by

Ada Caranya! Begini Kiat Mencari Nama Bayi dengan Benar

KOPI, Jakarta – Memilih nama untuk bayi sebenarnya hal yang sangat mudah dilakukan (harusnya), mengingat referensi nama orang itu ada banyak sekali, jadi tidak sesulit ketika kita mencari nama brand atau nama perusahaan yang dimana kita harus menentukan nama sesuai dengan filosofi dan lain sebagainya.

Namun justru banyak orang yang bimbang dalam memilih nama anak, dengan banyaknya jumlah referensi nama itulah yang bukannya membuat mudah, tapi justru berbalik membuat sulit. Nah ternyata, ada trik tersendiri lho, dalam menentukan nama untuk anak bayi!

Jadi tidak sembarangan, hal ini tentu penting karena pada dasarnya, nama adalah doa, bagi anda yang sedang mencari nama bayi perempuan atau nama bayi laki-laki, yuk simak apa saja kiat dalam mencari nama anak bayi dengan benar.

Tulislah Setiap Nama yang Anda Pikirkan

Dalam menentukan nama, cobalah untuk mempertimbangkannya dengan matang, artinya harus dipikirkan dengan waktu yang cukup, jangan baru 1 hari mikir nama, langsung digunakan.

Maka dari itu buatlah sebuah catatan yang berisi kumpulan daftar nama untuk anak anda, yang terpikirkan di benak anda, semuanya tulis, untuk di kemudian hari anda lihat lagi satu per satu dan menentukan mana yang akan digunakan untuk nama anda.

Lebih bagus lagi kalau anda menuliskannya beserta alasan memilih nama tersebut, arti dari nama dan lain sebagainya.

Contoh seperti saat band Peterpan berganti nama menjadi Noah, Ariel CS mengatakan kalau sebelum memutuskan nama Noah, mereka membuat list yang berisi 40 lebih daftar nama baru, sebelum akhirnya memilih Noah sebagai nama band mereka, jadi pakai sistem gugur begitu, dari kumpulan nama yang sudah ada, yang sekiranya tidak cocok di coret, sampai tersisa 1 nama yang benar-benar anda suka dan inginkan untuk dijadikan nama anak anda.

Mempertimbangkan Nama Panggilan

Sebagus apapun nama seorang anak, sepanjang apapun namanya, ujung-ujungnya yang akan sering dipakai adalah nama panggilan, jadi pastikan kalau nama yang anda berikan, mempunyai nama panggilan yang mudah dan layak, karena tak jarang, banyak orang yang mempunyai nama bagus, tetapi susah menentukan nama panggilannya.

Jadi, nama anak yang bagus bukan hanya panjang saja, tapi juga harus mempunyai kata yang enak untuk dijadikan nama panggilan, karena nama panggilan ini juga penting.

Memastikan Arti Nama Tidak Berarti Negatif

Terkadang, sebuah nama yang bagus katakanlah menggunakan bahasa kita, tapi ternyata jika diartikan dengan bahasa lain, artinya jelek dan mengandung unsur negatif, jadi pastikan jika anda memilih nama untuk anak, arti dari nama anda ini baik dalam segala bahasa. Manfaatkanlah internet untuk mencari arti nama yang ingin anda berikan, anda bisa mencari arti sebuah nama secara luas melalui internet.

Nama Mempengaruhi Rasa Percaya Diri Anak

Jangan salah! Seorang anak juga ada yang suka dan ada yang tidak suka dengan nama yang diberikan padanya, bahkan nama juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seorang anak lho! Maka dari itu jangan memberi nama anak bayi anda dengan nama yang aneh, nama yang membuat anak menjadi tidak percaya diri di masa depan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, ada seorang anak bayi yang diberi nama salah satu merk mobil terkenal, tentu saat anak besar nanti, ada kemungkinan ia tidak akan percaya diri, berbeda dengan waktu masih bayi, nama bukanlah menjadi masalah bagi sang anak.

Jangan Memilih Nama yang Susah Dilafalkan

DI Indonesia, cenderung banyak yang susah untuk melafalkan sebuah kalimat yang ribet, apalagi nama untuk seorang anak. Bahkan Psikolog Adam Alter yang berasal dari New York University pun mengungkapkan hal yang mana intinya, kita lebih menyukai nama yang mudah dipahami oleh otak. Coba anda perhatikan merk brand-brand perusahaan terkenal di Dunia, rata-rata namanya mudah diingat, mudah dilafalkan, hal ini juga sama seperti jika kita ingin memberikan dan mencari nama untuk anak.

Demikianlah beberapa tips kiat mencari nama untuk anak, tentu saja masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan, mulai dari pendapat orang tua, saudara dan lain sebagainya, anda juga bisa berkonsultasi dengan mereka untuk pemilihan nama anak bayi anda agar lebih banyak doa yang terpikirkan oleh orang lain juga.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA