by

4 Tips Membuat Makalah yang Wajib Diketahui

KOPI, Jakarta – Membuat makalah adalah salah satu jenis tugas yang seringkali pengajar berikan pada para mahasiswa, Meskipun begitu masih banyak mahasiswa yang mudah bingung dan stres ketika mengerjakan tugas jenis ini.

Apalagi bagi yang tidak terbiasa menulis dan juga jarang membaca. Menulis makalah akan terasa sangat sulit dan membuat gampang stres pikiran dan sulit mendapatkan ide atau inspirasi. Alhasil, yang ada hanya buntu saja.

Namun bagi mahasiswa yang sudah mahir dan terbiasa membuat makalah, mereka bisa mengerjakan makalah seperti layaknya tugas pembuatan makalah merupakan hal yang mudah.

Hal itu biasanya disebabkan karena para mahasiswa yang sudah terbiasa membuat makalah mempunyai tips-tipsnya sendiri dalam memudahkan proses pembuatan makalah, dan biasanya tips-tips tersebut mereka dapatkan dari pengalaman-pengalaman yang mereka punya.

Nah, pada kali ini saya akan membagikan beberapa tips-tips membuat makalah yang saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri yang menurut saya perlu untuk Anda para mahasiswa ketahui, tapi karena ini tips yang berasal dari saya sendiri jadi apabila tips-tipsnya dirasa cocok untuk Anda gunakan maka silahkan gunakan dan apabila tidak maka tidak usah gunakan. Oke, berikut ini tips-tipsnya:

1. Sesuaikan makalah dengan apa yang pengajar inginkan

Jika ingin mendapatkan nilai yang tinggi maka salah satu caranya adalah menyesuaikan makalah Anda nantinya dengan keinginan dari pengajar. Biasanya ada pengajar yang menginginkan makalah yang jelas dan padat, lalu ada yang menginginkan makalah yang panjang atau lebih mementingkan kuantitas (biasanya jenis pengajar yang ini menentukan minimal kata untuk tugas makalahnya), jadi jangan sampai membuat makalah yang dipaksakan panjang-panjang untuk jenis pengajar yang menginginkan makalah yang padat dan jelas atau sebaliknya.

2. Mengutip dengan benar

Tips selanjutnya adalah apabila Anda perlu mengutip suatu referensi maka kutiplah dengan benar agar tidak terdeteksi plagiat yang akhirnya dapat menyebabkan tugas Anda tidak diterima oleh pengajar. Selain agar terhindar dari masalah plagiasi, mengutip dengan benar bisa Anda manfaatkan untuk membuat makalah terlihat lebih ilmiah dan bisa juga dimanfaatkan untuk menambah panjang makalah apabila makalah Anda ditentukan minimal panjangnya.

Untuk teknik mengutip sendiri ada yang secara langsung yaitu dengan menggunakan tanda baca kutip lalu di akhir disertakan sumber dan ada yang secara tidak langsung alias menggunakan teknik parafrase lalu di akhir disertakan sumber, dari kedua teknik tersebut teknik parafrase merupakan teknik yang paling saya rekomendasikan untuk Anda gunakan.

Lalu untuk sumber referensi yang Anda kutip sendiri pastikan merupakan sumber yang kredibel dan bukan artikel Wikipedia atau blog pribadi.

3. Jangan Kerjakan Makalah Sesuai Urutan Tahapan

Dikutip dari Tambahpinter, struktur makalah yang benar adalah sebagai berikut:

Bagian Pembuka

  1. Sampul
  2. Kata Pengantar
  3. Abstrak
  4. Daftar Isi

Bagian Isi

  1. Bab I Pendahuluan
  2. Bab II Pembahasan
  3. Bab III penutup

Bagian Penutup

  1. Daftar Pustaka
  2. Lampiran

Menulis makalah memang harus sesuai urutan struktur tapi mengerjakannya tidak harus sesuai urutan struktur. Biasanya setelah menulis judul, kata pengantar dan daftar isi, saya akan mengerjakan terlebih dahulu bagian isi berupa pendahuluan, pembahasan, dan penutup pembahasan terlebih dahulu baru kemudian mengerjakan bagian pembuka berupa abstrak.

Kenapa begitu?

Karena abstrak merupakan isi rangkuman dari makalah Anda sehingga apabila belum selesai mengerjakan bagian isi maka Anda hanya akan kebingungan saja ketika mencoba menulis abstrak, apa yang mau Anda rangkum bila bahan rangkumannya saja tidak ada, begitulah kira-kiranya.

4. Membaca kembali makalah yang telah selesai dikerjakan

Membaca kembali makalah yang telah diselesaikan merupakan tips yang menurut saya harus siapa saja gunakan, dengan membacanya kembali secara secara keseluruhan Anda dapat mendeteksi kesalahan penulisan yang ada di makalah Anda dan memperbaikinya sehingga makalah tersebut sudah tidak ada kesalahan ketika diserahkan kepada pengajar.

Penutup

Demikian keempat tips-tips membuat makalah yang bisa saya sampaikan, semoga bisa sedikit membantu Anda yang saat ini sedang merasa pusing mengerjakan tugas makalah dari pengajar Anda.

Apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan, sekian dan terimakasih atas sedikit waktu yang Anda sempatkan untuk membaca artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA