by

Tips Mengikuti Pembelajaran Online Agar Tetap Maksimal

KOPI, Jakarta – Kebijakan pembejalaran online (daring) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) diyakini membuat banyak Siswa, Mahasiswa, Guru sampai Dosen keberatan, pasalnya dari dulu, kegiatan belajar mengajara selalu diadakan seperti biasa di lingkungan sekolah. Keberatan disini lebih kepada belum terbiasanya dilakukan belajar online, yang tentunya membuat banyak orang kewalahan atau tidak maksimal bahkan malas untuk mengikuti pembelajaran dari rumah saja.

Hal itu tentu tidak bisa disalahkan, karena kegiatan belajar online ini memang ada banyak sekali kendalanya, mulai dari koneksi internet di rumah yang kurang memadai, tidak adanya teman atau orang lain untuk berinteraksi, dan lain sebagainya.

Namun, anda tentu tidak bisa terus-terusan tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran online, maka dari itu, disini Pewarta-Indonesia akan membagikan beberapa tips mengikuti pembelajaran online agar tetap maksimal, tidak bosan, dan enjoy dalam mengikuti pembelajaran,

Tulis Semua Catatan Di Buku

Meskipun pembelajaran online lebih mengutamakan penggunaan Laptop atau Gadget, tetapi akan lebih baik kalau kita juga menggunakan buku sebagai media pembelajaran, kalaupun tidak untuk mencatat materi secara lengkap, paling tidak anda harus mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan, mencatat apa saja tugas yang diberikan, catatan tambahan tentang pelajaran, dan lainnya.

Dengan adanya buku, kita juga membuat seolah-olah seperti sedang ada di sekolah, jadi membuat suasan belajar menjadi lebih hidup, dibandingkan hanya menggunakan Laptop atau HP saja, dengan adanya catatan di buku juga akan mempermudah kita untuk mengikuti kelas selanjutnya.

Kalau perlu, anda bisa beli whiteboard (Papan Putih) mini untuk kebutuhan catat-mencatat info penting.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ini merupakan masalah terbesar dalam mengikuti pembelajaran online, banyak yang mengeluh karena kuota internetnya terbatas, koneksi internet tidak cepat, namun pemerintah sendiri sudah memberikan solusi bukan? Dengan memberikan bantuan kuota belajar gratis?

Jika tidak dapat, anda juga bisa membeli kuota belajar yang harganya sangat murah, seperti Paket Edukasi Indosat yang harganya hanya 5 Ribu untuk kuota sebesar 30 GB selama 1 bulan, anda bisa juga baca cara mengubah kuota belajar (jika ingin mengubah kuota tersebut agar bisa menjadi paket kuota utama)

Dengan koneksi internet yang stabil, hal ini dapat meningkatkan antusias kita dalam mengikuti pembelajaran online di rumah saja.

Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Perlu

Saat mengikuti proses pembelajaran online, kita memanfaatkan media terutama Smartphone, usahakan untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu, seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu. Anda bisa mengaturnya di Pengaturan Aplikasi, lalu nonaktifkan data untuk aplikasi-aplikasi yang ingin dinonaktifkan sementara, jadi anda hanya fokus pada kegiatan belajar online anda.

Kerjakan Beberapa Tugas Bersamaan

Saya pribadi percaya bahwa, 90% siswa ataupun guru pasti tidak akan bisa enjoy kalau kita harus mengikuti pembelajaran online setiap harinya, oleh karena itu anda harus pintar mengatur jadwal agar maksimal, terutama dalam mengerjakan tugas.

Katakanlah di hari Senin, anda mendapat tugas Pelajaran atau Mata Kuliah Matematika, lalu di hari Selasa ada tugas Bahasa Indonesia, nah 2 tugas tersebut usahakan anda kerjakan di hari yang sama, misalkan hari Jumat. Sabtu ataupun Minggu, hal ini bertujuan untuk meminimalisir agar anda tidak terus-terusan mengerjakan tugas setiap hari yang tentu akan membuat jenuh.

Jadi, mending kumpulkan dulu beberapa tugas, lalu tentukan tugas tersebut akan dikerjakan hari apa, secara bersamaan (Harinya) tidak harus sekaligus mengerjakan 2, yang penting nantinya anda tidak setiap hari mengerjakan tugas.

Itulah beberapa tips dalam belajar online #dirumahAja versi Pewarta-Indonesia, semangat belajar dan terus berkarya ya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA