by

5 Tips Memilih Helm Berkualitas Terbaik

KOPI, Jakarta – Bagi pengendara sepeda motor pastikan selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan, terutama memakai piranti helm.

Baik untuk pengendara maupun penumpang sepeda motor, menggunakan helm merupakan suatu kewajiban. Hal ini telah di atur oleh UU No. 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan serta lalu lintas.

Selain itu tips memilih helm berkualitas sangatlah di rekomendasikan, lantaran untuk menghindari sanksi ketika berkendara di jalan raya. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis helm yang di pasarkan, mulai helm full face, helm half face dan helm standart biasa.

Bahkan macam helm full face pun kini beraneka ragam mulai dari corak unik, warna, hingga gambar helm sebagai fashionable.

Di samping itu sangat penting sekali memperhatikan tips memilih helm berkualitas terbaik, agar tetap aman serta nyaman ketika di gunakan untuk berkendara. Ingin tahu, apa tips jitu beli helm berkualitas? simak ulasan di bawah ini sobat pewarta.

5 Tips Memilih Helm Yang Benar dan Tepat

Di lansir dari laman situs otoberita.com ada 5 tips yang perlu anda simak baik-baik saat membeli helm berkualitas, agar tidak kena sanksi di jalan raya.

1. Pilih Helm Berlabel SNI

Helm Label SNI
Helm Label SNI

Sudah menjadi suatu kewajiban dalam mengendarai sepeda motor pakai helm, yang mana salah satu syarat agar tidak di tilang oleh polisi. Terlebih saat beli helm berkualitas murah, pastikan sudah memiliki label SNI (Standart Nasional Indonesia).

Biasanya label ini terdapat di bagian bawah sisi belakang berbagai macam helm entah itu tipe full face maupun half face sekalipun. Terkadang label SNI ada yang berupa emblem timbul ada pula yang bentuk stiker.

Maka dari itu jelilah dalam membeli helm berkualitas meski di banderol harga murah meriah Rp 150 ribuan. Selain SNI, ternyata ada helm yang memiliki label DOT (Department of Transportation), yang mana label ini merupakan standart luar negeri alias produk luar negeri.

2. Pilih Helm Sesuai Ukuran Kepala

Selain mengenai label helm, tips memilih helm berkualitas yaitu sesuaikan dengan ukuran kepala. Pastikan jangan sampai terlihat kecil ataupun kebesaran, jadi yang pas saja sobat pewarta.

Sebab kenyamanan dalam berkendara bisa di nilai dari penggunaan helm yang tepat dan benar. Bahkan bila pilih helm sesuai ukuran kepala, tentu tidak akan mengganggu konsentrasi saat mengendarai sepeda motor.

Di Indonesia, macam helm yang di pasarkan ada ukuran yang bisa di pilih mulai dari paling kecil S, M, L dan paling besar ukuran XL. Upayakan mencoba helm terlebih dahulu, cocok atau pas tidaknya, sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Tips memilih helm berkualitas nomor tiga ini memang banyak yang keliru. Sebab pembeli helm di toko helm terpercaya tidak mementingkan soal kebutuhan, melainkan soal fashionable helm.

Misalnya saja pengendara jarak jauh atau touring yang ingin tampil keren dan trendi masa kini lebih memilih helm bogo atau helm standart biasa. Padahal sangat di rekomendasikan pecinta touring wajib pakai tipe helm full face agar dapat secara sempurna melindungi kepala.

Pasalnya helm full face sangat cocok di pakai oleh pengendara motor sport maupun motor trail. Jadi soal helm bogo atau helm half face cocok di pakai untuk pengendara motor bebek atau matic.

Sehingga sebaiknya di pakai untuk motor harian saja, misalnya ke kantor atau kampus. Selain desain helm yang simple juga nyaman di pakai.

4. Pilih Helm Yang Ada Strap

jenis strap helm
jenis strap helm

Tips memilih helm berkualitas selanjutnya ialah yang sudah di lengkapi dengan strap atau tali pengikat dagu di helm. Upayakan anda mencari helm berfitur strap yang tidak mencekik ataupun terlalu longgar.

Namun di setiap model helm SNI strap nya sudah di lengkapi pengaturan yang bisa di sesuaikan. Pastikan tali pengikat memiliki kualitas yang bagus dan kuat, tujuannya agar tidak mudah putus. Hal ini pengaruh sekali pada keamanan ketika berkendara di jalan raya.

5. Pilih Helm Punya Perlindungan Ekstra

Diketahui beberapa helm berkualitas harga mahal telah di sematkan fitur perlindungan ekstra, seperti gembok atau tali pengaman helm. Jadi alat itu berfungsi sekali untuk keamanan helm ketika di parkiran motor.

Akhir Kata

Itulah 5 tips jitu memilih helm berkualitas di toko helm terpercaya. Pastikan sobat pewarta Indonesia membacanya dengan teliti dan di pahami secara betul-betul.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA