by

Tanggul Jebol, Air Sungai Batang Serangan di Tanjung Pura Meluap

KOPI, Langkat – Akibat banjir kiriman dari hulu sungai, membuat debit air Sungai Batang Serangan di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, meluap, Sabtu, (26/12/2020) sekira pukul 22.00 WIB. Tingginya debit air sungai membuat beberapa titik tanggul (benteng) jebol, dan berdampak ke pemukiman warga, dan jalan lintas alternatip Sumatera Utara di Tanjung Pura, digenangi banjir, tepatnya di Jalan Patimura Desa Teluk Bakung.

Informasi dirangkum pewarta-indonesia.com, jebolnya tanggul sungai dan masuk kepemukiman warga tersebut, terjadi di Dusun Teratai Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, Langkat. Sampai malam hari ini, swasana ketinggian air mangkin meningkat, dan air sudah masuk ke Wilayah Dusun Anggrek Desa Tekuk Bakung.

Ketua BPD Desa Teluk Ibrahim, ketika dikonfirmasi mengatakan, luapan air kepemukiman warga akibat banjir kiriman dari hulu sungai. Debit air sungai lebih tinggi dari tanggul yang ada, membuat tanggul jebol, dan melintasi pasar yang berdekatan dengan sungai, dan air tersebut mengalir kepemukiman warga.

Saat ini warga dan pihak Muspika di Tanjung Pura terus berupaya membuat penanggulan (benteng) sementara, yakni dengan cara membuat benteng tanggul dari goni yang berusikan tanah. Beberapa warga dari luar tanggul sudah mewanti/mempersiapkan penyelamatan barang beharga dari rumah mereka. 

Lain pula dengan warga yang berada pemukiman didalam tangul atau Daerah Aliran Sungai (DAS), mereka sebagian sudah melakukan pengungsian ketempat tinggal mereka, ketempat keluarga yang berada diluar DAS, sebutnya Ibrahim.(reza fahlevi)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA