by

Ketahui Harga Pipa Air dan Berbagai Jenisnya

KOPI, Jakarta –  Harga pipa air merupakan salah satu informasi yang banyak dicari oleh masyarakat, mengingat beta tingginya kebutuhan masyarakat atas benda yang satu ini. Rasanya, memang tidak akan bisa dipungkiri bahwa pipa air memang sangat dibutuhkan oleh siapapun, dan dimanapun. Baik di rumah, maupun di tempat umum sekalipun.

Wajar jika banyak yang membutuhkan pipa air, karena benda yang satu ini memang memiliki fungsional yang sangat penting dalam hunian. Pipa tidak hanya digunakan untuk menyalurkan air bersih, namun juga untuk mengalirkan berbagai limbah rumah tangga, seperti air kotor kamar mandi.

Saat ini di pasaran pipa air terdiri dari berbagai jenis, dengan fungsi dan kegunaan masing-masing, dan tentu saja harga pipa air ini juga sangat beragam. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas berbagai jenis pipa air, serta masing-masing kegunaan pipa tersebut, agar Anda tidak lagi bingung membedakannya.

  1. Pipa Air PVC

Pipa air PVC merupakan salah satu jenis pipa air yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Harganya yang terjangkau, serta cara instalasinya yang sama sekali tidak ribet, membuat pipa yang satu ini sangat populer, dan kerap menjadi pilihan masyarakat. Pipa ini telah terbukti sangat aman digunakan untuk menyalurkan air bersih.

Pipa PVC terbuat dari bahan polivinil klorida, dan dipastikan pula bahwa pipa ini sama sekali tidak mengandung zat berbahaya, sehingga masalah keamanan pasti terjamin. Karakteristik dari pipa PVC adalah licin dan antiapi, sehingga ketahanan pipa ini juga terjamin.

  • Pipa Air PVC-O

PVC-O masih satu kerabat dengan PVC, karena itu dipastikan bahwa harga pipa airini juga terjangkau, dan terbuat dari bahan-bahan yang aman. Pipa PVC-O sebenarnya adalah perkembangan dari pipa PVC, dibuat dengan memanfaatkan metode bi-axial, yang mana hal ini memungkinkan untuk membuat ikatan antar molekul bahan baku menjadi semakin kuat.

Selain ikatan antar molekul yang kuat, PVC-O juga memiliki material sangat tipis. Dengan material tipis ini, maka memungkinkan pengguna untuk melakukan penampungan air dalam volume besar. Keunggulan lainnya, yang juga dimiliki oleh PVC-O adalah, memiliki tingkat keretakan yang sangat rendah, sehingga cocok digunakan untuk saluran jangka panjang.

  • Pipa Air CPVC

Jenis pipa air yang lainnya adalah pipa air CPVC, meskipun pipa yang satu ini juga merupakan pengembangan dari PVC, namun boleh dibilang bahwa harga pipa air yang satu ini terbilang jauh lebih mahal. Hal ini dikarenakan bahan material yang dimilikinya juga berbeda dan jauh lebih tebal.

Ketebalan yang dimiliki oleh pipa ini, berguna untuk membuatnya tahan terhadap suhu, yang bahkan lebih dari 180 derajat celsius. Melihat kelebihannya yang satu ini, pipa CPVC sangat direkomendasikan untuk Anda yang tengah mencari pipa untuk melakukan instalasi air dingin dan panas dalam rumah.

  • Pipa Air HDPE

Jenis pipa air lainnya yang juga bisa menjadi pilihan adalah pipa air HDPE. Pipa yang satu ini memiliki elistisitas yang terbilang tinggi, selain itu pipa ini juga terbuat dari plastik anti toxic. Telah dipastikan bahwa pipa jenis ini sangat aman jika digunakan untuk mengalirkan air bersih ke hunian.

Mengingat karakteristik pipa HDPE yang sangat kuat dan elastis, maka untuk Anda yang tinggal di daerah rawan bencana, curam, ataupun struktur tanah dengan kontur tidak stabil, sangat kami rekomendasikan untuk menggunakan pipa ini. Harga pipa air HDPE, sendiri cukup beragam.

Ingin produk pipa air dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin? Anda bisa membelinya di website https://www.rucika.co.id/!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA