by

Ikswal Pusat Rayakan Natal dan Resmikan Gereja GIDI Elsadai di Utaga

KOPI, Jayapura – Ikatan Keluarga Besar Suku Walak (IKSWAL) Pusat mengadakan perayaan Natal sekaligus meresmikan Gereja GIDI Elsadai Utaga, di Jalan Onggabaga, Distrik Bpiri, Kampung Walakma, Rabu, 16 Desember 2020. Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SH, M.Si, dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah, Yonas Kenelak, S.Sos, memimpin langsung acara Peresmian Gereja GIDI Jemaat Elsadai di Utaga tersebut.

Masyarakat sangat antusias dengan rasa syukur dan semangat yang tinggi serta suka cita yang mendalam. Pembangunan Gereja berbentuk bangunan permanen dapat terwujud atas bantuan Pemerintah Jayawijaya, Pemerintah Mamberamo Tengah, dan tujuh kepala kampung di Distrik Bpiri. Sumbangan untuk pembangunan gereja ini juga datang dari para kader intelektual gereja dan masyarakat Elsadai sendiri serta bantuan dari semua pihak. Pengerjaan pembangunan Gereja Elsadai diselesaikan dalam kurun waktu 7 bulan.

Peresmian dilakukan dengan penguntingan pita oleh Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah, Yonas Kenelak, S.Sos. “Dengan menaikkan puji syukur, atas nama Tuhan Yesus Kristus dan Roh yang Kudus, saya akan penguntingan pita ini supaya Gereja Elsadai Utaga ini bisa dipergunakan dan dapat memuji dan memuliakan nama Tuhan kita Yesus Kristus dan memenangkan jiwa-jiwa yang banyak bertumbuh dan berakar di dalamnya. Untuk itu saya akan melakukan penguntingan pita,” kata Yonas Kenelak.

Pengguntingan pita dilakukan dengan tepuk tangan yang meriah dari semua yang hadir, yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti yang dipimpin langsung oleh Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SH, M.Si dan Ketua Klasis IWO, Pdt Lewi Gombo. Seluruh rangkaian kegiatan persemian gereja tersebut disaksikan oleh beberapa anggota DPRD dari Mamberamo Tengah, Jayawijaya, Kepala Distrik Bpiri, Hamba Tuhan, Kader dan seluruh masyarakat.

Kegiatan Natal Ikatan Keluarga Besar Suku Walak (IKSWAL) diadakan setahun sekali, setiap tanggal 16 Desember. Sementara kegiatan Natal IKSWAL Pusat Tahun 2020 ini dilakukan di Distrik Bpiri, Kampung Walakma, bertepatan dengan peresmian Gereja GIDI Elsada Utaga.

Momentum istimewa ini, selain dihadari Bupati Jayawijaya, Wakil Bupati Mamberamo Tengah dan beberapa Anggota DPRD, juga hadir tokoh-tokoh dan kader Suku Walak serta masyarakat dari empat wilayah, yakni Walak Wollo, Walak Ilugwa, Walak Mbadlima dan Walak Eragayam. Pada acara ini, sebagaimana kebiasaan masyarakat Papua pada umumnya, masyarakat melakukan pemotongan hewan 50 ekor babi yang kemudian dimasak secara tradisional Papua, yaitu barapen atau bakar batu.

Dalam perayaan Natal Ikatan Keluaga Besar Suku Walak IKSWAL Pusat sekaligus Peresmian Gereja GIDI Elsadai di Utaga, Bupati Jayawijaya Jhon R. Banua SH. M. Si dalam sambutannya ” selama terbentuknya Ikatan suku Walak ini saya belum pernah ikut kali ini baru saya bisa ikut Natal bersama sekaligus peresmian Gereja yang di bangun oleh masyarakat selama 7 bulan lebih dan juga termasuk pembangunan gedung gereja yang tercepat, sehingga saya memberikan apresiasi kepada Panitia dan Masyarakat di jemaat Elsadai, sebagai penghargaan saya akan melanjutkan lampu yang telah terpasang oleh PLN dan juga dalam waktu dekat akan kita nyalahkan dan juga untuk melengkapi kekurangan pembangunan saya akan memberikan berkat sedikit senilai Rp. 50,000,000″.

Selanjutnya Wakil Bupati Yonas Kenelak. S. Sos, dalam sambutannya ” menyampaikan pujian pertama kepada Panitia Perayaan Natal IKSWAL serta Panitia Peresmian Gereja membangun kebersamaan dan kerja keras untuk menjalankan Program gereja tidak begitu lama sesuai laporan Panitia yang saya dengar itu karena kebersamaan dan kepercayaan semua pihak, sehingga saya memberikan apresiasi serta memberikan bantuan untuk melengkapi kekurangan pembangunan senilai Rp 100, 000,000, lanjutkan dalam waktu dekat akan kita bentuk panitia MUA IKWAL imbunya Yonas Kenelak.

Dalam kesempatan kegiatan Natal IKSWAL Sekaligus dengan peresmian Gereja GIDI Elsadai di Utaga ini Firman Tuhan disampaikan Oleh, Ev. Metuben Gombo, S. Th, salah satu Anggota BPP GIDI Pusat./red. SG.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA