by

Permintaan Brand Indonesia Meningkat pada Festival Belanja Global Alibaba 11.11

KOPI, Jakarta – Produk perawatan pribadi dan suplemen kesehatan adalah dua dari sejumlah jenis produk yang paling diminati pada Festival Belanja Global 11.11 Alibaba tahun ini. Kedua produk tersebut membentuk bagian besar dari produk internasional yang dibeli oleh konsumen Tiongkok.

Presiden Direktur PT. Kino Indonesia, Tbk, Harry Sanusi, mengatakan bahwa pihaknya sedang memperluas target pasar di tataran internasional. “Memperluas target ke pasar global merupakan misi kami. Terlepas dari banyaknya tantangan yang kita semua hadapi di tahun ini, kami puas atas pertumbuhan yang kami alami pada 11.11 Global Shopping Festival Alibaba tahun ini. Tmall Global, sebagai salah satu pintu masuk utama ke pasar Tiongkok, memberikan kami banyak manfaat dimana kami dapat mempertahankan dan meningkatkan performa kami di pasar Tiongkok,” ungkap Harry.

Dari pengalaman perusahaannya, tambah Harry, pihaknya melihat tingginya minat konsumen terhadap produk perawatan rambut mereka. Demikian juga terhadap produk perawatan pribadi lainnya yang diproduksi Kino Indonesia turut meningkat secara signifikan.

“Dari insight ini, kami semakin percaya diri bahwa inovasi-inovasi kami telah berhasil diterima dan mendapat kepercayaan di hati konsumen, bukan hanya di pasar Indonesia namun juga global. Bagi brand asal Indonesia yang merencanakan untuk meningkatkan peluangnya di pasar luar negeri, pasar Tiongkok memiliki potensi yang tidak dapat diabaikan,” imbuh Harry optimis.

Di lain pihak, salah satu produsen suplemen kesehatan Indonesia, XIAONIAO, yang untuk pertama kalinya berpartisipasi pada Festival 11.11 di tahun ini, telah merasakan hasil yang memuaskan melalui pemanfaatan livestreaming. “Berpartisipasi pada 11.11 Alibaba tahun ini merupakan strategi yang tepat bagi kami. Setelah XIAONIAO menjadi brand sarang burung Indonesia pertama yang telah diluluskan oleh pemerintah Tiongkok untuk export ke negara Tirai Bambu ini pada tahun 2011, brand kami sudah dikenal oleh para supplier-supplier besar melalui penjualan wholesale. Maka itu, dengan perkembangan pesat dunia digital, tahun ini kami ingin lebih fokus untuk menjangkau pasar online retail – dan platform Alibaba telah memfasilitasi tujuan ini,” kata Dr. Boedi Mranata, CEO of XIAONIAO.

Dari pencapaian ini, lanjut Boedi, ia melihat bagaimana keunikan produk kesehatan Indonesia dapat menjadi hal yang baik di pasar Tiongkok, dimana kesadaran konsumen atas kesehatan semakin meningkat dengan adanya keinginan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dikarenakan pandemi Covid-19 tahun 2020 ini. “Kami percaya produk-produk kesehatan tradisional dan sudah mendarah-daging bagi konsumen Tiongkok seperti sarang burung maupun tipe produk kesehatan yang bersifat lebih modern/innovatif, akan mendapatkan manfaat positif ketika menerobos pasar online Alibaba,” pungkas Boedi. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA