by

Panduan Cara Menggunakan WhatsApp di HP Untuk Pemula

KOPI, Jakarta – Popularitas WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan di smartphone tidak perlu ditanyakan lagi, karena faktanya, sekarang hampir tidak ditemui smartphone yang tidak ada whatsapp di dalamnya, alias semua orang yang menggunakan smartphone baik itu Android maupun iOS, mereka semua menginstall whatsapp.

Namun jangan salah, ternyata masih banyak juga yang belum tahu cara menggunakan whatsapp, kita bisa memaklumi ini jika user tersebut memang mungkin saja orang tua, anak kecil, atau memang orang yang sebelumnya benar-benar gaptek, jadi wajar-wajar saja.

Karena artikel ini merupakan Panduan menggunakan WA, maka saya tidak akan menjelaskan mengenai bagaimana langkah instalasi aplikasi Whatsapp, kalau ini, mungkin akan dibahas di postingan selanjutnya saja, di halaman ini kita fokus pada penggunaan, oke?

Cara Menggunakan Whatsapp di HP Android dan iOS

Pada dasarnya, whatsapp merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk smartphone, jadi mungkin kalau di presentasikan, 90% penggunaan whatsapp ya di HP, meskipun banyak juga yang menggunakannya di PC/Laptop. Khusus untuk cara menggunakan WA di Laptop ada di bagian bawah sub bab pembahasan ini.

Kita mulai dari HP dulu, berikut ini tutorial dasar menggunakan whatsapp.

  1. Membuka Aplikasi Whatsapp

Langkah pertama, kita harus membuka aplikasi whatsapp dulu pastinya di HP kita, klik icon aplikasi WA yang bergambar telpon hijau di daftar menu aplikasi HP kalian.

Setelah terbuka, kalian akan mendapati menu-menu seperti Chat, Status, Panggilan.

  • Chat: Digunakan untuk mengetikan pesan teks/gambar/video ke orang lain
  • Status: Untuk membuat story dan melihat story orang lain.
  • Panggilan: Menampilkan daftar panggilan yang sudah kita lakukan.

Untuk bagaimana langkah penggunaanya, silakan lanjut ke tahap 2.

  1. Melakukan Chatting ke orang lain

Jika Whatsapp kalian benar-benar baru diinstall, maka untuk memulai pesan silakan klik tombol pesan yang ada di pojok kanan bawah.

Lalu kalian akan diarahkan ke laman kontak, silakan pilih kontak yang ingin kalian chatting, klik nama kontaknya.

Setelah itu, isikan pesan teks, bisa juga memasukan gambar, video, file dan pesan suara.

Lalu untuk mengirim pesan, klik icon kirim yang berada di samping kanan kolom pengetikan pesan.

  1. Melihat status kontak HP kita

Perlu diketahui, fitur status ini memiliki syarat agar kalian bisa melihat story orang lain, dan sebaliknya, orang lain melihat story atau status yang kalian buat.

Syarat tersebut adalah kalian menyimpan nomor HP orang tersebut, dan dia pun menyimpan kontak whatsapp kalian di HP dia.

Jika salah satu dari syarat itu tidak terpenuhi, maka efeknya sudah tahu kan? Ya, kalian tidak bisa saling melihat story satu sama lain.

  1. Melakukan panggilan suara ke orang lain

Untuk memulai panggilan suara (baca: menelpon), silakan cari kontak yang ingin dihubungi, lalu klik nama kontak tersebut sampai tampil halaman chatting.

Kemudian klik icon panggilan di pojok kanan atas untuk melakukan panggilan suara dengan nomor tersebut.

  1. Mengatur aplikasi dan akun whatsapp

Whatsapp juga menyediakan banyak fitur setelan atau settings untuk mengatur akun whatsapp kita, misalnya untuk mengatur apakah foto profil akun WA kalian akan ditampilkan ke semua orang? atau hanya untuk orang yang nomornya kalian simpan saja?

Selain itu terdapat fitur penting juga mulai dari pengaturan warna background whatsapp, pengaturan font, dan lain sebagainya.

Untuk mengaturnya klik icon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan, disitu terdapat kumpulan pengaturan whatsapp.

Bagi kalian yang ingin menggunakan aplikasi whatsapp dengan fitur keren, yang tidak ada di WA biasa, bisa menggunakan aplikasi Whatsapp Mod yang memiliki fitur seperti menyembunyikan status online, menghilangkan tanda pesan dibaca, dan puluhan fitur keren lainnya.

Info tambahan juga, untuk kalian yang sedang mencari aplikasi untuk download video dari internet (Youtube dan Sosial Media) bisa menggunakan aplikasi Vidmate, lihat di postingan Pewarta-Indonesia.com sebelumnya yakni Vidmate Lama.

Itulah tutorial sederhana untuk cara menggunakan Whatsapp di HP, semoga informasi diatas bisa membantu kalian yang baru saja memakai aplikasi whatsapp di HP ya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA