by

Pembicara Jurnalistik Paling Mengesankan, Siapakah Dia?

KOPI, Jakarta – Seminar tidak hanya perihal politik dan keuangan saja, melainkan ada juga tentang jurnalistik. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kalimat yang satu ini. Akhir-akhir ini jurnalistik memang tengah menjadi perbincangan karena dirasa keren untuk menjadi sebuah pekerjaan.

Mengenal Lebih dalam Perihal Jurnalistik

Jurnalistik sendiri jika dibahasakan secara sederhana adalah berbagai kegiatan yang menyangkut media massa, entah itu surat kabar, reporter, wartawan, dan semua yang menyangkut pemberitaan. Publikasi adalah hal yang selalu dilakukan oleh para jurnalis.

Tidak hanya itu, orang jurnalistik merupakan pribadi yang harus pandai dalam menganalisa, mencatat, melaporkan berita sesuai kebenarannya. Bukan malah membuat berita bohong, karena jurnalistik lah titik tumpu masyarakat untuk selalu update segala bentuk berita terbaru.

Bahkan, website sekelas zamhari.website juga ikut memberi arahan terkait jurnalistik agar semua orang paham dan bisa menjalankannya.

Syarat Menjadi Pembicara Jurnalistik yang Handal

Apa ada diantara Anda yang ingin menjadi seorang pembicara yang pandai dalam bidang jurnalistik? Jika iya maka latihlah mulai dari sekarang. Syarat ini tentu saja bukan hanya berlaku di bidang ini saja, bahkan seorang pembicara internet marketing, pembicara pendidikan dan lainnya juga harus memiliki syarat ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan acuan apa saja syarat yang harus dilengkapi untuk menjadi seorang jurnalis handal:

  1. Berpikiran Terbuka dan Berwawasan Luas
    Tak bisa dipungkiri, seorang jurnalis haruslah seorang yang pandai. Bukan hanya dalam hal berargumen saja, namun segala aspek dari politik, sosial, maupun budaya semua harus dikuasai dengan baik. Wawasan yang luas bisa menjadi bekal kuat bagi seseorang untuk bisa maju.
    Mempunyai pikiran terbuka bukan berarti membenarkan semua hal, namun mampu menerima dan memandangnya dari sisi yang lain. Dengan kedua bekal ini, Anda pun bisa menjadi seorang jurnalis yang mampu menghadapi narasumber dengan latar belakang berbeda-beda.
  2. Kritis dalam Berpikir dan Bertindak
    Rasanya tidak mungkin bisa menjadi jurnalis apalagi seorang pembicara jika pola pikir saja masih dangkal. Seorang jurnalis yang profesional harus bisa memikirkan segala resiko ke depan, untuk itu haram bagi mereka menelan informasi secara mentah-mentah.
    Insting untuk berpikir lebih kritis selalu dominan dalam diri seorang jurnalis sehingga mampu mengungkap, mengklarifikasi sebuah kasus dengan baik. Bahkan mampu membuat orang lain menjadi sangat tertekan jika berani melakukan kebohongan di depan seorang jurnalis.
  3. Peka Terhadap Hal-hal Kecil
    Selanjutnya, jika ingin menjadi seorang jurnalis profesional mulailah untuk lebih peka terhadap hal-hal sekitar Anda. Ini dimaksudkan agar saat terjun di masyarakat, mereka mampu memperhatikan isu-isu yang dianggap remeh oleh pemerintah padahal itu akar kasus besar.
    Dengan begitu, seorang jurnalis mampu menuangkannya ke dalam bentuk video, tulisan, maupun media lainya. Itulah salah satu tugas penting seorang jurnalis yang sering dianggap remeh oleh masyarakat dan orang lain, padahal di tangan dialah semua bisa dibutakan.
  4. Kemampuan Public Speaking yang Baik
    Menjadi seorang pembicara jurnalis pastinya sudah dilatih dengan kemampuan public speaking yang baik. Karena setiap harinya selalu terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang dengan berbagai macam asal atau latar belakang dan mengharuskan mereka untuk cepat beradaptasi.
    Dengan begitu, saat menjadi seorang pembicara tentu bukanlah hal yang sulit lagi. Adanya jumlah audiens sebanyak apapun Anda tidak akan merasa grogi karena sudah sering terjun langsung, maka tidak perlu lagi ada yang dikhawatirkan berlebihan.
  5. Rapi dalam Berpenampilan
    Mungkin ini adalah syarat dari beberapa orang saja, tidak semuanya setuju. Namun tetap saja menjadi seorang pembicara jurnalistik ataupun saat berada di lapangan. Anda dituntut untuk selalu berpenampilan rapi untuk memberikan citra positif juga bagi orang yang melihat.
    Penampilan rapi akan membuat lebih dihargai oleh orang. Apa salahnya bersikap demikian, toh itu juga untuk mempermudah pekerjaan. namun tentu saja kembali lagi pada orangnya. Jika dirasa tidak nyaman sebaiknya jangan dilakukan, karena unsur terpaksa selalu tidak baik.
    Cara Menjadi Pembicara Jurnalistik Profesional
    Namun ada banyak juga seorang jurnalis yang belum percaya diri untuk menjadi seorang pembicara untuk mengisi banyak kelas atau semacam seminar. Padahal akan sangat bagus jika mau membagi ilmunya pada mereka yang tertarik dengan dunia jurnalis. Berikut ulasannya:
  6. Menentukan Tema Materi
    Pertama, salah satu tips agar bisa menjadi seorang pembicara handal adalah dengan menentukan tema dari materi yang akan dibawakan. Ketika sudah ditunjuk untuk mengisi sebuah kelas, Anda pasti diberi tau oleh panitia konsep acara masing-masing.
    Mudahnya lagi, sebagai langkah awal sesuaikan saja materi yang akan dibawakan dengan konsep acara tersebut. Luangkanlah waktu walaupun sejenak untuk merenungkan jalan materi, kesesuaian dengan audiens, agar pada akhirnya penjelasan sampai tepat sasaran.
  7. Aktif Berkomunikasi dengan Audien
    Menjadi seorang pembicara bukan berarti Anda harus selalu berbicara di depan, tidak semua waktu harus terisi dengan suara Anda saja. Mengajak audiens untuk berkomunikasi adalah salah satu syarat menjadi pembicara jurnalis yang hebat dan profesional.
    Audiens juga akan merasa dihargai jika diajak berkomunikasi walaupun tidak intens. Kemudian setelah materi selesai disampaikan ada baiknya Anda mengajak mereka untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi ilmu yang berguna.
  8. Mengetahui dengan Siapa Berbicara
    Sepertinya untuk soal ini seorang jurnalis sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Karena di keseharian saja sudah banyak beradaptasi dengan berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, tinggal meningkatkan kepercayaan diri saja secara berkala.
    Itulah beberapa poin penting agar Anda berani untuk menjadi seorang pembicara jurnalis. Karena memang sudah banyak pengalaman, tinggal mengumpulkan keberanian saja agar bisa terus melangkah maju, hingga akhirnya berhasil menjadi seorang pembicara handal.

Jika Anda menginginkan pembicara jurnalistik, Anda bisa menghubungi Zamhari di nomor WA 081283077972

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA