by

Mengenal Septic Tank BioRich, Septic Tank Penyimpan dan Mengolah Limbah

KOPI, Jakarta – Septic Tank adalah sebuah tempat penampungan yang dipakai untuk menampung urine, feses, dan kotoran manusia lainnya yang berasal dari kloset. Di dalam Septic Tank ini urine, feses, dan kotoran manusia lainnya akan bercampur dan membuat air mengalami penurunan kualitas hingga menjadi hitam, air hitam inilah yang biasanya disebut dengan black water.

Selain untuk menampung black water, umumnya Septic Tank berguna untuk membantu peresapan limbah kedalam tanah dan mencegahnya merembes ke lingkungan sekitar.

Namun berbeda dengan Septic Tank pada umumnya, Septic Tank yang kali ini akan kita bahas merupakan Septic Tank yang bukannya membantu peresapan limbah kedalam tanah serta mencegah limbah merembes ke lingkungan sekitar, tapi malah mengolah limbah dan memfiltrasi black water agar layak untuk dibuang ke drainase publik.

Terdengar hebat bukan? lalu sebenarnya Septic Tank BioRich ini apa sih dan apa saja kelebihan serta kekurangannya?

Septic Tank BioRich

Septic Tank BioRich ini merupakan Septic Tank berbentuk tangki yang terbuat dari bahan fiberglass yang memiliki media media pengembang bakteri sehingga di dalamnya dapat terjadi proses pengolahan dan penguraian limbah oleh bakteri pengurai.

Septic Tank ini menggunakan media cell ganda yang berguna untuk menguraikan limbah dan melakukan filterisasi black water agar menjadi air yang layak untuk dibuang ke drainase publik, layak disini maksudnya adalah tidak meninggalkan endapan dan tidak bau.

Dengan adanya pengelolaan ini, air limbah tidak akan mencemari lingkungan sekitar dan aman apabila dicampur dengan air drainase publik karena air limbah tersebut sudah tidak memiliki endapan, tidak bau, dan tidak terdapat bakteri E-Coli di dalamnya.

Kelebihan Septic Tank BioRich

Kelebihan Septic Tank BioRich tentunya adalah ramah lingkungan karena tidak mencemari lingkungan sekitar maupun tanah tempat Septic Tank BioRich ini berada, hal tersebut bisa dicapai berkat kemampuannya dalam mengolah dan menguraikan limbah sehingga air limbah yang telah melalui proses penguraian dan pengolahan bisa dibuang ke drainase publik tanpa mencemari dan membahayakan lingkungan.

Kekurangan Septic Tank BioRich

Kekurangan Septic BioRich adalah harganya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Septic Tank konvensional seperti Septic Tank beton, meski begitu harganya terbilang masih cukup terjangkau dan juga harganya bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitas.

Selain itu, kekurangan lain dari Septic Tank jenis BioRich ini adalah adanya Septic Tank BioRich yang dibuat secara asal-asalan dan berkualitas rendah di pasaran, Septic Tank BioRich berkualitas rendah yang dibuat secara asal-asalan ini umumnya tidak dapat mengolah dan menguraikan limbah secara baik sehingga air limbah tetap akan berbahaya jika dibuang ke drainase publik.

Penutup

Apapun Septic Tank yang Anda gunakan, yang paling penting adalah rutin merawat dan membersihkannya dengan menggunakan jasa sedot WC lokal setidaknya 2 tahun sekali agar tidak muncul masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Maksud jasa sedot WC lokal disini adalah jasa sedot WC yang ada di daerah tempat Anda tinggal seperti misal jika Anda tinggal di Surabaya maka jasa sedot WC yang seharusnya Anda gunakan adalah jasa sedot WC Surabaya. Penggunaan jasa sedot WC lokal sendiri dimaksudkan agar biaya yang harus Anda bayar tidak terlalu tinggi akibat jarak yang terlalu jauh.

Demikian pembahasan mengenai Septic Tank BioRich yang bisa saya sampaikan, semoga bisa sedikit menambah wawasan Anda mengenai jenis-jenis Septic Tank dan dapat menambah opsi pemilihan jenis Septic Tank apabila suatu saat nanti Anda akan membangun rumah. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA