by

Xiaomi Siap Luncurkan Mini PC Ningmei Rubik Seukuran Telapak Tangan

KOPI, Kediri – Rupanya, Xiaomi tidak hanya bermain di arena bisnis smartphone saja. Sebelumnya, pabrikan raksasa teknologi China tersebut membuat robot pembersih debu yaitu Mi Mijia.

Xiaomi tidak berhenti sampai di situ saja, malah semakin memperlebar jangkauan bisnisnya ke ranah lain, yaitu PC. Xiaomi dikabarkan tengah menghadirkan perangkat PC mini seukuran rubik.

Namanya, Mini PC Ningmei Rubik. Perusahaan tengah menggalang dana yang dilakukan secara crowdfunding di negeri Tirai Bambu tersebut. Sesuai namanya, PC mini Ningmei Rubik ini hadir dalam desain kubus layaknya sebuah rubik.

Uniknya, Mini PC ini memiliki ukuran hanya selebar telapak tangan manusia dewasa, dengan ukuran 62x62x42 mm.  

Perangkat PC kecil ini hadir dengan prosesor Intel Celeron J4125 empat-inti dengan kecepatan 2,7 GHz yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 6 GB dan 8 GB. Memori internalnya pun menggunakan SSD M.2 seluas 128 GB dan 256 GB.

Pada bagian belakangnya terdapat port HDMI yang bisa memungkinkan pengguna untuk menyambungkannya dengan monitor maupun proyektor beresolusi hingga 4K. Ditambah lagi dua port USB-A 3.0 dan sebuah port USB-C.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Ningmei Rubik ini juga dilengkapi port jack audio 3,5 mm dan sebuah tempat untuk kartu microSD pada bagian samping Ningmei Rubik, sebagaimana yang dilansir dari Gizmochina.

Xiaomi juga telah menyediakan konektivitas WiFi 2,4 GHz/5 GHz serta fitur Bluetooth. Hingga kini, perangkat Ningmei Rubik ini baru tersedia di laman crowdfundung Xiaomi Youpin. Mini PC Ningmei Rubik dibanderol harga sebesar 999 Yuan atau jika dikonversikan ke rupiah setara Rp 2,1 jutaan untuk Mini PC RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Mini PC Ningmei Rubik

Sedangkan untuk Mini PC Ningmei Rubik dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol harga sebesar 1.349 Yuan atau setara Rp 2,9 jutaan jika dikonversi ke mata uang rupiah.

Namun, hingga kini, Xiaomi belum memberikan informasi resminya yang lebih detail lagi terkait apakah perangkat ini bakal dijual secara global atau hanya dijual untuk pasar dalam negeri saja.

Kehadiran perangkat Xiaomi Mini PC Ningmei Rubik ini kemungkinan bakal menjadi gebrakan baru dalam arena perangkat komputer PC. Ke depannya, akankah Mini PC Ningmei Rubik ini bakal menarik perhatian pasar? Kita tunggu saja perkembangannya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA