by

Microsoft Akan Menyisihkan Windows 10 32-bit

KOPI, Jakarta – Prosesor 32-bit sepertinya memang perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan. Produsen dapur pacu dan sistem operasi Komputer kini lebih fokus untuk mengembangkan produk untuk arsitektur 64-bit. Termasuk dalam hal ini perusahan OS terbesar Microsoft yang sepertinya akan meninggalkan Windows 32-bit.

Microsoft baru-baru ini sudah mengambil langkah pertamanya untuk menghilangkan dukungan dan menyisihkan sistem operasi (OS) Windows 10 32-bit. Kedepannya OS Komputer dan Laptop paling populer tersebut hanya akan mendukung OS 64-bit.

Microsoft Menyisihkan dan Menghilangkan Windows 10 32-bit?

Kemungkinan dalam pembaharuan besar-besaran Windows 10 kedepannya tidak akan lagi disertakan versi 32-bit. Alasannya terdapat dalam dokumen yang berisi syarat minimal sistem operasi untuk para original equipment manufacturer (OEM). Dikatakan bahwa dimulai pada Windows 10 version 2004, Microsoft akan menyisihkan dan tak lagi mendukung OS versi 32-bit untuk perangkat baru dari OEM.

Ini artinya dalam waktu dekat sudah tak ada lagi PC built up ataupun Laptop yang menggunakan Windows 10 32-bit. Microsoft nantinya hanya akan menyuplai OS versi 64-bit kepada OEM yang mau meluncurkan perangkat Komputer baru.

Tapi, sebenarnya ini bisa dibilang hanya sebuah langkah formalitas saja dari produsen Windows tersebut. Faktanya, semua pembuat CPU desktop yang banyak digunakan memang sudah tak lagi memproduksi prosesor 32-bit sejak lama.

Baca juga: Tips Ampuh Agar Laptop atau PC Tidak Lemot

Perlu diingat bahwa kebijakan ini tak berdampak pada pengguna yang masih menggunakan Windows 10 versi 32-bit, setidaknya untuk saat ini. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa jika anda cek bit Windows Laptop orang-orang di sekitar, masih banyak yang menggunakan Windows 10 32-bit. Microsoft tidak akan meninggalkan pelanggannya dan mengaku masih berkomitmen untuk menyediakan pembaruan keamanan dan fitur untuk perangkat-perangkat tersebut.

Selain itu, Microsoft juga masih menyediakan Windows 10 versi 32-bit lewat kanal non-OEM. Tentu saja ini sangat penting untuk mendukung berbagai jenis skenario pembaruan Windows 10. Jadi, saat anda mencoba mendownload Windows 10, maka masih ditemukan pilihan untuk 32-bit.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA