by

Estimasi Biaya Liburan ke Malang

KOPI, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka liburan, salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dan bisa meredakan stress dari dalam pikiran adalah liburan. Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali daerah-daerah wisata dengan pemandangan yang menakjubkan, seperti Malang yang ada di Jawa Timur. Namun sebelumnya pahami dahulu berapa estimasi biaya liburan ke Malang.

Berapa Estimasi Biaya Liburan ke Malang?

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di Malang, sebaiknya Anda melakukan perencnaan terlebih dahulu agar bisa liburan dengan menyenangkan. Budgeting adalah salah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan. Memikirkan sebelum berangkat sampai pulang kembali ke rumah.

Di zaman yang sudah modern ini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, budget sedikit saja masih bisa menikmati liburan sampai ke Kota Malang. Nyatanya tetap bisa bersenang-senang tapi tetap murah meriah. Ini dia berbagai pilihan cara berlibur yang bisa dipilih ketika akan pergi ke suatu daerah wisata:

Caranya adalah dengan menjadi seorang backpacker sejati. Cara ini sudah ada sejak dahulu. Bagi Anda yang merasa senang berpetualang, travelling, namun terkendala pembiayaan bisa mencoba melakukan dengan cara satu ini. Bahkan Anda bisa ke Malang hanya dengan biaya 800 ribu saja.
Pilihan Tempat Liburan Terbaik di Malang

Malang memang terkenal dengan apel manisnya dan juga hawa dingin dan sejuk yang membuat siapapun betah di sana. Bahkan Malang tak pernah sepi pengunjung. Nah kali ini akan membahas dan merinci kebutuhan selama di sana jika Anda mengambil paket wisata Malang.

  1. Jatim Park di Batu
    Pertama ada destinasi wisata hiburan keluarga yang wajib dikunjungi ketika ke Malang. Tepatnya ada di daerah Batu. Jatim Park sendiri terdiri dari beberapa bagian gedung dengan isi hiburan yang berbeda-beda. Jatim Park 1 berisikan wahana bermain seperti taman hiburan yang ada di Dufan.
    Bagian kedua ada kebun binatang dengan penataan dan desain berkelas Internasional. Kemudian museum angkut tempat banyak sekali mobil unik dan limited edition yang ada di dunia. Ada juga wisata keluarga dan banyak hal lainnya. Lalu bagaimana dengan estimasi pembiayaan yang harus dikeluarkan?
    • Untuk Anda yang datang dari luar kota sebaiknya langsung sewa atau rental sepeda motor. Biaya yang dibutuhkan biasanya dibawah 100.000 hitunglah sekitar 75. 000 sesuai dengan harga sewa kendaraan di daerah wisata lainnya. Selain murah, seru juga menambah pengalaman.
    • Saran agar liburan Anda tidak terlalu melelahkan, datanglah saat weekday saja bukan weekend. Selain karena orang yang datang lebih banyak dan membuat tidak nyaman, tiket untuk hari biasa juga dijual lebih murah. Setiap tempat akan dikenakan potongan sampai 30% di luar weekend.
    • Setiap masuk bagian yang berbeda, Anda harus membayarnya kembali, seperti jika ke Museum Angkut maka untuk tarif weekday adalah 79.000. Harga sama juga berlaku di beberapa bagian lainnya seperti Jatim Park 1, 2 dan Dino Jatim Park.
    • Untuk makan dan minum, agar lebih murah bisa membawa bekal pengganjal terlebih dahulu seperti roti, atau makanan manis untuk meredam rasa lapar. Setelah selesai bersenang-senang Anda bisa mencari warung penyetan atau tempat makan yang berada agak jauh dari daerah wisata agar harganya tidak terlalu mahal.
    • Terakhir adalah sewa penginapan, rata-rata di Batu penginapan berupa homestay, villa, atau hotel kelas menengah harganya masih dibawah 200 saja. Jadi sekiranya Anda ingin liburan selama 3 hari 2 malam , Anda hanya perlu mengeluarkan uang tidak sampai dari 400. 000.
    • Naik transportasi umum dengan harga yang murah. Selama disana Anda juga bisa menikmati angkutan umum atau pelayanan transportasi dari pemerintah pusatnya. Sama halnya dengan daerah lain, transportasi di Malang harganya masih tergolong bersahabat.
  2. Gunung Bromo
    Wisata lain yang terkenal dan wajib dikunjungi selama ada di Malang adalah Gunung Bromo. Destinasi satu ini memang sayang sekali jika dilewatkan. Panorama alamnya yang sempurna bisa menjadi pengalaman tak terlupakan selama berada di sini.
    Namun banyak orang beranggapan Bromo tidak ramah dalam hal biaya. Padahal itu belum tentu kebenarannya. Tergantung paket wisata yang diambil serta pemilihan agen travel yang tepat. Inilah pentingnya melakukan survei harga agar tidak kecewa dan bisa mendapatkan yang terbaik.
    • Tiket masuk ke Bromo untuk warga lokal hanya 30.000 saja, beda lagi dengan mancanegara. Untuk transportasi ke sana bisa memilih menggunakan rental motor saja, atau sewa satu paket wisata Gunung Bromo. Lengkap dengan pemandu wisata, mobil jeep dan foto cantik.
    • Bagi Anda yang datang bersama keluarga disarankan untuk memilih paket liburan yang ditawarkan oleh agen wisata. Walaupun harganya cukup tinggi karena harus sewa jeep dan membayar jasa tour guide, namun setidaknya keluarga tidak perlu merasa terlalu lelah.
    • Sewa jeep di Bromo biasanya berkisar antara 600 sampai 900. 000. Tips agar tidak terlalu berat membayarnya sendiri adalah mencari orang lain yang ingin naik jeep juga. Maksimal adalah 4 sampai 5 orang, jadi biaya tersebut masih bisa dibagi dengan yang lainnya.
    Tempat Membeli Oleh-oleh di Daerah Malang
    Selain ke destinasi wisata, Anda pasti juga ingin membawakan oleh-oleh untuk orang di rumah, karena mereka menantikan Anda pulang. Berikut ini adalah tempat perburuan buah tangan yang terkenal di Malang, dijamin tidak akan menyesal.
    Salah satu daerah yang terkenal dengans pusat perbelanjaan buah tangan adalah Sanan. Disana Anda bisa menemukan berbagai makanan dan jajanan khas Malang. Seperti keripik apel atau buah lainnya sampai minuman sari buah yang sudah jarang ada di tempat lain.
    Itulah tadi sekelumit gambaran jika ingin mengetahui tentang estimasi biaya liburan ke Malang, namun pastikan Anda membawa uang lebih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA