by

Kelebihan dan Kekurangan Mediatek yang Wajib Anda Ketahui

KOPI, Jakarta – Jika di dunia perkomputeran ada persaingan legend antara Intel dan AMD maka di smartphone pun ada persaingan antara Snapdragon dan Mediatek. Uniknya lagi Snapdragon dan Mediatek ini juga mendapatkan stereotip yang tidak jauh berbeda dari stereotip yang melekat pada Intel dan AMD.

Stereotip bahwa Mediatek merupakan chipset murah dengan kualitas yang selalu dibawah Snapdragon ini mirip-mirip seperti stereotip bahwa AMD merupakan processor murah yang selalu kalah kencang dibandingkan intel.

Kita semua tahu bahwa anggapan di atas hanyalah stereotip saja dan tidak selalu benar, tapi meski begitu nyatanya masih banyak orang yang menganggap bahwa Snapdragon selalu lebih baik dibandingkan mediatek dan Mediatek selalu lebih buruk dibandingkan dengan Snapdragon.

Lalu apakah benar bahwa Snapdragon selalu lebih baik dari mediatek?

Jawaban pertanyaan tersebut sudah jelas, tentu saja Snapdragon tidak selalu lebih baik dari Mediatek dan begitu juga sebaliknya, bahkan dibeberapa level budget Mediatek berhasil mengalahkan Snapdragon.

Daripada memilih chipset dari stereotip merek, lebih baik kita memilihnya dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing merek dan hasil pengujian yang ada. Tentunya hal tersebut lebih bijak bukan?

Ngomong-ngomomg soal kelebihan dan kekurangan masing-masing merek, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari Mediatek?

Kelebihan Mediatek

Secara overall kelebihan Mediatek adalah sebagai berikut:

  • Murah. Mayoritas chipset-chipset dari Mediatek memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding saingannya yaitu Snapdragon, oleh karena itu processor Mediatek seringkali digunakan oleh smartphone-smartphone budget dengan tingkat value to performance tinggi.
  • Lebih hemat RAM. Chipset Mediatek dikabarkan menggunakan RAM yang lebih kecil untuk pemrosesan grafis dibandingkan pesaingnya Snapdragon.
  • Chipset low end yang hemat daya. Kelebihan lain dari chipset Mediatek adalah lebih hemat daya dibanding kompetitornya khususnya pada chipset-chipset low endnya, pada chipset-chipset low end Mediatek biasanya menggunakan core hemat daya lebih banyak daripada Snapdragon.

Kekurangan Mediatek

Secara overall, berikut ini beberapa kekurangan Mediatek:

  • Chipset lawasnya mudah panas. Salah satu kekurangan dari mediatek adalah chipset low end-nya yang lawas lebih mudah panas jika dibandingkan dengan chipset-chipset low end lawas Snapdragon. Tapi itu hanya dulu saja, sekarang Mediatek sudah tidak terkenal dengan panasnya lagi di chipset-chipset low end-nya.
  • Source Code-nya tidak bersifat open source. Dikutip dari sukaoinfo.com, tidak seperti Snapdragon yang memiliki source code open source dan dapat diakses di GitHub, Mediatek justru sebaliknya sehingga sebagai user kita akan lebih susah ketika ingin melakukan oprek atau modding.
  • Chipset mid end dan high end nya lebih boros daya. Jika chipset low end-nya Mediatek punya karakteristik berupa hemat daya maka sebaliknya pada chipset mid end dan high endnya, mayoritas chipset-chipset Mediatek yang berada di segmen low end dan high end kalah hemat dari Snapdragon dikarenakan fabrikasinya yang kalah kecil. Meskipun sebenarnya mayoritas chipset-chipset mid end dan high end Mediatek tidak jauh lebih boros dari Snapdragon, tapi hal ini masih bisa dihitung sebagai kekurangan dari Mediatek.

Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari chipset Mediatek jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Snapdragon. Semoga kelebihan dan kekurangan dari Mediatek yang saya tuliskan di atas bisa sedikit membantu Anda yang mungkin saat ini sedang bimbang memilih antara HP dengan chipset Mediatek atau Snapdragon.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA