by

Ada yang Hilang di Masa Pandemi Covid-19 Mendera

KOPI, Jakarta – Pandemi covid-19 sudah hampir satu tahun melanda dunia termasuk indonesia. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dengan adanya virus ini. Salah satunya adalah kegiatan pembelajaran di sekolah. Seperti kita ketahui bersama saat ini kegiatan sekolah dilakukan secara online dan tatap muka dengan mematuhi aturan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti yang telah diamanatkan oleh undang-undang, sekolah menjadi sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. profesi yang ada di lingkungan sekolah adalah Guru. dengan adanya virus ini, membuat kita sadar, bahwa kegiatan mendidik dan belajar tidak sepenuhnya dapat tergantikan oleh komputer maupun gadget.

Pendidikan Karakter yang didalamnya ada pendidikan tentang akhlak dan disiplin hanya bisa diterapkan melalui teladan, latihan, dan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus. “Untuk bisa berenang tentunya syarat utamanya harus menceburkan diri ke air, tidak cukup dengan kata-kata atau retorika”.

Suasana sekolah sebelum pandemi

Mari kita berdo’a semoga pandemi ini segera berakhir. Sehingga suasana anak bangun pagi di rumah, cium tangan orang tua ketika berpamitan, melihat anak rapih mengenakan seragam tanpa memandang perbedaan, dan kecerian anak-anak ketika pergi ke sekolah dapat hadir kembali di kehidupan kita. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

WARTA MENARIK LAINNYA