by

Kenali Jenis-jenis Investasi Terbaik untuk Masa Depan

KOPI, Jakarta – Seperti kata pepatah “Hemat Pangkal Kaya”, ya! Dengan kita hidup hemat maka uang yang kita simpan akan bertambah banyak dan menumpuk di masa depan. Tetapi, hemat saja tidak cukup, karena jika hanya berhemat dengan menabung, uang yang kita kumpulkan besarnya akan sesuai yang kita kumpulkan, alias tidak ada peningkatan.

Maka dari itu cobalah untuk berpikir mengenai Investasi! Tentu saja investasi berbeda dengan menabung, karena dengan investasi, uang yang kita gunakan di masa sekarang untuk sesuatu yang kita investkan, nilainya akan meningkat di masa depan.

Contohnya, tahun ini anda membeli tanah dengan harga sekian, jika anda jual tanah tersebut 5 tahun mendatang, tentu nilai jualnya akan lebih tinggi dibanding nilai waktu anda beli tanah tersebut 5 tahun lalu, karena seperti yang kita tahu, nilai tanah memang selalu naik setiap tahun.

Namun permasalahannya, Investasi tanah juga tidak semudah yang dibayangkan, harus benar-benar mencari tanah yang potensial, karena kalau kita salah beli tanah, misalnya lokasinya yang tidak strategis, hal itu akan mempengaruhi harga tanah yang tidak bisa naik, tanah yang harganya naik biasanya yang lokasinya strategis.

Selain itu, investasi tanah juga sangat menyulitkan jika sewaktu-waktu kita ingin menjualnya, karena untuk menjual tanah itu harus bersabar dan tidak cepat.

Tapi jangan khawatir dulu, masih banyak kok jenis investasi lain yang tidak kalah menggiurkan, bahkan bisa lebih menguntungkan daripada tanah, apa saja? Yuk simak infonya.

Investasi Emas

Semua orang tentu setuju, kalau investasi inilah yang paling simpel, karena selain harganya yang terus cenderung naik (kalaupun sesaat turun, tapi biasanya akan naik lagi), investasi emas juga sangat mudah karena kita bisa menjualnya kapanpun, berbeda dengan tanah yang sangat sulit menjualnya.

Harga emas memang terus menaik, coba anda bandingkan harga emas per gram sekarang dengan harga emas per gram 10 tahun yang lalu? Wah lama berarti dong untuk mendapatkan keuntungan dari emas? Iya, karena emas memang termasuk jenis investasi yang lebih ke jangka panjang, tetapi dengan adanya kemudahan saat kita mau menual emas, investasi yang satu ini menjadi salah satu pilihan terbaik.

Keuntungan lain, emas juga tahan banting terhadap inflasi, dan secara keseluruhan memang harganya relatif stabil.

Tidak berhenti disitu, ada poin plus lagi kenapa harus investasi emas, yaitu semua orang bisa investasi emas, karena untuk investasi emas, sekarang bisa dilakukan dengan banyak cara, selain membeli emas langsung, bisa juga melalui investasi emas online di platform e-commerce, bahkan dengan nominal 10 Ribu sekalipun, anda sudah bisa investasi emas secara online, keuntungannya tentu tidak ada risiko emas anda akan hilang karena yang menyimpan bukan anda langsung.

Investasi Rumah dan Apartemen (Properti)

Jenis investasi yang satu ini adalah yang paling menguntungkan, kalau tanah, kita hanya mendapatkan keuntungan dari jual aset saja, tapi kalau ini, kita bisa manfaatkan juga untuk misalnya disewakan, jadi ada 2 sumber keuntungan pada investasi ini, yang pertama dari kenaikan harga aset rumah dan apartemen, yang kedua dari sistem sewa misalnya anda menyewakan rumah untuk kontrakan, atau apartemen juga bisa. Sekarang ini ada banyak situs properti terbaik yang bisa anda jadikan referensi sebelum mulai berinvestasi di bidang properti.

Belum lagi, rumah dan apartemen juga bisa kita gunakan sendiri, jadi sekalian untuk investasi, juga bisa memenuhi kebutuhan hidup kita, dalam hal ini tempat tinggal.

Apalagi jika anda membeli rumah atau apartemen di tengah kota, pasti kenaikan harganya cukup drastis.

Investasi Reksadana

Apa itu Reksadana? Jadi, reksadana itu semacam investasi saham, bedanya, kalau reksadana, uang yang kita investasikan akan dikelola oleh manager investasi dari platform yang kita pakai, sekarang sudah banyak platform reksadana dimana anda bisa berinvestasi melalui aplikasi saja.

Tentu berbeda dengan saham, kalau kita investasi saham, maka yang mengendalikan atas uang yang kita investasikan adalah kita sendiri, jadi bagi yang belum paham soal dunia saham, tentu akan sangat berat kalau kita harus mengelola sendiri, maka dari itu reksadana menjadi alternatif.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA