by

Alasan Pentingnya Sedot WC Secara Rutin

KOPI, Jakarta – Di jaman sekarang ini WC bukanlah hal yang langka lagi bahkan sudah menjadi hal yang sangat umum ada di setiap rumah-rumah. Meski begitu sayangnya banyak orang yang menggunakan WC di rumahnya namun masih belum menyadari betapa pentingnya menyedot Septic Tank secara rutin.

Padahal membersihkan dan merawat rumah seharusnya menyeluruh dan bukan dibeberapa bagian saja. Namun seringkali kita hanya membersihkan dan merawat kamar mandi serta WC saja tanpa pernah memperhatikan Septic Tank meski sudah digunakan berpuluh-puluh tahun sekalipun.

Masalah Akibat Tidak Rutin Membersihkan Septic Tank

Sejatinya Septic Tank harus kita bersihkan secara rutin setidaknya 2 tahun sekali dengan cara menyedotnya agar tidak menimbulkan masalah-masalah berikut ini yang dapat menganggu dan membuat repot dikemudian hari.

1. Septic Tank Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Masalah pertama yang biasanya timbul akibat Septic Tank penuh dan tidak kunjung dibersihkan adalah munculnya bau tidak sedap dari Septic Tank.

Bau tidak sedap ini biasanya akan muncul setelah WC dipakai untuk buang air besar (BAB) dan Septic Tank sudah dalam keadaan penuh dan perlu dibersihkan, bau yang dihasilkan biasanya cukup parah dan menyebar luas ke penjuru rumah apabila septic tank berada di dekat rumah, tentunya hal ini sangat menganggu dan memalukan apabila sedang ada tamu di rumah.

2. WC Mampet

Masalah yang selanjutnya kerap muncul ketika Septic Tank sudah penuh adalah mampetnya saluran WC ke Septic Tank. Masalah ini merupakan masalah yang sangat menganggu pengguna WC karena butuh waktu lama untuk menyiram WC ketika sehabis buang air kecil atau buang air besar.

Ketika sudah mengalami hal ini, sangat disarankan untuk segera memanggil jasa sedot WC daerah setempat seperti contohnya jasa sedot WC Surabaya untuk segera menyedot Septic Tank Anda agar masalah WC mampet yang menggangu ini bisa segera teratasi.

3. Air Sekitar Septic Tank Tercemar

Masalah selanjutnya yang timbul apabila Septic Tank Anda penuh adalah tercemarnya air yang ada di sekitar Septic Tank, hal ini disebabkan oleh merembesnya isi Septic Tank ke tanah akibat Septic Tank yang penuh, kondisi ini bisa lebih parah lagi apabila Septic Tank Anda kualitasnya kurang bagus sehingga isi Septic Tank lebih mudah merembes.

Jika lokasi Septic Tank berada tidak jauh dari sumur maka sudah sepatutnya Anda segera menyedot Septic Tank hingga bersih dan melakukannya secara rutin agar tidak mencemari air sumur.

Penutup

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa sedikit menambah pemahaman mengenai pentingnya membersihkan Septic Tank agar tak menimbulkan masalah yang menggangu dikemudian hari. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, sekian dan terimakasih telah menyempatkan waktu Anda untuk membaca artikel ini. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA