebelah.

4. Membuat back end

Pada dasarnya, back end ialah pentas sisi belakang tempat kamu simpan banyak data. Pokoknya ialah program aplikasinya sendiri. Kamu dapat memakai beberapa program untuk menolong mempermudah membuat segi programming ini.

5. Melakukan uji-coba

Semestinya bila kamu telah mengakhiri step back end, program yang kamu harapkan telah berada di tanganmu. Tetapi jangan suka dahulu.

Belum pasti programmu berjalan mulus. Karenanya, kerjakan eksperimen dengan tawarkannya ke familimu. Minta ia untuk memakainya dan tanya komentarnya mengenai program itu. Disini kamu akan mengenali apa permasalahan yang kerap muncul.

6. Waktunya mendesain tampilan

Bila kamu telah lakukan eksperimen dan membuat revisi programmu, karena itu ini saat yang pas untuk mendesain penampilannya. Penampilan pemakai interface yang elok bisa tarik banyak pemakai hingga kamu harus mengibaratkannya seperti garda depan pasukanmu.

Ingat, kamu membuat program bukan untukmu sendiri, tetapi seseorang. Jadi masukan masih penting.

7. Uji-coba konektifitas back end

Diolah ini kamu kembali lagi mengetes coba programmu tetapi untuk maksud yang lain, untuk menyaksikan apa back end-mu berperan secara baik pada pemakai interface yang telah dibikin. Pengujian baterei juga perlu difungsikan untuk mengevaluasi apa programmu habiskan banyak daya atau mungkin tidak. Merevisi bila ada sesuatu hal yang tidak tepat.

8. Lakukan beta testing

Kamu semestinya telah berasa senang dengan programmu, tetapi itu untukmu, bukan seseorang. Kamu perlu tetap mengenali opini beberapa orang.

Lakukan beta testing untuk memeriksa berapa diterimanyakah programmu ini dalam masyarakat. Pasti ada opini kontra dan pro. Oleh karenanya, kamu harus pandai-pandai memfilter opini mereka untuk memperbaiki programmu saat sebelum dikeluarkan.

9. Waktunya merilis aplikasimu

Selamat, kamu telah membuat program dan ini waktunya untuk bagikannya ke beberapa orang. Sudah pasti masihlah ada beberapa cara yang penting kamu kerjakan ingat kamu juga perlu mengupdate program. Tetapi sekurang-kurangnya, sampai di sini kamu bisa berpuas diri dulu.

Bagaimana dengan panduan atau langkah membuat program Android di atas? Apa kamu tetap pengin membuat program atau menangguhkan keinginanmu itu? Ingat, hasil yang baik tidak bisa didapat secara instant.

Ada proses yang panjang dan susah untuk meraihnya. Jadi, jika kamu ingin membuat program yang betul-betul bagus, janganlah sampai kamu berserah di tengah-tengah jalan. Selamat mencobanya yaa!!!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA