by

Peluang Usaha Online Potensial yang Bisa Anda Lakukan di Kala Pandemi

KOPI, Jakarta – Sekitar kurang lebih setahun lalu kasus virus Covid-19 pertama kali muncul di dunia. Tak lama setelah itu virus itu menyebar luas dan menjadi sebuah pandemi di seluruh dunia. Karena pandemi tersebut pemerintah Indonesia terpaksa menerapkan PSBB.

Di PSBB ini tidak ada pelajar yang melakukan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka langsung dan tidak sedikit juga pekerja yang melakukan pekerjaannya dari rumah. Saat melakukan pekerjaan dan kegiatan belajar-mengajar dari rumah, waktu kegiatan menjadi lebih fleksibel dan Anda mendapatkan lebih banyak waktu luang daripada biasanya.

Waktu luang tersebut terbilang cukup banyak dan bisa Anda manfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya adalah melakukan usaha online dari smartphone atau komputer Anda.

Ngomong-ngomong soal usaha online, apa saja sih usaha online yang bisa kita lakukan dikala pandemi?

Di bawah ini akan saya bagikan beberapa usaha online potensial yang bisa Anda lakukan dari smartphone dan komputer Anda untuk mengisi waktu luang yang Anda dapatkan dari study from home/work from home.

1. Menjadi Content Writer

Salah satu peluang usaha yang sangat pas dikala pandemi ini adalah menjadi penulis konten lepas. Menjadi content writer membutuhkan modal yang sangat minim yaitu hanya koneksi internet dan sebuah komputer atau bahkan smartphone saja, selain karena modalnya kecil, permintaan terhadap penulis konten selalu tinggi dan stabil sehingga usaha ini merupakan sesuatu yang menjanjikan.

Sekedar tips bagi yang ingin mencoba menjadi content writer,

Biasanya pengguna jasa content writer adalah seorang blogger atau webmaster yang sibuk dengan urusan lain sehingga tidak punya waktu untuk membuat konten di websitenya, oleh karena itu jika Anda menjadi content writer maka jangan lupa untuk belajar membuat tulisan yang bagus dari segi penulisan dan juga SEO sehingga tulisan Anda bisa laku dikalangan blogger dan webmaster yang mana merupakan pengguna terbesar jasa content writer.

2. Menjadi Penjual Pulsa dan Paket Data

Peluang usaha potensial yang kedua adalah menjual pulsa dan paket data, usaha ini menjadi potensial dikala pandemi mengingat hampir semua orang menggunakan internet lebih boros dikala pandemi ini dibanding sehingga kebutuhan akan pulsa dan paket data menjadi lebih tinggi.

Untuk berjualan pulsa sendiri Anda hanya perlu menggunakan aplikasi dompet digital atau online shop saja dikarenakan kedua aplikasi tersebut menyediakan berbagai nominal pulsa dan berbagai jenis paket data untuk semua operator dengan biaya yang lebih murah dari harga konter.

Biasanya selisih harga pulsa di konter dengan harga pulsa di aplikasi dompet digital dan online shop adalah sekitar Rp 2.000, nah berarti jika Anda menjualnya seribu lebih murah dari harga konter pun sebenarnya Anda masih untung banyak dan dengan menjualnya lebih murah dari konter Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan mudah.

Meski untungnya bisa dibilang receh, tapi jenis usaha ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak menghabiskan banyak waktu sehingga keuntungan per transaksinya terbilang sangat worth dengan apa yang kita lakukan.

3. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah istilah bagi orang yang melakukan usaha dropship, dropship sendiri adalah sebuah jenis bisnis online yang simpelnya cara kerjanya adalah dropshipper menjual barang orang lain dari marketplace online kepada pembeli dengan harga yang lebih tinggi, jadi singkatnya dropship ini bisa dianggap sebagai reseller yang tidak punya stok barang.

Jadi untuk melakukan dropship Anda hanya perlu mencari barang yang sekiranya menarik dan potensial di marketplace online lalu menawarkannya kepada calon pembeli dengan harga yang lebih tinggi, dan setelah pembeli membeli barang yang kita tawarkan maka selanjutnya kita tinggal meneruskan order dan detail alamat pembeli ke seller dari barang yang kita tawarkan tersebut.

Usaha dropship ini merupakan jenis bisnis online yang paling populer dan diminati oleh banyak orang saat ini sebab modalnya bisa dibilang tidak ada sama sekali. Bahkan saking populernya jenis usaha ini, ada banyak sekali tutorial bisnis online di internet yang membahas bagaimana cara menjalankan bisnis dropship ini.

4. Menjadi Digital Artist

Bagi Anda yang punya kemampuan menggambar anime, komik, ilustrasi, dan yang sejenisnya atau mendesain logo maka menjadi digital artists adalah pilihan yang akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Dengan usaha ini, mendapatkan uang ratusan ribu per orderan client bukanlah hal yang mustahil bahkan sangat wajar, apalagi jika client Anda merupakan orang yang berasal dari negara dengan pendapatan pertahun berkali lipat lebih besar dari Indonesia.

Untuk memasarkan jasa Anda sebagai digital artists, Anda bisa memanfaatkan situs pasar online bagi freelancer untuk menawarkan jasanya seperti situs Fiverr dan/atau memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Penutup

Demikian beberapa peluang usaha online yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang dikala pandemi ini, jika ada peluang usaha lain yang menurut Anda potensial dikala pandemi ini maka silahkan utarakan di kolom komentar agar pembaca yang lain dapet mengetahuinya.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan terimakasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA