by

Perbedaan College dengan University, Serupa Tetapi Tak Sama

KOPI, Jakarta – Anda pasti kerap dengar college dan university. Walaupun kerap disamakan khususnya untuk orang pemula, untuk Anda yang pengin mengenyam kuliah di luar negeri, Anda harus tahu apa perbedaan college dengan university itu.

Jika dilihat dari pengertiannya, college ialah lembaga yang sama dengan kampus tetapi tawarkan training periode pendek seperti keterampilan selaku bekal dunia kerja.

Perbedaan College dengan University

Berikut ini informasi dari pendidikanpedia.com disuguhkan beberapa ketidaksamaan antara college dan university yang sama tetapi tidak sama. Pada umumnya, College memiliki beberapa macam, yakni:

Career College

Career College sama dengan sekolah kejuruan di Indonesia. Anda akan mendapatkan bermacam training selaku penyiapan masuk dunia kerja.

Sesudah lulus Anda akan mendapatkan sertifikat, ijazah atau gelar. Waktu perkuliahannya selama dua tahun untuk sarjana dan tiga sampai empat tahun untuk master.

Community College

Jenis College ini terkenal untuk beberapa murid yang pilih tempat pengajaran tidak jauh dari tempat kerja/rumah mereka. Ongkosnya juga tambah murah dibandingkan tipe college yang lain.

Ada beberapa jalur yang dijajakan di perguruan tinggi komune ini, yang nanti akan berbuntut pada sertifikat, diploma serta gelar associate.

Bahkan juga ada feature yang memungkinkannya untuk mentransfer credit (mata kuliah yang pernah diambil) dari community college untuk diakui di perguruan tinggi atau kampus, saat seorang murid pengin berpindah dan memperoleh gelar dari perguruan tinggi yang lain.

Liberal Arts College

College ini meliputi mata kuliah sastra, bahasa, matematika, sains, dan riwayat. Tidak ada perkuliahan sekitar tehnik dan klinis di sini.Bisa disebut, college tipe ini mengutamakan ke pengajaran seni.

Saat itu, berlainan dengan college, kampus ialah lembaga pengajaran tinggi yang perolehan mahasiswanya diperlihatkan dengan gelar, tidak dari sebatas sertifikat. Program Studi yang dijajakan lebih luas dan bermacam.

Beberapa macam kampus salah satunya ialah public university (kampus negeri) di mana ongkos kuliah yang ada bisa dijamin pemerintahan pusat atau negara sisi, dan Privat University (Kampus Swasta) dengan sarana yang kadang lebih komplet, tetapi tidak bisa dijamin pemerintahan, hingga memercayakan dana pribadi, atau dapat lewat bantuan pihak ketiga.

Perbedaan dari Sisi Komunitas Sosial

Kampus sudah pasti mempunyai lebih bermacam perkumpulan mahasiswa dan club dengan berbagai macam aktivitasnya. College yang mempunyai komunitas mahasiswa yang semakin sedikit dengan usia yang lebih bermacam mempunyai club yang semakin sedikit.

College yang tawarkan gelar sarjana biasanya bekerja bersama dengan kampus. Ada banyak kampus yang memberi ijin ke college untuk memberi gelar sarjana. Oleh karenanya, mahasiswa dari college itu dapat nikmati sarana dari kampus yang memberikan ijin.

Kampus tentu saja akan memantau dan mengawasi kualitas gelar sarjana yang diberi oleh college mitra mereka, terhitung kurikulum dan tehnik edukasi.

Faktor Memilih College atau University

Beberapa fakta calon mahasiswa untuk pilih college dapat dikuasai oleh faktor-faktor. Misalkan ongkos, di mana ongkos kuliah college condong tambah murah. Factor posisi tentukan. Banyak kampus di luar negeri yang bekerja bersama dengan college lokal untuk memberi gelar sarjana.

Misalkan kampus di Inggris bekerja bersama dengan college di Indonesia untuk memberi gelar sarjana sampai dual degree. Karena itu ada pula mahasiswa yang pilih untuk kuliah dalam negeri dibanding di Inggris sebab lebih dekat sama rumah ditambah dengan ongkos kuliah dan ongkos hidup yang lebih dapat dijangkau.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA