by

HBT Ke-70 Diperingati Para Purnabhakti Eks Kanwil Transmigrasi Sulawesi Selatan

KOPI, MAMUJU – RIWAYAT HBT ( tirto.id ) – Tanggal 12 Desember selalu diperingati sebagai Hari Bhakti Transmigrasi (HBT). Tahun ini, HBT telah memasuki peringatan yang ke-70 kali. HBT bermula pada 12 Desember 1950 yang kala itu memberangkatkan 23 Kepala Keluarga (KK) ke Lampung dan Lubuk Langgau sebanyak 2 KK.

Saat itu jumlah keseluruhan sebanyak 98 orang. Istilah transmigrasi diperkenalkan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Soekarno saat itu memperkenalkannya lewat tulisannya di Harian Soeloeh Indonesia. Sedangkan Hatta pada Konferensi Ekonomi di Kaliurang, Yogyakarta, 3 Februari 1946, yang menyebutkan bahwa pentingnya transmigrasi untuk mendukung pembangunan industrialisasi di luar Jawa.

Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra, Indramayu menjadi tanda perjuangan pembangunan transmigrasi di Indonesia. Sebab saat itu pada 11 Maret 1974, 67 pionir transmigran asal Boyolali, Jawa Tengah, yang hendak menuju unit permukiman transmigrasi (UPT) Rumbiya, Sumatera Selatan, meninggal dunia. Bus yang mereka tumpangi saat itu tergelincir, kemudian masuk dan terbakar di Kali Sewo di Desa Sukra, Indramayu, Jawa Barat. Hanya tiga orang yang selamat dalam kecelakaan itu.

Maka untuk mengenang peristiwa itu, dibangunlah Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra, Indramayu. Di setiap peringatan biasanya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) melakukan ziarah ke Makam Pionir itu.

untuk Itulah tanggal 12 Desember sebagai awal tonggak sejarah dari diseleneggarakannya Hari Bhakti Transmigrasi yang akan diperingati untuk yang ke- 70 pada tanggal 12 Dersember 2020.

PERAYAAN PUINCAK HBT OLEH PURNABHAKTI ( PENSIUNAN )

Perayaan puncak Hari Bhakti Transmigrasi ke – 70 di Provinsi Sulawesi Selatan yang akan digelar dengan berbagai macam acara secara sederhana oleh purnabhakti atau pensiunan Eks pegawan negeri sipil Departemen Transmigrasi ( Ditjen Transmigrasi ) yang pernah bertugas di Kantor Wilayah Departemen Transmigrasi Sulawesi Selatan, Kandep Transmigrasi Kabupaten Mamuju dan Kandep Transmigrasi Kabupaten Luwu sesuai rencana akan diselenggarakan di Hotel D’Maleo Makassar tanggal 12 Desember 2020,

Awal mula Ide ini dicetuskan oleh beberapa Orang Purnabhakti ( Pensiunan ) PNS dan beberapa Orang Pegawai Eks Transmigrasi yang belum pensiun dan berdomisili di Makassar seperti Ir. Idham Hasib, Ir. Ruslan Lazim, Suparno Sunaryo, A, Muh Yani, Sumiyati Halik, Suwarto Js yang kemudian menghimpun rekan-rekan di dalam sebuah Grup WhatsApp ( WA ) bernama GFT ( Grup Family Trans ) yang hanya dalam waktu singakat sekitar tiga bulan 200 lebih member yang tersebar diseluruh Indonesia dapat direkrut yang kemudian saling berinterkasi menyusun rencana yang bertajuk ” Silaturrakhmi dan Reuni ” yang dibungkus dengan peringatan Hari Bhakti Transmigrasi ke-70.

Ketua panitia penyelenggara silaturakhmi dan reuni purnabakti transmigrasi Ir H Idham Hasib optimis kegiatan bisa terselenggara dengan baik berkat partisipasi teman – teman member GFT yang bersemangat menyambut Hari bhakti Trajsmigrasi dengan suka cita.

“Hari Bhakti Transmigrasi ke-70 merupakan rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan dan akan dilaksanakan dari tanggal 12 Desember hingga tanggal 13 Desember 2020, antara lain kita akan mengunjungi Eks Kantor Wilayah Departemen Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan di Jalan Veteran Selatan Mo. 345 Makassar dan beberapa tempat bersejarah untuk kilas balik, beberapa acara sedang digodok di Panitia mengingat waktu pelaksanaan masih ada sekitar 24 hari lagi ” Kata Muh. Yani di Mamuju kepada pewarta indonesia.*** ( Muh Nur OKT Mamuju ).

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA