by

Pilih Berkarier Dimana? Corporate Vs Startup

KOPI, Jakarta – Terjangkit viralnya seri drama Korea, bagi anak muda saat ini “Start Up”. Bahkan, penggemarnya langsung memposisikan dirinya sabagai Tim Dosan atau Tim Jipyeong sebagai bukti dukungannya terhadap pemeran utama seri ini. Drama ini secara garis besar menceritakan keinginan sekelompok anak muda yang ingin mencapai kesuksesan perusahaan rintisan. Tentu saja, perusahaan rintisan adalah fenomena sangat dekat dengan anak muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Bright Future Festival” sebenarnya ada perbedaan cukup mendasar antara bekerja di perusahaan besar (corporate) dengan berkarier di perusahaan rintisan (startup). “Yang paling mendasar tentunya adalah budaya kedua tipe perusahaan ini sangat berbeda. Oleh karena itu perlu lagi aspirasi yang diinginkan dari si pencari kerja,” jelas Care Togar Manik, HR Business Parmer Zi, (11/12/2020).

Berkaitan dengan aspirasi pencari kerja berdasarkan budaya dan nilai suatu perusahaan, World Economic Forum menemukan 7 faktor penting, yaitu: Kesempatan Berkembang (67%), Kualitas Kepemimpinan (47%), Gaji dan Tunjangan (20%). Jenis Pekerjaan 15%). Kreativitas (15%). Kemajuan Karier (15%), dan Fleksibilitas (15%).

“Dari ketujuh faktor tersebut, bisa disimpulkan bahwa bekerja di perusahaan korporasi ataupun rintisan, kesempatan berkembang menduduki peringkat pertama dan menjadi faktor utama yang ditawarkan bagi karyawannya. Perbedaan faktor kreativitas dan fleksibilitaslah yang memegang peran penting di perusahaan rintisan, sedangkan nilai kualitas kepemimpinan menjadi faktor plus yang sangat menonjol di korporasi karena karyawan akan memiliki atasan yang berpengalaman di bidangnya. Jadi, sebelum menentukan ingin berkarier di mana, ada baiknya untuk mulai menentukan prioritas penting dalam hidup, karena ketika bekerja di tempat yang sesuai dengan rencana atau target masa depan, maka kamu akan bekerja dengan lebih passionate dan bersemangat,” tambah Togar.

Hari terakhir Bright Future Festival, (11/12). Mempersembahkan berbagai acara virtual menarik, termasuk sesi Webinar Greendustry Education and Skill for Sustainability Growth, bersama tiga green warriors dari Rekosistem, Cleanomic, dan SINARI serta Career Clinic, dengan melihat berbagai fasilitas serta teknologi yang dimiliki Sampoerna University.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA