by

Ketua Komite I DPD RI Harap Kapolri Baru Dipilih Melalui Mekanisme yang Sehat

-Nasional-1,681 views

KOPI, Banda Aceh– Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi berharap Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru terpilih melalui mekanisme yang sehat dan sesuai dengan profesionalisme yang dibangun institusi kepolisian. Hal itu dikatakannya di Aceh pada Selasa, 29/12/2020 menanggapi isu penggantian Kapolri.

Fachrul mengatakan mekanisme yang sehat itu dengan melihat faktor- faktor obyektif, kecakapan dan merit sistem. Dengan mengabaikan faktor subyektif, yang menyangkut wilayah personal. 

Ia menambahkan, jika profesionalisme di institusi kepolisian yang hendak dibangun maka semua proses di dalamnya juga harus profesional. Termasuk dalam seleksi calon Kapolri. 

“Dan yang sudah terbukti profesional adalah pola dengan merit sistem. Karena mendasarkan kepada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. adil dan wajar itu berarti tanpa membedakan latar belakang pribadi dan SARA,” tukasnya.

“Indonesia sudah final sebagai sebuah negara dengan ideologi Pancasila dan mengakui kebhinekaan. Tentu harus mengabaikan unsur suku, agama, ras dan golongan. Sudah tidak ada lagi subyektifitas Jawa, Luar Jawa atau Islam atau Kristen dan sebagainya,” tandasnya.

Karena itu Senator asal Aceh ini berharap dewan jabatan tinggi di Kepolisian, maupun Presiden Joko Widodo dapat melihat dengan pendekatan obyektifitas dalam memilih calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu surat dari Presiden Joko Widodo terkait daftar nama calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.

“Komisi III hingga saat ini belum menerima informasi terkait kapan Jokowi bakal menyerahkan surat tersebut, meski masa jabatan Idham akan habis tak lebih dari sebulan ke depan,” katanya.

Sejumlah nama jenderal bintang tiga mulai muncul dalam bursa calon Kapolri, seiring masa jabatan Idham yang akan purna pada akhir Januari 2021.

Mereka diantaranya Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto hingga yang terbaru Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA