by

Peluang Bisnis Rumahan Tanpa Modal

KOPI, Jakarta – Memiliki bisnis sendiri yang menghasilkan dan bisa dijalankan dari rumah adalah impian banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang mencari peluang bisnis rumahan ini. Tidak terkecuali dengan Anda, benar?

Saat ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu dimana perkembangan internet semakin massif dan penetrasi smartphone semakin menjadi-jadi. Dan kita pun sering mendengar ibu-ibu yang punya penghasilan jutaan rupiah tanpa keluar rumah atau mahasiswa yang sibuk kuliah tapi punya penghasilan jutaan rupiah cuma modal gadget tanpa punya produk fisik atau karyawan yang di tengah kesibukannya bekerja tapi masih bisa punya penghasilan sampingan jutaan rupiah lewat bisnis online.

Saya tidak tahu apa profesi Anda saat ini. Tapi apapun profesi Anda, saya yakin Anda ingin memiliki bisnis sendiri di rumah yang bisa tetap menghasilkan sambil Anda mengerjakan tugas utama Anda entah sebagai ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan atau yang lainnya.

Namun, sebelum Anda benar-benar memiliki bisnis rumahan idaman Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum benar-benar terjun merealisasikan usaha yang menjanjikan di tahun ini menjadi bisnis yang menghasilkan uang untuk Anda. Baca Juga: Pengertian Peluang Usaha : Ciri dan Contohnya

Berikut 3 Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis Rumahan.

Persiapan yang paling utama adalah kesiapan mental

Anda perlu mempersiapkan mental dengan baik karena yang namanya bisnis, pasti ada resiko gagalnya. Sehingga jika suatu saat amit-amit Anda mengalami kegagalan, Anda tidak jatuh terperosok ke dalam lubang yang dalam. Dengan mental yang kuat, Anda akan mampu untuk segera bangkit dan memulainya kembali dengan lebih baik.

Persiapan kedua adalah mindset yang tepat

Pada dasarnya, hampir semua jenis bisnis memerlukan biaya baik besar ataupun kecil. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mempelajari dengan seksama peluang bisnis yang ada di hadapan Anda. Anda harus bisa menangkap peluang sekecil apapun jika itu memang prospektif untuk digarap. Namun jika tidak, Anda harus mencari peluang lain yang benar-benar bagus untuk Anda jalankan.

Baca Juga: 18 Tips Cerdas Berpromosi dengan Dana Terbatas

Yang terakhir adalah take action

Jangan kelamaan berpikir karena kebanyak berpikir biasanya akan membuat kita enggan untuk bergerak. Gunakan insting dan daya analisa Anda. Jika menurut Anda baik, why not? Anda baru tahu bisnis tersebut prospektif atau tidak setelah Anda jalankan. Betul??

Nah sekarang, bisnis apa saja yang bisa Anda jalankan dari rumah? Berikut beberapa opsi yang mungkin bisa jadi pilihan terbaik Anda :

1. Bisnis Online

Bisnis online termasuk usaha yang menjanjikan saat ini. Kenapa?

Karena orang-orang sekarang kalo belanja kebanyakan sudah di online. Mungkin termasuk juga Anda.

Nah dari sini kita tau bahwa pasar di bisnis online ini besar sekali dan semakin membesar tiap tahunnya. Bisnis online ini juga sangat mungkin dijalankan dari rumah serta tidak memerlukan modal yang besar untuk dijalankan karena salah satu cost terbesarnya sudah kita pangkas yaitu sewa tempat untuk kantor atau showroom.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencari supllier (produk) yang bisa Anda jual. Anda bisa mencarinya di marketplace, di pasar, atau lewat jaringan pertemanan Anda. Pilih produk yang benar-benar bagus dengan margin keuntungan yang lumayan besar.

Anda bisa stok barang di rumah atau dengan sistem dropship jika memang supplier Anda mengizinkan untuk dropship. Setelah dapat, Anda bisa menjualnya secara online lewat whatsapp, instagram, facebook, atau media-media online lainnya.

2. Bisnis affiliasi

Bisnis affiliasi bisa dibilang bisnis yang saat ini sedang naik daun. Sistemnya yang simpel dengna komisi yang lumayan besar, membuat bisnis ini digandrungi banyak orang. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai bisnis affiliasi dan bisa mendapatkan uang dengan mudah, Anda bisa mempelajarinya lewat link berikut BISNIS AFFILIASI

3. Bisnis Catering dan Warung Makan

Bisnis catering dan warung makan juga termasuk bisnis yang bisa dijalankan dari garasi rumah. Anda bisa memasak dengan mengerjakan semuanya dari garasi rumah. Bisnis ini cocok jika Anda memang hobi memasak. Untuk marketingnya saya sarankan Anda juga memanfaatkan chanel-chanel online seperti whatsapp, facebook, instagram, website, dan lain-lain.

4. Bisnis Bimbel

Jika Anda senang dan memiliki kemampuan mengajar, bisnis bimbel juga cocok untuk Anda jalankan dari rumah. Anda bisa memulainya dari mengajarkan anak-anak dari tetangga Anda. Jika mereka senang dengan pengajaran Anda, bukan tidak mungkin jika mereka akan merekomendasikan Anda pada teman-temannya yang lain.

5. Jasa Penitipan Anak

Bisnis ini juga bisa Anda jalankan dari rumah mengingat banyak pasangan suami istri yang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika Anda memang senang dengan anak kecil, tak ada salahnya jika Anda memulainya dari rumah Anda.

6. Warung Kelontong

Meskipun sudah marak toko-toko retail modern seperti alfamart dan indomaret, tapi tak ada salahnya jika Anda membuka warung kelontong terlebih jika di lingkungan rumah Anda belum ada alfamart ataupun indomaret. Meski untungnya tipis, tapi barang-barang yang Anda jual adalah barang kebutuhan sehari-hari. Jadi sudah pasti orang membutuhkannya.

Baca Juga: Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris yang Cocok untuk Anda

Itulah beberapa pilihan peluang bisnis rumahan yang bisa Anda garap untuk bisa menghasilkan tambahan income. Jika ada yang ingin di diskusikan, silakan tulis di kolom komentar dan silakan di share ke yang lain.

Semoga bermanfaat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA